Pages

Oktober 20, 2013

PENGENALAN KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER
Komputer merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas komputasi. Namun pada saat ini penggunaan komputer telah berkembang tidak hanya untuk proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi, dan komunikasi-informasi. Sebagaimana layaknya sebuah perangkat elektronik, komputer merupakan sistem IPO (Input Proccess and Output), sehingga memerlukan masukan untuk diolah yaitu berupa data dan akan menghasilkan suatu keluaran yaitu informasi. Secara teknis, kriteria yand dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan, antara lain:
(1) arsitektur;
(2) kecepatan pemrosesan;
(3) besarnya memori;
(4) kemampuan penyimpanan;
(5) jumlah pengguna;
(6) biaya; dan
(7) ukuran.
Arsitektur komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer.Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi.Arsitektur komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri.Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh computer setiap detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk mempermudah pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka frekuensi, misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di pasaran dikeluarkan Intel adalah 3,2 GHz. Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer sehingga bisa digunakan untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama bisa mengakses dengan lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang besar.Hal tersebut berkaitan dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan yang biasanya digunakan untuk pengaksesan suatu program (swap).Untuk komputer yang terangkai dalam suatu jaringan (network) maka semakin banyak jumlah pengguna dalam sistem jaringan akan semakin menurun kinerja dari system jaringan komputer tersebut. Kriteria biaya berkaitan dengan perbandingan antara biaya (cost) dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem komputer. Berdasarkan kriteria tersebut diatas, maka komputer bisa dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi, yaitu: komputer super, mainframe, komputer mini, server,
- 2 - Pengenalan Komputer
workstation dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat dengan beragam bentuk  antaralain: komputer desktop atau biasa disebut personal komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC dan tablet PC.
PERANGKAT KERAS (HARD-WARE)
Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili alur input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri dari:
(1) piranti masukan (input device),
(2) piranti pemrosesan,
(3) piranti penyimpanan (storage device), dan
(4) piranti keluaran (input device).
Piranti Masukan
Piranti masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses. Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus (mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice recognition device, layar sentuh (touch screen).
Piranti Pemrosesan
Piranti pemrosesan merupakan otak dari komputer, oleh karena itu sering diberi istilah sistem unit.Piranti ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem komputer.Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah central processing unit (CPU). CPU terdiri dari dua bagian yaitu:
(1) Arithmetic Logic Unit (ALU), yang berfungsi untuk menampilkan seluruhfungsi aritmatika dan logika;
(2) Control Unit, yang berfungsi untuk mengatur urutan aktivitas yang mesti dilakukan untuk mengeksekusi instruksi, termasuk di dalamnya berupa antrian dari instruksi (queue).
Kinerja dari CPU sangat tergantung pada micro-processor yang terpasang pada suatu komputer.Piranti micro-processor lebih umum disebut processor saja. Terdapat beberapa perusahaan yang mengeluarkan prosessor antara lain Intel Corp. (INTEL), Advanced Microprocessor Device, Inc. (AMD), Cyrix dan Giga Pro. Varian dari micro-processor sangat beragam, yang merupakan keluaran INTEL antara lain Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, dan yang terakhir menggunakan teknologi INTEL Pentium Dual Core.Sedangkan processor keluaran AMD antara lain K5, K6, Duron, Athlon,Anthlon XP, Barthron dan generasi terakhir adalah Opteron dan Sempron dengan teknologi 64-Bit.Kedua perusahaan yaitu Intel dan AMD bersaing merebutkan pasar, terutama untuk keperluan Personal Computer (PC).Processor di dalam CPU tertanam dalam sebuah papan kerja bernama main-board yang terdiri dari socket, slot dan chipset pendukung.Mainboard sangat menentukan keawetan komputer.Kinerja processor didukung oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu random access memory (RAM) dan read only memory (ROM). ROM sudah terpasang pada main board berupa chipset utama.Sedangkan RAM terpasang pada DIMM yang juga terdapat pada mainboard.Satu mainboard bisa jadi terdapat lebih dari satu DIMM, tergantung jenis dan kemampuan upgrade-nya.Ada beberapa jenis RAM yaitu EDORAM, SDRAM, DDRAM dan RDRAM. Selain memori utama di dalam CPU biasanya terdapat pula memori lain yaitu register, buffer dan cache memory.
Kom puter dan Pemrograman - 3 –
Slot–slot pada mainboard digunakan untuk menancapkan beberapa piranti keluaran
antara lain VGA/AGP card, sound card, IO card, ethernet card dan modem internal serta masih banyak lagi.
Piranti Penyimpanan
Piranti penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer.Seperti pada penjelasan sebelumnya, terdapat penyimpanan utama dalam CPU.Namun kapasitas yang mungkin tersimpan dalam penyimpan utama sangat terbatas, sehingga diperlukan piranti penyimpanan pendukung. Sistem penyimpanan pendukung sangat beragam yaitu:
(1) magnetic disk antara lain floppy disk dan hard disk,
(2) optical disk antara lain CD, DVD dan Blue-Ray
(3) pen drive, yaitu USB flash drive dan ZIP drive,
(4) card, misalnya ATM, dan chip-card, serta
(5) pita misalnya cassette dan reel to reel tape.
Piranti Keluaran
Proses out-put merupakan proses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia atau terbaca oleh mesin lain. Sedangkan piranti keluaran yaitu piranti yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Piranti keluaran antara lain: monitor; printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer output microfilm device.
PERANGKAT LUNAK (SOFT-WARE)
Perangkat keras tidak dapat bekerja secara mandiri.Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk perangkat lunak (software). Perangkat lunak antara lain sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.
Sistem Operasi (Operating System) mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
(1) manajemen sumber daya,
(2) manajemen data,
(3) manajemen gugus tugas, dan
(4) penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.
Sistem Operasi yang dikenal antara lain DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD dan Linux. Masing-masing sistem operasi mempunyai beberapa varian yang merupakan pengembangan maupun perbedaan distro.Khusus untuk Linux merupakan system operasi yang bersifat Open Source, yang bias dikembangkan, dimodifikasi dan didistribusian oleh siapapun baik sifatnya berbayar atau tidak berbayar.Perangkat lunak yang berhubungan lansung dengan bahasa pemrograman antara lain:
interpreter, compiler, assembler, loader dan linker. Pada perangkat lunak ini memuat juga program generators (pembangkit kode program), debugging, pengujian program (kompilasi), sebagaimana program yang diperlukan untuk pemrosesan pemrograman. Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk memabntu suatu tugas secara cepat. Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus tugas tertentu misalnya berupa:
- 4 - Pengenalan Komputer
(1) Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office Word dan sebagainya;
(2) Spreadsheet, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123;
(3) Database management system (DBMS), misalnya MS-Access, Oracle, MySQL;
(4) Graphics, misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand; dan
(5) Communication, misalnya mIRC, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox dan Opera.

1.      Pengenalan Perangkat Keras (Hardware)Pada Sistem Unit Komputer


Spesifikasi Standar Sistem Unit Komputer
n  Prosesor Intel atau AMD
n  Memori (RAM)
n  Mainboard / Motherboard
n  VGA On board, NVIDIA atau ATI Radeon
n  Harddisk
n  Floppy Disk 1.44
n  Optical Drive
n  Case dan Power Supply
n  Monitor
n  Keyboard, Mouse

Perangkat Keras Utama
n  Prosesor : berfungsi memproses semua data dan perintah
n  Memori : media penyimpanan data sementara yang paling dekat dengan prosesor
n  Harddisk : media penyimpanan data (instalasi software dan driver)
n  Mainboard : media yang berfungsi menyatukan/menghubungkan seluruh perangkat keras pada sistem unit komputer
n  VGA : berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan/proses data atau perintah ke monitor / LCD

Perangkat Keras Pendukung
n  Optical Drive : CD Rom, DVD Rom, CD RW, DVD RW
n  Floppy Drive : Berfungsi untuk membaca data pada disket
n  LAN Card : berfungsi sebagai port koneksi ke jaringan lokal
n  Sound Card : berfungsi memproses suara
n  Power Supply : sumber daya listrik bagi seluruh komponen dan perangkat keras komputer

Prosesor (Processor)
n  Intel
         - Pentium 1 – 4
         - Celeron
         - Core Duo
         - Core 2 Duo
         - Quad Core
n  AMD
         - Duron
         - Atlhon XP
         - Barton
         - Sempron
         - AM2
Memori
n  EDO RAM (extended data output random access memory )
n  SDRAM (synchronous dynamic random access memory )
n  DDR SDRAM (Double data rate synchronous dynamic random access memory)
n  DDR SDRAM 2
Mainboard
Komponen didalam mainboard :
n  Slot PCI (Peripheral Component Interconnect),
n  AGP (Accelerated Graphics Port ), PCIex,
n  Slot memori,
n  IDE (Integrated development environment) / Parallel ATA or PATA,
n  SATA (Serial  Advanced Technology Attachment),
n  BIOS
n  Perlengkapan standar mainboard : LAN Card, Sound Card, USB (Universal Serial Bus)
VGA (Video Graphics Adapter)
n  Nvidia
n  Ati Radeon
n  Banyak jenis chipset dan kecepatannya
n  Memori semakin besar dan cepat (nano second kecil) akan lebih bagus
n  Tujuan pemakaian untuk graphis atau game
n  Penghitungan besar kapasitas Harddisk :
         Misalkan HDD dengan kapasitas 320 Gb, yg dimaksud dengan 320G itu adalah 320.000.000.000 bytes PAS!
         sedangkan hitungan sebenarnya 1Gigabyte itu bukan 1000 Megabyte,
         tapi :
         1G = 1024Mb dan
         1Mb <> 1000Kb tapi 1Mb = 1024Kb dan
         1Kb bukan 1bytes tapi 1Kb = 1024bytes
         sehingga :
         320.000.000.000 bytes = 298 Gb
         dengan perhitungan :
         320.000.000.000 / 1024 / 1024 / 1024 = 312.500.000Kb = 305.175Mb = 298Gb
         sedangkan kalo yg 80Gb juga sama
         80Gb = 80.000.000.000 bytes PAS
         80.000.000.000 / 1024 / 1024 / 1024 = 78.125.000Kb = 76.294Mb = 74.5 Gb

Floppy Disk: Floppy 525&Floppy 124
Optical Drive
n  CD Rom
n  CD RW
n  DVD Rom
n  DVD Combo
n  DVD RW

Case dan Power Supply
n  Case standart
n  Case Modifikasi
n  Power Supply Standart
n  Power Supply Pure Power
n  Power Supply High End

Monitor::Monitor CRT &LCD
Aksesories Dan Pendukung
n  Keyboard, Mouse
n  Printer
n  Scanner
n  Flash Disk
n  Infra Red
n  Bluetooth
n  Wifi
n  USB Card

Perangkat Lunak (Software)
n  Operating System (OS)
n  Driver-driver pendukung hardware
n  Software-software aplikasi
n  Software Open Source

Sekilas tentang Laptop
n  Kelebihan Laptop dibanding PC
         - Mobilitas tinggi
         - Hemat energi (low power consumption)
         - Quality Control standart pabrikan
         - Fitur yang lebih lengkap
         - Biasanya disertai OS yang asli
n  Kekurangan
         - Spesifikasi hardware tidak dapat dirubah-rubah
         - Sedikit komponen yang dapat di upgrade
         - Biaya perawatan lebih mahal
         - Harga yang jauh diatas PC

Koneksi Internet menggunakan HP CDMA

Sedikit tulisan tentang pengalaman pribadi ketika mencoba koneksi internet via hp cdma, maklum pihak sekolah waktu itu masih keberatan kalau harus pasang telpon dari telkom.Tulisan ini hanya sharing pengalaman dari penulis kira-kira 1 tahun yang lalu, jadi harga yang tercantum adalah harga lama, harap maklum ya. Semoga bermanfaat bagi yang ingin mencoba internetan di [...]

Delay Tolerant Network

Delay tolerant network adalah sebuah jaringan yang dirancang untuk dapat beroperasi secara lancar pada jarak yang sangat jauh seperti pada ruang komunikasi ataupun skala antarplanet. Dalam kondisi seperti itu, latensi yang sangat panjang (latensi adalah penundaan, ukuran waktu tunda yang dialami suatu sistem ataupun berapa banyak waktu tunggu yang diperlukan oleh paket data untuk menerima [...]
DLNA (Digital Living Network Alliance)

DLNA (Digital Living Network Alliance) merupakan sebuah organisasi asosiasi bisnis non-profit yang berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan home network, dengan menggunakan standard teknologi yang dapat menyatukan beragam perangkat elektronik dengan lebih mudah dibandingkan yang ada pada sekarang ini. Dua perangkat (atau bahkan lebih) yang berbeda jenis, merk, dan pabrikannya apabila telah memiliki sertifikat DLNA, maka akan [...]

Pervasive Computing

Pervasive Computing adalah sistem komputer yang dimana manusia tidak menyadari bahwa manusia telah tergantung terhadap teknologi pada kehidupan sehari-hari.pervasive computing
IMS (IP Multimedia Subsytem)

Trend teknologi IMS (IP Multimedia Subsystem) saat ini membawa perubahan pemikiran akan trend jaringan masa depan. Teknologi IMS diarahkan pada konvergensi jaringan wireless dan wireline dengan kemampuan layanan multimedia yang akan dideliver diatas keduanya Teknologi IMS lahir sebagai satu teknologi yang mengakomodasi teknologi wireless dan wireline dengan tawaran layanan yang tidak hanya voice namun juga [...]

Wireless Advanced
Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.Sehingga untuk sekarang inipun banyak berkembang wireless advanced

How to make VoIP Network

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Di masa sekarang media telekomunikasi sudah berkembang pesat, seiring pesatnya kemajuan teknologi. Hal ini telah membawa bisnis telepon memasuki era baru yang menawarkan penyatuan seluruh komunikasi yang bersifat multimedia dan disalurkan melalui perkembangan [...]

Mengenal Jaringan Komputer

Sebelumnya penulis meminta maaf jika artikel ini masih kurang lengkap, karena penulis baru mencoba membuatan tulisan ini. Menurut Dede Sopandi (2008 : 2) jaringan komputer adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Gabungan teknologi ini menghasilkan pengolahan data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan hardware secara bersamaan. Download Tulisan Lengkap:
Membuat Repo Lokal Ubuntu Via Rsync

Aplikasi Server, Jaringan Komputer, Linux Administrasi dan Server, Linux Dasar dan Opensource, Sistem Operasi

Dunia GNU/Linux memudahkan user dalam hal ketersediaan perangkat lunak dan library serta paket yang diperlukan melalui repository.Ada ribuan perangkat lunak powerfull yang legal untuk dipakai dan diperbanyak sesuai keperluan. Anda bisa menggunakan langsung dari server repository di internet maupun offline dari kepingan DVD, harddisk, maupun install satu per satu. Dalam tulisan ini akan penulis [...]

Mengenal Teknologi Wireless “WIMAX”

Era Baru Teknologi Wireless Prospek internet broadband, anytime, anywhere, anyone masih kelihatan jauh dari impian, masih jauh dari kenyataan untuk penggunaan luas bagi PC, laptop, mobile user. Namun dengan WiMAX hal tersebut akan segera menjadi kenyataan, sesuatu hal yang membuat penggunanya tidak dapat hidup tanpa teknologi ini. WiMAX adalah salah satu teknologi wireless yang paling [...]
Membangun Jaringan Komputer Berbasis Multipoint Dengan Memanfaatkan Switch

Dalam perkembangan teknologi saat ini, sering ditemukan masalah dalam menghubungkan komputer stand alone (autonom) dengan komputer-komputer lainnya untuk berkoneksi dan berbagi data. Komputer-komputer dihubungkan atas dasar beberapa pemikiran-pemikiran yang sifatnya mengarah kepada beberapa  hal penting seperti efektivitas, perfomance, efisiensi, dan komunikasi.  Atas dasar diatas, dibuatlah koneksi diantara komputer. Dalam mengimplementasikan jaringan komputer ini, diperlukan beberapa [...]

Kelebihan dan Kekurangan Peer To Peer dan Client Server

Bukan hal yang baru untuk mengetahui mengetahui suatu jaringan.Apalagi banyak berbagai macam jenis jaringan tersebut.Tetapi perlu kita mengetahui tentang kelebihan dan kekurangannya.Mungkin Artikel ini bisa sedikit memberikan informasi kelebihan dan kekurangan tentang Peer To Peer dan Client Server. Download Tulisan Lengkap: roelangga-peer to peer dan client server.zip
Belajar jaringan Komputer

Sebelumya mari kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer . Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, harddisk. Komunikasi: contohnya e-mail/ surat elektronik,instans messaging,chatting. Akses informasi: contohnya [...]

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengenalan Teknologi Informasi
o  Pengertian Teknologi Informasi (TI)
TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam
pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran
informasi.
o  Perlunya Teknologi Informasi, karena:
n  Kompleksitas tugas manajemen
n  Pengaruh gLobalisasi
n  Perlunya response time cepat
n  Tekanan persaingan bisnis
o  Sistem Informasi
Pengertian : sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis danmenyebarkan informasi.

o  Sistem Informasi
n  Data : fakta mentah.
n  Informasi : data  yang telah diorganisir sehingga memberi arti.
n  Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.

o  Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)
Sistem Informasi yang menggunakan komputer danteknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugasyang diinginkan.
o  Infrastruktur  Informasi
n  Perangkat Keras (Hardware)
n  Perangkat Lunak (Software)
n  Jaringan dan Komunikasi
n  Basis Data (Database)
n  Information Management Personnel
o  Arsitektur Informasi
n  Perencanaan terhadap kebutuhan informasi
o  Kemampuan Sistem Informasi
n  Proses transaksi cepat dan akurat
n  Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat
n  Komunikasi cepat, dll.
o  Tujuan Teknologi Informasi
n  Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
o  Prinsip Teknologi Informasi
n  High-Tech-High-Touch
o  Fungsi Teknologi Informasi
n  Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
o  Keuntungan Teknologi Informasi
n  Speed, Consistency, Precision, Reliability
o  Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
n  Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
Perangkat Lunak Komputer (Software)
o  Sistem Perangkat Lunak
n  System Control Programs
n  System Support Program
o  System Utility Program
o  System Performance Monitor
o  System Security Monitor          
o  Jenis Aplikasi Perangkat Lunak
n  Proprietary Application Software
n  Off the shelf Application Software
o  Permasalahan Software
n  Pemilihan dan Penilaian Software
n  Software Licensing
n  Software Upgrades
n  Open Systems
n  Open Source Software
o  Bahasa Pemrograman
n  Bahasa Mesin (Machine Language)
n  Bahasa Rakitan (Assembly Language)
n  Bahasa Prosedural (Procedural Language)
n  Bahasa tidak Prosedural / terprosedure
            (Nonprocedural Language)
n  Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language)
n  Bahasa Pemrograman Virtual 
n  HTML (Hypertext Markup Language)
n  Extensible Markup Language (XML)
n  Componentware
n  Virtual Reality Modeling Object
n  Bahasa Pemrograman Object Oriented
o  Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.
o  Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.
o  Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau proses bisnis tertentu.
o  Pengetahuan dapat juga diartikan sebagai informasi yang diproses untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan penerima dengan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.
Pengorganisasian Data dan Informasi
o  Hirarki Data
n  Bits
n  Fields
n  Record
o  Metode Akses  Record :
n  Index Sequential Access Method(ISAM)
n  Direct File Access Method
o  File
n  Permasalahan Pendekatan File
o  Data redundancy (Duplikasi)
o  Data inconsistency (Data tidak Konsisten)
o  Data Isolasion (Pemisahan)
o  Data Integrity
o  Aplikasi/data berdiri sendiri (independence)
o  Pendekatan Modern : Basis Data
n  Data Terpusat (Centralized Database)
n  Data Terdistribusi (Distributed Database)
o  Replicated Database
o  Partitioned Database
o  Pembuatan Basis Data
n  Entity Relationship (ER) Modeling
o  Entity Classes
o  Instance
o  Identifier
o  Relationship
n  Normalization
o  Database Manajemen System (DBMS)
n  Model Data
n  Data Definition Language (DDL)
n  Data Manipulation Language (DML)
n  Data Dictionary (Kamus Data)
o  Logical Data Model
n  Model Basis Data Hirarki (Hierarchical Database Model)
n  Model Basis Data Jaringan (Network Database Model)
Model Basis Data Relasi (Relational Database Model)
o  Gudang Data (Data Warehouse)
n  Multidimensinal Data Model
n  Data Mart
n  Data Mining
n  Text Mining
Telekomunikasi dan Jaringan
o  Sistem Telekomunikasi
n  Perangkat Keras
n  Media Komunikasi
n  Jaringan Komunikasi
n  Perangkat Lunak Komunikasi
n  Penyedia Komunikasi Data
n  Protokol Komunikasi
n  Aplikasi Komunikasi
o  Dua Sisi Sistem Telekomunikasi
n  Pengirim Informasi (Tansmitter of Information)
n  Penerima Informasi (Receiver of Information)
o  Fungsi Sistem Telekomunikasi
o  Media Telekomunikasi
n  Sinyal Analog
n  Sinyal Digital
o  Prosesor Komunikasi (Communication Processor)
n  Modem
n  Multiplexer
n  Front-end Processor
o  Channel dan Media Komunikasi
n  Media Kabel (Cable Media)
o  Twisted Pair Wire
o  Kabel Koaksial
o  Kabel Fiber optic
o  Radio Selular
o  Infra Red
n  Media Penyaringan (Broadcast Media)
o  Microwave Transmission
o  Satellite Transmission
o  Radio
o  Karakter Media Komunikasi
n  Kecepatan Pengiriman
n  Cara Pengiriman (Transmission Mode)
o  Asynchronous
o  Synchronous
n  Ketepatan Pengiriman (Transmission Accuracy)
n  Pengangkut dan Pelayanan Telekomunikasi (Tellecomunication Carriers and Services)
o  Switched and Dedicated Lines
o  Wide-Area Telecomunication (WATS)
o  Telepon dan Layanan Hubungan Telepon (Telephone and Dialing Services)
o  Layanan Yang Terintegrasi Jaringan Digital (Integrated Services Digital Network / ISDN)
o  Jalur Langganan Digital (Digital Subscriber Line)
o  Jaringan
n  Jaringan Area Lokal (Local Area Network / LAN)
o  Wireless Local Area Networks (WLANs)
o  Teknologi Bluetooth
o  Private Branch Excanges (PBX)
n  Wide Area Networks
o  Value Added Networks          
o  Virtual Private Networks (VPNs)
o  Sistem Operasi Jaringan
n  Perangkat Lunak Manajemen Jaringan
n  Protokol
o  Ethernet
o  TCP/IP
o  Komunikasi diantara Protocol
n  Tipe Transmisi Data
o  Packet Switching
o  Frame Relay
o  FDDI
o  ATM
o  dan lain-lain
o  Proses Terdistribusi
n  Terminal to Host processing
n  File Server Processing
n  Server Architecture and Processing
o  Distributed Presentation
o  Remote Presentation
o  Remote Data Management
o  Distributed Data Management
n  Pengolahan Peer-to-peer
o  Aplikasi Telekomunikasi
n  Pesan Elektronik
n  Videoconferencing
n  Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI)
n  Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT)
n  Facsimiles
n  Telecommuting
n  Distance Learning
Internet, Intranet, Ekstranet
o  Pengertian Internet
n  Jaringan komputer terbesar di dunia, kumpulan jaringan-jaringan
o  Evolusi Internet
o  Infrastuktur dari Internet
o  Penggunaan Internet
n  Alamat di Internet
n  Akses Internet
o  Dial-up
o  Landline Broadband
n  DSL
n  Cable Modem
o  Wi-Fi
o  Satellite
o  Cell Phones
o  Layanan yang Disediakan oleh Internet :
n  Layanan Komunikasi
o  e-mail
o  USENET Newsgroup(Forums)
o  LISTSERV
o  Chatting
o  Instant Messaging
o  Telnet
o  Internet Telephony
o  Internet Fax
o  Streaming Audio dan Video
o  Real-time Audio dan Video
n  Layanan Perolehan  Informasi (Information Retrieval Services)
o  File Transfer Protocol (FTP)
n  Archie
n  Gophers
n  Veronica (Very Easy Rodent Oriental Netwide Index to Computer)
n  Wide Area Information Server (WAIS)
o  Web Services
o  World Wide Web
n  Browser
n  Offline Browser
n  Mesin Pencari (Search Engine)
n  Push Technology
n  Penyaring Informasi
n  Clipping Services
n  Personalized Web Service
n  Web Authoring
o  Tantangan-tantangan Internet
n  Teknologi-Teknologi Baru
n  Peraturan Internet
n  Ekspansi Internet
n  Internet Privacy
o  Pengertian Intranet
n  Private Network
o  KeamananIntranet
n  Public Key Security
o  Encryption
o  Digital Certificates
n  Firewall
n  Assured Pipeline
o  Pengertian Ekstranet
o  Tipe-tipe dari Ekstranet
n  Satu perusahaan
n  Ekstranet Industri
n  Joint Venture atau Mitra Bisnis
o  Portal Informasi Perusahaan (Enterprise Information Portals)
o  Mobile Internet
Sistem Fungsional, Perusahaan dan Interorganisasi
o  Karakteristik Sistem Informasi Fungsional (Characteristics of Functional Information Systems)
n  terdiri dari beberapa subsistem
n  sistem informasi dependen
n  sistem informasi fungsional berhubungan satu sama lain
n  sistem informasi fungsional berhubungan dengan lingkungan
o  Sistem Informasi Manajemen (SIM)
n  Pengertian
n  Hasil SIM :
o  Routine, Scheduled Reports
o  Ad-hoc/ Demand Reports
o  Exception Reports
o  Transaction Processing Information System
n  Proses:
o  Batch Processing
o  Online Processing
o  Beberapa Modul TPS:
n  Order Processing
n  The Ledger (Buku Besar)
n  Accounts Payable and Receivable
n  Inventory Management, Receiving and Shipping of Goods
n  Payroll
n  Periodic Reports and Statements
o  Sistem Akuntansi dan Keuangan
n  Anggaran dan Perencanaan Keuangan (Financial Planning and Budgeting)
o  Prediksi atau Ramalan Keuangan dan Ekonomi (Economic dan Financial Forecasting)
o  Anggaran (Budgeting)
n  Manajemen Investasi (Investment Management)
n  Kontrol terhadap Keuangan (Financial Controls)
o  Budgetary Control
o  Auditing
o  Analisis Kesehatan Keuangan
o  Analisis Keuangan dan Pengawasan Biaya
o  Sistem Penjualan dan Pemasaran (Marketing and Sales System)
n  Customer Service (Layanan Terhadap Pelanggan)
o  Analisis profil dan kegemaran pelanggan
o  Mass Cutomization
o  Targeted Advertising on the Web
o  Customer Inquiry Systems and Automated Help Desk
n  Telemarketing
o  Advertising and Reaching Customer
o  Proses Pemesanan
o  Layanan tehadap Pelanggan
o  Dukungan Penjalan
o  Manajemen Account
o  Sistem Manajemen Operasi dan Produksi
n  Manajemen Logistik dan Material
n  Perencanaan Produksi/Operasi(Planning
            Production / Operations)
n  Rancangan Kerja dan Manufaktur yang otomatis (Automated Design Work and Manufacturing)
o  Computer-aided Design (CAD)
o  Computer-aided Manufacturing
o  Computer-integrated Manufacturing (CIM)
o  Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia
n  Perekrutan (Recruitment)
n  Pemeliharaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
n  Perencanaan dan Manajemen Sumber Daya Manusia
o  Integrated Information Systems and Enterprise Resource Planning
n  Menghubungkan sistem yang ada
n  Menggunakan perangkat lunak Supply Chain Management
n  Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Aplikasi SAP
o  Sistem Informasi Global / Interorganisasi
n  Sistem Global (Global Systems)
n  Electronic Data Intechange (EDI)
n  Electronic Funds Transfer (EFT)
n  Ekstranet
n  Shared Database
n  Integrated Messaging
E-Commerce
o  Pengertian E-Commerce
n  Pembelian, penjualan, pertukaran barang atau layanan secara elektronik
o  Jenis-Jenis E-Commerce
n  Collaborative Commerce (C-Commerce)
n  Business-to-Consumers (B2C)
n  Consumer-to-Business (C2B)
n  Consumer-to-Business (C2B)
n  Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
n  Government-to-Citizens (G2C) and to others
n  Mobile Commerce (m-Commerce)
o  Sejarah dan Ruang Lingkup (Scope) E-Commerce
o  Keuntungan  E-Commerce
n  Untuk Organisasi
n  Untuk Pelanggan
n  Untuk Masyarakat
o  Batasan dan Kegagalan  E-Commerce
n  Batasan Teknis
n  Batasan Non Teknis
o  Aplikasi Business-to-Consumer
n  Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall
n  Industri Layanan Online
n  Lelang (Auctions)
o  Forward Auction
n  English Auctions
n  Yankee Auctions
n  Dutch Auctions
o  Reverse Auction
o  Penelitian Pasar, Periklanan dan Layanan terhadap Pelanggan
n  Konsumen dan Prilakunya
n  Penelitian Pasar
n  E-Commerce Intelligent Agents
n  Pengiklanan Online
o  Banners
n  Keyword Banners
n  Random Banners
o  Pengiklanan melalui e-mail
o  Permasalahan Periklanan dan Pendekatan-pendekatan :
n  Permission Marketing
n  Viral Marketing
n  Customizing ads
n  Periklanan dan Pemasaran Interaktif
n  Customized Catalog
n  Kupon Online
o  Layanan terhadap Pelanggan
n  Kebutuhan
n  Mendapatkan barang
n  Ownership
n  Retirement
o  B2Bdan Aplikasi Kerjasama Perdagangan
n  Sell-Side Marketplace
n  Buy-Side Marketplace
n  Pertukaran Elektronik (Electronic Exchanges)
o  Vertical Distributors
o  Vertical Exchanges
o  Horizontal Distributors
o  Pertukaran fungsional (Functional Exchanges)
n  Perdagangan Kerjasama
o  Retailer-Suppliers
o  Vendor-managed Inventory
o  Product design
o  Collaborative Manufacturing
o  Aplikasi Inovatif dari E-Commerce
n  E-Government
n  M-Commerce
n  Consumer-to-Consumer E-commerce
n  Intrabisnis dan Business-to-Employees          E-Commerce
o  Business to its Employess (B2E) Commerce
o  E-Commerce Diantara Unit Bisnis dalam suatu Organisasi
o  E-Learning
o  Layanan Dukungan E-Commerce
n  Infrastruktur E-Commerce
n  Pembayaran Elektronik
o  Check Elektronik
o  Kartu Kredit Elektronik
o  Pembayaran Tunai Elektronik
o  Smart Cards
o  Pembayaran Person-to-Person (P2P)
o  Transfer Dana Secara Elektronik
o  Electronic Wallets
o  Kartu Pembelian (Purchasing Card)
o  Permasalahan Legal dan Etis pada E-Commerce :
n  Permasalahan Etis     
o  Privasi (Privacy)
o  Web Tracking
o  Disintermediation
n  Permasalahan Legal di E-Commerce
o  Perebutan nama domain
o  Penentuan biaya pajak
o  Copyright
Supply Chain Mangement  dan
Sistem Informasi Terintegrasi
o  Pengertian Supply Chain Management
n  perpindahan barang, informasi, pembayaran, layanan, dari perusahaan penyedia barang mentah (supplier) melalui suatu perusahaan, kepada pelanggan
o  Komponen Supply Chain Management
n  Plan
n  Source
n  Make
n  Deliver
n  Return
o  Jenis-Jenis Supply Chain :
n  Integrated make-to-stock
n  Continuous Replenishment
n  Build-to-order
n  Channel Assembly
o  Permasalahan Supply Chain dan Solusinya
n  Permasalahan
o  Ketidakpastian
o  Kebutuhan koordinasi
n  Solusi
o  Dukungan Teknologi Informasi terhadap Supply Chain dan Integrasi Sistem     
n  Dukungan Teknologi Informasi          
o  Material Requirement Planning (MRP)        
o  Manufacturing Resource Planning (MRP II)
n  Integrasi Sistem         
n  Integrasi Supply Chain dan Value Chain        
o  Enterprise Resource Planning (ERP) 
n  ERP Generasi Kedua  
o  Manajemen E-Commerce dan Supply Chain
n  Aktivitas EC pada Supply Chain          
n  Penyusunan Ulang Supply Chain        
n  Integrasi EC dan ERP 
o  Order Fulfillment pada E-Commerce           
n  Pengertian Order Fulfillment
n  Solusi yang Inovatif Terhadap Permasalahan Order Fulfillment      
Data, Pengetahuan (Knowledge)        dan Penunjang Keputusan
o  Pengambilan Keputusan di Level Manajemen      
o  Manajemen dan Transformasi Data           
n  Proses Transformasi Data      
n  Kumpulan dan Sumber Data (Data Sources and Collection) 
n  Kualitas Data  
n  Sistem Manajemen Dokumen Elektronik (Electronic Document Management System / DMS)
Business Intelligence
o  Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System / DSS)         
n  Proses Pengambilan Keputusan (Decision Making Process)       
n  Pemodelan dalam Pengambilan Keputusan (Modeling in Decision Making)     
n  Framework Penunjang Keputusan Terkomputerisasi ( Framework for Computerized Decision Support)     
n  Karakteristik dan Kemampuan Sistem Penunjang Keputusan     
n  Komponen Sistem Penunjang Keputusan (Component of DSS)   
n  Sistem Penunjang Keputusan (DSS) dan Web      
o  Enterprise Decision Support  
n  Executive Information and Decision Support
n  Group Decision Support System (GDSS)        
o  Data and Information Analysis and Mining
n  Analytical Processing 
n  Data Mining   
o  Karakteristik Data Mining     
o  Tools Data Mining     
n  Ethical and Legal Issues         
o  Ethical Issues  
o  Legal Issues    
o  Teknologi Visualisasi Data   
n  Visualisasi Data          
n  Visual Interactive Decision Making   
n  Geographical Information System (GIS)        
o  Knowledge Management (KM)       
n  Pengertian Knowledge Management
n  Aktivitas Knowledge Management dan Dukungan Teknologi Informasi      
Intelligent Systems
o  Artificial Intelligence (AI)     
n  Perbandingan Artificial Intelligence dengan Natural Intelligence    
n  Sistem Artificial Intelligence  
o  Expert Systems          
n  Kelebihan  dan Keterbatasan Expert Systems           
n  Proses dari Expert System     
Komponen Expert System
o  Intelligent System Lainnya   
n  Natural Language Processing and Voice Technology
n  Neural Computing      
n  Case-Based Reasoning           
n  Fuzzy Logic     
o  Intelligent Agents     
o  Virtual Reality           
o  Permasalahan Etika dan Global      
n  Permasalahan Etika   
Permasalahan Legal (Legal Issues)
Strategic Systems and Reorganization    
o  Strategic Information System           
n  Competitive Intelligence        
o  Porter’s Competitive Forces Model
n  Penggunaan Forces Model    
n  Peranan Teknologi Informasi pada Competitive Forces       
o  Business Process Reengineering (BPR)
n  Prinsip-Prinsip BPR    
Pembangunan Sistem Informasi   (Information System development)
o  Perencanaan Sistem Informasi (Information Systems Planning)   
n  Perencanaan Strategis Sistem Informasi      
n  Perencanaan Operasional Sistem Informasi (The IS Operational Plan)       
o  The Traditional Systems Development Life Cycle (SDLC)    
n  System Investigation  
n  Analisis Sistem (System Analysis)      
n  Perancangan Sistem (Systems Design)          
n  Programming 
n  Testing           
n  Implementation         
n  Operation dan Maintenance 
o  Metode Lain untuk Pengembangan Sistem
n  Prototyping    
n  Joint Application Design (JAD)           
n  Rapid Application Development (RAD)         
n  Integrated Computer-Assisted Software Engineering (ICASE) Tools 
n  Object-Oriented Development          
o  Object-Oriented Analysis and Design (OOA&D)       
o  Pengembangan Sistem di Luar Departemen Sistem Informasi    
n  End-User Development          
n  External Acquisition of Software       
n  Application Service Providers (ASP)  
n  Outsourcing   
o  Membangun Aplikasi Internet dan Intranet
n  Strategi Pengembangan Intranet dan Internet
n  Java    
Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)     
o Pengertian HAKI 
n hak yang lahir dari kemampuan intelektual atau daya kreasi pikiran manusia dan dapat berupa ciptaan atau temuan maupun penyempurnaan atau perbaikan terhadap permasalahan di berbagai bidang.
o  Sejarah HAKI 
o  Landasan Hukum HAKI         
o  Manfaat HAKI           
10 Manfaat Bluetooth
1. Wireless
Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, ada banyak manfaat
dan keuntungan menggunakan perangkat nirkabel. Bersama meningkatkan keselamatan sebagai hasil dari menghilangkan kawat
Anda tidak perlu, nirkabel juga menawarkan banyak keuntungan lain. Bila bepergian dengan laptop atau perangkat nirkabel lainnya, Anda tidak lagi harus khawatir mengenai membawa sambungan kabel.
2. Bluetooth sebenarnya tidak mahal
Teknologi Bluetooth murah untuk perusahaan untuk melaksanakan, yang menghasilkan biaya yang lebih rendah untuk perusahaan. Tabungan ini kemudian berlalu dari perusahaan kepada Anda.
3. Bluetooth otomatis
Bluetooth tidak memiliki Anda membuat sambungan atau menekan tombol apa pun. Ketika dua atau lebih perangkat masukkan
kisaran hingga 30 meter dari satu sama lain, mereka akan secara otomatis mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan apa.
4. Standar protokol
Nirkabel Bluetooth adalah standar, yang berarti bahwa tingkat tinggi di kalangan kompatibilitas perangkat dijamin. Bluetooth akan menghubungkan perangkat satu sama lain, bahkan jika mereka tidak model yang sama.
5. Gangguan rendah
Perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari perangkat nirkabel lainnya. Bluetooth menggunakan teknik yang dikenal sebagai frequency hopping, dan juga daya rendah sinyal nirkabel.
6. Konsumsi energi rendah
Sebagai hasil dari Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah, teknologi memerlukan sangat sedikit energi dan akan baterai atau menggunakan lebih sedikit daya listrik sebagai akibat. Ini adalah manfaat yang sangat baik untuk perangkat selular, sebagai Bluetooth tidak akan menguras baterai.
7. Berbagi suara dan data
Standar akan memungkinkan untuk Bluetooth kompatibel perangkat untuk berbagi data dan komunikasi suara. Ini bagus untuk ponsel dan headset, sebagai Bluetooth menyederhanakan mengemudi dan berbicara pada ponsel.
8. Instant PAN (Personal Area Network)
Anda dapat menghubungkan sampai tujuh perangkat Bluetooth untuk
satu sama lain dalam jarak hingga 30 meter, membentuk sebuah piconet atau PAN. Untuk satu kamar, Anda dapat juga membuat beberapa piconets.
9. Upgradeable
Upgradeable adalah standar untuk Bluetooth. Ada versi lebih baru dari Bluetooth dalam karya-karya, yang menawarkan banyak keuntungan dan belakang baru kompatibel dengan versi lama.
10. Teknologi tetap
Teknologi Bluetooth adalah dunia luas, universal standar nirkabel. Dengan itu menjadi sepopuler itu, Anda dapat mengandalkan itu berada di dekat selama bertahun-tahun datang. Karena semakin banyak perangkat mulai menggunakan
Teknologi Bluetooth, akan lebih banyak produsen bersemangat untuk membuat produk mereka kompatibel. Sebuah rantai reaksi akan terjadi, membuat standar Bluetooth
untuk nirkabel terdepan.

Tidak ada komentar:

PENGENALAN KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER
Komputer merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas komputasi. Namun pada saat ini penggunaan komputer telah berkembang tidak hanya untuk proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi, dan komunikasi-informasi. Sebagaimana layaknya sebuah perangkat elektronik, komputer merupakan sistem IPO (Input Proccess and Output), sehingga memerlukan masukan untuk diolah yaitu berupa data dan akan menghasilkan suatu keluaran yaitu informasi. Secara teknis, kriteria yand dijadikan dasar untuk mengklasifikasikan, antara lain:
(1) arsitektur;
(2) kecepatan pemrosesan;
(3) besarnya memori;
(4) kemampuan penyimpanan;
(5) jumlah pengguna;
(6) biaya; dan
(7) ukuran.
Arsitektur komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer.Termasuk di dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi.Arsitektur komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri.Kecepatan pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh computer setiap detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk mempermudah pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka frekuensi, misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di pasaran dikeluarkan Intel adalah 3,2 GHz. Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer sehingga bisa digunakan untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama bisa mengakses dengan lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang besar.Hal tersebut berkaitan dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan yang biasanya digunakan untuk pengaksesan suatu program (swap).Untuk komputer yang terangkai dalam suatu jaringan (network) maka semakin banyak jumlah pengguna dalam sistem jaringan akan semakin menurun kinerja dari system jaringan komputer tersebut. Kriteria biaya berkaitan dengan perbandingan antara biaya (cost) dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem komputer. Berdasarkan kriteria tersebut diatas, maka komputer bisa dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi, yaitu: komputer super, mainframe, komputer mini, server,
- 2 - Pengenalan Komputer
workstation dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat dengan beragam bentuk  antaralain: komputer desktop atau biasa disebut personal komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC dan tablet PC.
PERANGKAT KERAS (HARD-WARE)
Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili alur input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri dari:
(1) piranti masukan (input device),
(2) piranti pemrosesan,
(3) piranti penyimpanan (storage device), dan
(4) piranti keluaran (input device).
Piranti Masukan
Piranti masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses. Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus (mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice recognition device, layar sentuh (touch screen).
Piranti Pemrosesan
Piranti pemrosesan merupakan otak dari komputer, oleh karena itu sering diberi istilah sistem unit.Piranti ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem komputer.Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah central processing unit (CPU). CPU terdiri dari dua bagian yaitu:
(1) Arithmetic Logic Unit (ALU), yang berfungsi untuk menampilkan seluruhfungsi aritmatika dan logika;
(2) Control Unit, yang berfungsi untuk mengatur urutan aktivitas yang mesti dilakukan untuk mengeksekusi instruksi, termasuk di dalamnya berupa antrian dari instruksi (queue).
Kinerja dari CPU sangat tergantung pada micro-processor yang terpasang pada suatu komputer.Piranti micro-processor lebih umum disebut processor saja. Terdapat beberapa perusahaan yang mengeluarkan prosessor antara lain Intel Corp. (INTEL), Advanced Microprocessor Device, Inc. (AMD), Cyrix dan Giga Pro. Varian dari micro-processor sangat beragam, yang merupakan keluaran INTEL antara lain Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, dan yang terakhir menggunakan teknologi INTEL Pentium Dual Core.Sedangkan processor keluaran AMD antara lain K5, K6, Duron, Athlon,Anthlon XP, Barthron dan generasi terakhir adalah Opteron dan Sempron dengan teknologi 64-Bit.Kedua perusahaan yaitu Intel dan AMD bersaing merebutkan pasar, terutama untuk keperluan Personal Computer (PC).Processor di dalam CPU tertanam dalam sebuah papan kerja bernama main-board yang terdiri dari socket, slot dan chipset pendukung.Mainboard sangat menentukan keawetan komputer.Kinerja processor didukung oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu random access memory (RAM) dan read only memory (ROM). ROM sudah terpasang pada main board berupa chipset utama.Sedangkan RAM terpasang pada DIMM yang juga terdapat pada mainboard.Satu mainboard bisa jadi terdapat lebih dari satu DIMM, tergantung jenis dan kemampuan upgrade-nya.Ada beberapa jenis RAM yaitu EDORAM, SDRAM, DDRAM dan RDRAM. Selain memori utama di dalam CPU biasanya terdapat pula memori lain yaitu register, buffer dan cache memory.
Kom puter dan Pemrograman - 3 –
Slot–slot pada mainboard digunakan untuk menancapkan beberapa piranti keluaran
antara lain VGA/AGP card, sound card, IO card, ethernet card dan modem internal serta masih banyak lagi.
Piranti Penyimpanan
Piranti penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer.Seperti pada penjelasan sebelumnya, terdapat penyimpanan utama dalam CPU.Namun kapasitas yang mungkin tersimpan dalam penyimpan utama sangat terbatas, sehingga diperlukan piranti penyimpanan pendukung. Sistem penyimpanan pendukung sangat beragam yaitu:
(1) magnetic disk antara lain floppy disk dan hard disk,
(2) optical disk antara lain CD, DVD dan Blue-Ray
(3) pen drive, yaitu USB flash drive dan ZIP drive,
(4) card, misalnya ATM, dan chip-card, serta
(5) pita misalnya cassette dan reel to reel tape.
Piranti Keluaran
Proses out-put merupakan proses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia atau terbaca oleh mesin lain. Sedangkan piranti keluaran yaitu piranti yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Piranti keluaran antara lain: monitor; printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer output microfilm device.
PERANGKAT LUNAK (SOFT-WARE)
Perangkat keras tidak dapat bekerja secara mandiri.Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk perangkat lunak (software). Perangkat lunak antara lain sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.
Sistem Operasi (Operating System) mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
(1) manajemen sumber daya,
(2) manajemen data,
(3) manajemen gugus tugas, dan
(4) penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.
Sistem Operasi yang dikenal antara lain DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD dan Linux. Masing-masing sistem operasi mempunyai beberapa varian yang merupakan pengembangan maupun perbedaan distro.Khusus untuk Linux merupakan system operasi yang bersifat Open Source, yang bias dikembangkan, dimodifikasi dan didistribusian oleh siapapun baik sifatnya berbayar atau tidak berbayar.Perangkat lunak yang berhubungan lansung dengan bahasa pemrograman antara lain:
interpreter, compiler, assembler, loader dan linker. Pada perangkat lunak ini memuat juga program generators (pembangkit kode program), debugging, pengujian program (kompilasi), sebagaimana program yang diperlukan untuk pemrosesan pemrograman. Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk memabntu suatu tugas secara cepat. Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus tugas tertentu misalnya berupa:
- 4 - Pengenalan Komputer
(1) Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office Word dan sebagainya;
(2) Spreadsheet, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123;
(3) Database management system (DBMS), misalnya MS-Access, Oracle, MySQL;
(4) Graphics, misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand; dan
(5) Communication, misalnya mIRC, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox dan Opera.

1.      Pengenalan Perangkat Keras (Hardware)Pada Sistem Unit Komputer


Spesifikasi Standar Sistem Unit Komputer
n  Prosesor Intel atau AMD
n  Memori (RAM)
n  Mainboard / Motherboard
n  VGA On board, NVIDIA atau ATI Radeon
n  Harddisk
n  Floppy Disk 1.44
n  Optical Drive
n  Case dan Power Supply
n  Monitor
n  Keyboard, Mouse

Perangkat Keras Utama
n  Prosesor : berfungsi memproses semua data dan perintah
n  Memori : media penyimpanan data sementara yang paling dekat dengan prosesor
n  Harddisk : media penyimpanan data (instalasi software dan driver)
n  Mainboard : media yang berfungsi menyatukan/menghubungkan seluruh perangkat keras pada sistem unit komputer
n  VGA : berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan/proses data atau perintah ke monitor / LCD

Perangkat Keras Pendukung
n  Optical Drive : CD Rom, DVD Rom, CD RW, DVD RW
n  Floppy Drive : Berfungsi untuk membaca data pada disket
n  LAN Card : berfungsi sebagai port koneksi ke jaringan lokal
n  Sound Card : berfungsi memproses suara
n  Power Supply : sumber daya listrik bagi seluruh komponen dan perangkat keras komputer

Prosesor (Processor)
n  Intel
         - Pentium 1 – 4
         - Celeron
         - Core Duo
         - Core 2 Duo
         - Quad Core
n  AMD
         - Duron
         - Atlhon XP
         - Barton
         - Sempron
         - AM2
Memori
n  EDO RAM (extended data output random access memory )
n  SDRAM (synchronous dynamic random access memory )
n  DDR SDRAM (Double data rate synchronous dynamic random access memory)
n  DDR SDRAM 2
Mainboard
Komponen didalam mainboard :
n  Slot PCI (Peripheral Component Interconnect),
n  AGP (Accelerated Graphics Port ), PCIex,
n  Slot memori,
n  IDE (Integrated development environment) / Parallel ATA or PATA,
n  SATA (Serial  Advanced Technology Attachment),
n  BIOS
n  Perlengkapan standar mainboard : LAN Card, Sound Card, USB (Universal Serial Bus)
VGA (Video Graphics Adapter)
n  Nvidia
n  Ati Radeon
n  Banyak jenis chipset dan kecepatannya
n  Memori semakin besar dan cepat (nano second kecil) akan lebih bagus
n  Tujuan pemakaian untuk graphis atau game
n  Penghitungan besar kapasitas Harddisk :
         Misalkan HDD dengan kapasitas 320 Gb, yg dimaksud dengan 320G itu adalah 320.000.000.000 bytes PAS!
         sedangkan hitungan sebenarnya 1Gigabyte itu bukan 1000 Megabyte,
         tapi :
         1G = 1024Mb dan
         1Mb <> 1000Kb tapi 1Mb = 1024Kb dan
         1Kb bukan 1bytes tapi 1Kb = 1024bytes
         sehingga :
         320.000.000.000 bytes = 298 Gb
         dengan perhitungan :
         320.000.000.000 / 1024 / 1024 / 1024 = 312.500.000Kb = 305.175Mb = 298Gb
         sedangkan kalo yg 80Gb juga sama
         80Gb = 80.000.000.000 bytes PAS
         80.000.000.000 / 1024 / 1024 / 1024 = 78.125.000Kb = 76.294Mb = 74.5 Gb

Floppy Disk: Floppy 525&Floppy 124
Optical Drive
n  CD Rom
n  CD RW
n  DVD Rom
n  DVD Combo
n  DVD RW

Case dan Power Supply
n  Case standart
n  Case Modifikasi
n  Power Supply Standart
n  Power Supply Pure Power
n  Power Supply High End

Monitor::Monitor CRT &LCD
Aksesories Dan Pendukung
n  Keyboard, Mouse
n  Printer
n  Scanner
n  Flash Disk
n  Infra Red
n  Bluetooth
n  Wifi
n  USB Card

Perangkat Lunak (Software)
n  Operating System (OS)
n  Driver-driver pendukung hardware
n  Software-software aplikasi
n  Software Open Source

Sekilas tentang Laptop
n  Kelebihan Laptop dibanding PC
         - Mobilitas tinggi
         - Hemat energi (low power consumption)
         - Quality Control standart pabrikan
         - Fitur yang lebih lengkap
         - Biasanya disertai OS yang asli
n  Kekurangan
         - Spesifikasi hardware tidak dapat dirubah-rubah
         - Sedikit komponen yang dapat di upgrade
         - Biaya perawatan lebih mahal
         - Harga yang jauh diatas PC

Koneksi Internet menggunakan HP CDMA

Sedikit tulisan tentang pengalaman pribadi ketika mencoba koneksi internet via hp cdma, maklum pihak sekolah waktu itu masih keberatan kalau harus pasang telpon dari telkom.Tulisan ini hanya sharing pengalaman dari penulis kira-kira 1 tahun yang lalu, jadi harga yang tercantum adalah harga lama, harap maklum ya. Semoga bermanfaat bagi yang ingin mencoba internetan di [...]

Delay Tolerant Network

Delay tolerant network adalah sebuah jaringan yang dirancang untuk dapat beroperasi secara lancar pada jarak yang sangat jauh seperti pada ruang komunikasi ataupun skala antarplanet. Dalam kondisi seperti itu, latensi yang sangat panjang (latensi adalah penundaan, ukuran waktu tunda yang dialami suatu sistem ataupun berapa banyak waktu tunggu yang diperlukan oleh paket data untuk menerima [...]
DLNA (Digital Living Network Alliance)

DLNA (Digital Living Network Alliance) merupakan sebuah organisasi asosiasi bisnis non-profit yang berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan home network, dengan menggunakan standard teknologi yang dapat menyatukan beragam perangkat elektronik dengan lebih mudah dibandingkan yang ada pada sekarang ini. Dua perangkat (atau bahkan lebih) yang berbeda jenis, merk, dan pabrikannya apabila telah memiliki sertifikat DLNA, maka akan [...]

Pervasive Computing

Pervasive Computing adalah sistem komputer yang dimana manusia tidak menyadari bahwa manusia telah tergantung terhadap teknologi pada kehidupan sehari-hari.pervasive computing
IMS (IP Multimedia Subsytem)

Trend teknologi IMS (IP Multimedia Subsystem) saat ini membawa perubahan pemikiran akan trend jaringan masa depan. Teknologi IMS diarahkan pada konvergensi jaringan wireless dan wireline dengan kemampuan layanan multimedia yang akan dideliver diatas keduanya Teknologi IMS lahir sebagai satu teknologi yang mengakomodasi teknologi wireless dan wireline dengan tawaran layanan yang tidak hanya voice namun juga [...]

Wireless Advanced
Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.Sehingga untuk sekarang inipun banyak berkembang wireless advanced

How to make VoIP Network

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Di masa sekarang media telekomunikasi sudah berkembang pesat, seiring pesatnya kemajuan teknologi. Hal ini telah membawa bisnis telepon memasuki era baru yang menawarkan penyatuan seluruh komunikasi yang bersifat multimedia dan disalurkan melalui perkembangan [...]

Mengenal Jaringan Komputer

Sebelumnya penulis meminta maaf jika artikel ini masih kurang lengkap, karena penulis baru mencoba membuatan tulisan ini. Menurut Dede Sopandi (2008 : 2) jaringan komputer adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Gabungan teknologi ini menghasilkan pengolahan data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan hardware secara bersamaan. Download Tulisan Lengkap:
Membuat Repo Lokal Ubuntu Via Rsync

Aplikasi Server, Jaringan Komputer, Linux Administrasi dan Server, Linux Dasar dan Opensource, Sistem Operasi

Dunia GNU/Linux memudahkan user dalam hal ketersediaan perangkat lunak dan library serta paket yang diperlukan melalui repository.Ada ribuan perangkat lunak powerfull yang legal untuk dipakai dan diperbanyak sesuai keperluan. Anda bisa menggunakan langsung dari server repository di internet maupun offline dari kepingan DVD, harddisk, maupun install satu per satu. Dalam tulisan ini akan penulis [...]

Mengenal Teknologi Wireless “WIMAX”

Era Baru Teknologi Wireless Prospek internet broadband, anytime, anywhere, anyone masih kelihatan jauh dari impian, masih jauh dari kenyataan untuk penggunaan luas bagi PC, laptop, mobile user. Namun dengan WiMAX hal tersebut akan segera menjadi kenyataan, sesuatu hal yang membuat penggunanya tidak dapat hidup tanpa teknologi ini. WiMAX adalah salah satu teknologi wireless yang paling [...]
Membangun Jaringan Komputer Berbasis Multipoint Dengan Memanfaatkan Switch

Dalam perkembangan teknologi saat ini, sering ditemukan masalah dalam menghubungkan komputer stand alone (autonom) dengan komputer-komputer lainnya untuk berkoneksi dan berbagi data. Komputer-komputer dihubungkan atas dasar beberapa pemikiran-pemikiran yang sifatnya mengarah kepada beberapa  hal penting seperti efektivitas, perfomance, efisiensi, dan komunikasi.  Atas dasar diatas, dibuatlah koneksi diantara komputer. Dalam mengimplementasikan jaringan komputer ini, diperlukan beberapa [...]

Kelebihan dan Kekurangan Peer To Peer dan Client Server

Bukan hal yang baru untuk mengetahui mengetahui suatu jaringan.Apalagi banyak berbagai macam jenis jaringan tersebut.Tetapi perlu kita mengetahui tentang kelebihan dan kekurangannya.Mungkin Artikel ini bisa sedikit memberikan informasi kelebihan dan kekurangan tentang Peer To Peer dan Client Server. Download Tulisan Lengkap: roelangga-peer to peer dan client server.zip
Belajar jaringan Komputer

Sebelumya mari kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer . Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, harddisk. Komunikasi: contohnya e-mail/ surat elektronik,instans messaging,chatting. Akses informasi: contohnya [...]

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengenalan Teknologi Informasi
o  Pengertian Teknologi Informasi (TI)
TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam
pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran
informasi.
o  Perlunya Teknologi Informasi, karena:
n  Kompleksitas tugas manajemen
n  Pengaruh gLobalisasi
n  Perlunya response time cepat
n  Tekanan persaingan bisnis
o  Sistem Informasi
Pengertian : sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis danmenyebarkan informasi.

o  Sistem Informasi
n  Data : fakta mentah.
n  Informasi : data  yang telah diorganisir sehingga memberi arti.
n  Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.

o  Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)
Sistem Informasi yang menggunakan komputer danteknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugasyang diinginkan.
o  Infrastruktur  Informasi
n  Perangkat Keras (Hardware)
n  Perangkat Lunak (Software)
n  Jaringan dan Komunikasi
n  Basis Data (Database)
n  Information Management Personnel
o  Arsitektur Informasi
n  Perencanaan terhadap kebutuhan informasi
o  Kemampuan Sistem Informasi
n  Proses transaksi cepat dan akurat
n  Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat
n  Komunikasi cepat, dll.
o  Tujuan Teknologi Informasi
n  Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
o  Prinsip Teknologi Informasi
n  High-Tech-High-Touch
o  Fungsi Teknologi Informasi
n  Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
o  Keuntungan Teknologi Informasi
n  Speed, Consistency, Precision, Reliability
o  Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
n  Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
Perangkat Lunak Komputer (Software)
o  Sistem Perangkat Lunak
n  System Control Programs
n  System Support Program
o  System Utility Program
o  System Performance Monitor
o  System Security Monitor          
o  Jenis Aplikasi Perangkat Lunak
n  Proprietary Application Software
n  Off the shelf Application Software
o  Permasalahan Software
n  Pemilihan dan Penilaian Software
n  Software Licensing
n  Software Upgrades
n  Open Systems
n  Open Source Software
o  Bahasa Pemrograman
n  Bahasa Mesin (Machine Language)
n  Bahasa Rakitan (Assembly Language)
n  Bahasa Prosedural (Procedural Language)
n  Bahasa tidak Prosedural / terprosedure
            (Nonprocedural Language)
n  Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language)
n  Bahasa Pemrograman Virtual 
n  HTML (Hypertext Markup Language)
n  Extensible Markup Language (XML)
n  Componentware
n  Virtual Reality Modeling Object
n  Bahasa Pemrograman Object Oriented
o  Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.
o  Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.
o  Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau proses bisnis tertentu.
o  Pengetahuan dapat juga diartikan sebagai informasi yang diproses untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan penerima dengan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.
Pengorganisasian Data dan Informasi
o  Hirarki Data
n  Bits
n  Fields
n  Record
o  Metode Akses  Record :
n  Index Sequential Access Method(ISAM)
n  Direct File Access Method
o  File
n  Permasalahan Pendekatan File
o  Data redundancy (Duplikasi)
o  Data inconsistency (Data tidak Konsisten)
o  Data Isolasion (Pemisahan)
o  Data Integrity
o  Aplikasi/data berdiri sendiri (independence)
o  Pendekatan Modern : Basis Data
n  Data Terpusat (Centralized Database)
n  Data Terdistribusi (Distributed Database)
o  Replicated Database
o  Partitioned Database
o  Pembuatan Basis Data
n  Entity Relationship (ER) Modeling
o  Entity Classes
o  Instance
o  Identifier
o  Relationship
n  Normalization
o  Database Manajemen System (DBMS)
n  Model Data
n  Data Definition Language (DDL)
n  Data Manipulation Language (DML)
n  Data Dictionary (Kamus Data)
o  Logical Data Model
n  Model Basis Data Hirarki (Hierarchical Database Model)
n  Model Basis Data Jaringan (Network Database Model)
Model Basis Data Relasi (Relational Database Model)
o  Gudang Data (Data Warehouse)
n  Multidimensinal Data Model
n  Data Mart
n  Data Mining
n  Text Mining
Telekomunikasi dan Jaringan
o  Sistem Telekomunikasi
n  Perangkat Keras
n  Media Komunikasi
n  Jaringan Komunikasi
n  Perangkat Lunak Komunikasi
n  Penyedia Komunikasi Data
n  Protokol Komunikasi
n  Aplikasi Komunikasi
o  Dua Sisi Sistem Telekomunikasi
n  Pengirim Informasi (Tansmitter of Information)
n  Penerima Informasi (Receiver of Information)
o  Fungsi Sistem Telekomunikasi
o  Media Telekomunikasi
n  Sinyal Analog
n  Sinyal Digital
o  Prosesor Komunikasi (Communication Processor)
n  Modem
n  Multiplexer
n  Front-end Processor
o  Channel dan Media Komunikasi
n  Media Kabel (Cable Media)
o  Twisted Pair Wire
o  Kabel Koaksial
o  Kabel Fiber optic
o  Radio Selular
o  Infra Red
n  Media Penyaringan (Broadcast Media)
o  Microwave Transmission
o  Satellite Transmission
o  Radio
o  Karakter Media Komunikasi
n  Kecepatan Pengiriman
n  Cara Pengiriman (Transmission Mode)
o  Asynchronous
o  Synchronous
n  Ketepatan Pengiriman (Transmission Accuracy)
n  Pengangkut dan Pelayanan Telekomunikasi (Tellecomunication Carriers and Services)
o  Switched and Dedicated Lines
o  Wide-Area Telecomunication (WATS)
o  Telepon dan Layanan Hubungan Telepon (Telephone and Dialing Services)
o  Layanan Yang Terintegrasi Jaringan Digital (Integrated Services Digital Network / ISDN)
o  Jalur Langganan Digital (Digital Subscriber Line)
o  Jaringan
n  Jaringan Area Lokal (Local Area Network / LAN)
o  Wireless Local Area Networks (WLANs)
o  Teknologi Bluetooth
o  Private Branch Excanges (PBX)
n  Wide Area Networks
o  Value Added Networks          
o  Virtual Private Networks (VPNs)
o  Sistem Operasi Jaringan
n  Perangkat Lunak Manajemen Jaringan
n  Protokol
o  Ethernet
o  TCP/IP
o  Komunikasi diantara Protocol
n  Tipe Transmisi Data
o  Packet Switching
o  Frame Relay
o  FDDI
o  ATM
o  dan lain-lain
o  Proses Terdistribusi
n  Terminal to Host processing
n  File Server Processing
n  Server Architecture and Processing
o  Distributed Presentation
o  Remote Presentation
o  Remote Data Management
o  Distributed Data Management
n  Pengolahan Peer-to-peer
o  Aplikasi Telekomunikasi
n  Pesan Elektronik
n  Videoconferencing
n  Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI)
n  Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT)
n  Facsimiles
n  Telecommuting
n  Distance Learning
Internet, Intranet, Ekstranet
o  Pengertian Internet
n  Jaringan komputer terbesar di dunia, kumpulan jaringan-jaringan
o  Evolusi Internet
o  Infrastuktur dari Internet
o  Penggunaan Internet
n  Alamat di Internet
n  Akses Internet
o  Dial-up
o  Landline Broadband
n  DSL
n  Cable Modem
o  Wi-Fi
o  Satellite
o  Cell Phones
o  Layanan yang Disediakan oleh Internet :
n  Layanan Komunikasi
o  e-mail
o  USENET Newsgroup(Forums)
o  LISTSERV
o  Chatting
o  Instant Messaging
o  Telnet
o  Internet Telephony
o  Internet Fax
o  Streaming Audio dan Video
o  Real-time Audio dan Video
n  Layanan Perolehan  Informasi (Information Retrieval Services)
o  File Transfer Protocol (FTP)
n  Archie
n  Gophers
n  Veronica (Very Easy Rodent Oriental Netwide Index to Computer)
n  Wide Area Information Server (WAIS)
o  Web Services
o  World Wide Web
n  Browser
n  Offline Browser
n  Mesin Pencari (Search Engine)
n  Push Technology
n  Penyaring Informasi
n  Clipping Services
n  Personalized Web Service
n  Web Authoring
o  Tantangan-tantangan Internet
n  Teknologi-Teknologi Baru
n  Peraturan Internet
n  Ekspansi Internet
n  Internet Privacy
o  Pengertian Intranet
n  Private Network
o  KeamananIntranet
n  Public Key Security
o  Encryption
o  Digital Certificates
n  Firewall
n  Assured Pipeline
o  Pengertian Ekstranet
o  Tipe-tipe dari Ekstranet
n  Satu perusahaan
n  Ekstranet Industri
n  Joint Venture atau Mitra Bisnis
o  Portal Informasi Perusahaan (Enterprise Information Portals)
o  Mobile Internet
Sistem Fungsional, Perusahaan dan Interorganisasi
o  Karakteristik Sistem Informasi Fungsional (Characteristics of Functional Information Systems)
n  terdiri dari beberapa subsistem
n  sistem informasi dependen
n  sistem informasi fungsional berhubungan satu sama lain
n  sistem informasi fungsional berhubungan dengan lingkungan
o  Sistem Informasi Manajemen (SIM)
n  Pengertian
n  Hasil SIM :
o  Routine, Scheduled Reports
o  Ad-hoc/ Demand Reports
o  Exception Reports
o  Transaction Processing Information System
n  Proses:
o  Batch Processing
o  Online Processing
o  Beberapa Modul TPS:
n  Order Processing
n  The Ledger (Buku Besar)
n  Accounts Payable and Receivable
n  Inventory Management, Receiving and Shipping of Goods
n  Payroll
n  Periodic Reports and Statements
o  Sistem Akuntansi dan Keuangan
n  Anggaran dan Perencanaan Keuangan (Financial Planning and Budgeting)
o  Prediksi atau Ramalan Keuangan dan Ekonomi (Economic dan Financial Forecasting)
o  Anggaran (Budgeting)
n  Manajemen Investasi (Investment Management)
n  Kontrol terhadap Keuangan (Financial Controls)
o  Budgetary Control
o  Auditing
o  Analisis Kesehatan Keuangan
o  Analisis Keuangan dan Pengawasan Biaya
o  Sistem Penjualan dan Pemasaran (Marketing and Sales System)
n  Customer Service (Layanan Terhadap Pelanggan)
o  Analisis profil dan kegemaran pelanggan
o  Mass Cutomization
o  Targeted Advertising on the Web
o  Customer Inquiry Systems and Automated Help Desk
n  Telemarketing
o  Advertising and Reaching Customer
o  Proses Pemesanan
o  Layanan tehadap Pelanggan
o  Dukungan Penjalan
o  Manajemen Account
o  Sistem Manajemen Operasi dan Produksi
n  Manajemen Logistik dan Material
n  Perencanaan Produksi/Operasi(Planning
            Production / Operations)
n  Rancangan Kerja dan Manufaktur yang otomatis (Automated Design Work and Manufacturing)
o  Computer-aided Design (CAD)
o  Computer-aided Manufacturing
o  Computer-integrated Manufacturing (CIM)
o  Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia
n  Perekrutan (Recruitment)
n  Pemeliharaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
n  Perencanaan dan Manajemen Sumber Daya Manusia
o  Integrated Information Systems and Enterprise Resource Planning
n  Menghubungkan sistem yang ada
n  Menggunakan perangkat lunak Supply Chain Management
n  Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Aplikasi SAP
o  Sistem Informasi Global / Interorganisasi
n  Sistem Global (Global Systems)
n  Electronic Data Intechange (EDI)
n  Electronic Funds Transfer (EFT)
n  Ekstranet
n  Shared Database
n  Integrated Messaging
E-Commerce
o  Pengertian E-Commerce
n  Pembelian, penjualan, pertukaran barang atau layanan secara elektronik
o  Jenis-Jenis E-Commerce
n  Collaborative Commerce (C-Commerce)
n  Business-to-Consumers (B2C)
n  Consumer-to-Business (C2B)
n  Consumer-to-Business (C2B)
n  Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
n  Government-to-Citizens (G2C) and to others
n  Mobile Commerce (m-Commerce)
o  Sejarah dan Ruang Lingkup (Scope) E-Commerce
o  Keuntungan  E-Commerce
n  Untuk Organisasi
n  Untuk Pelanggan
n  Untuk Masyarakat
o  Batasan dan Kegagalan  E-Commerce
n  Batasan Teknis
n  Batasan Non Teknis
o  Aplikasi Business-to-Consumer
n  Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall
n  Industri Layanan Online
n  Lelang (Auctions)
o  Forward Auction
n  English Auctions
n  Yankee Auctions
n  Dutch Auctions
o  Reverse Auction
o  Penelitian Pasar, Periklanan dan Layanan terhadap Pelanggan
n  Konsumen dan Prilakunya
n  Penelitian Pasar
n  E-Commerce Intelligent Agents
n  Pengiklanan Online
o  Banners
n  Keyword Banners
n  Random Banners
o  Pengiklanan melalui e-mail
o  Permasalahan Periklanan dan Pendekatan-pendekatan :
n  Permission Marketing
n  Viral Marketing
n  Customizing ads
n  Periklanan dan Pemasaran Interaktif
n  Customized Catalog
n  Kupon Online
o  Layanan terhadap Pelanggan
n  Kebutuhan
n  Mendapatkan barang
n  Ownership
n  Retirement
o  B2Bdan Aplikasi Kerjasama Perdagangan
n  Sell-Side Marketplace
n  Buy-Side Marketplace
n  Pertukaran Elektronik (Electronic Exchanges)
o  Vertical Distributors
o  Vertical Exchanges
o  Horizontal Distributors
o  Pertukaran fungsional (Functional Exchanges)
n  Perdagangan Kerjasama
o  Retailer-Suppliers
o  Vendor-managed Inventory
o  Product design
o  Collaborative Manufacturing
o  Aplikasi Inovatif dari E-Commerce
n  E-Government
n  M-Commerce
n  Consumer-to-Consumer E-commerce
n  Intrabisnis dan Business-to-Employees          E-Commerce
o  Business to its Employess (B2E) Commerce
o  E-Commerce Diantara Unit Bisnis dalam suatu Organisasi
o  E-Learning
o  Layanan Dukungan E-Commerce
n  Infrastruktur E-Commerce
n  Pembayaran Elektronik
o  Check Elektronik
o  Kartu Kredit Elektronik
o  Pembayaran Tunai Elektronik
o  Smart Cards
o  Pembayaran Person-to-Person (P2P)
o  Transfer Dana Secara Elektronik
o  Electronic Wallets
o  Kartu Pembelian (Purchasing Card)
o  Permasalahan Legal dan Etis pada E-Commerce :
n  Permasalahan Etis     
o  Privasi (Privacy)
o  Web Tracking
o  Disintermediation
n  Permasalahan Legal di E-Commerce
o  Perebutan nama domain
o  Penentuan biaya pajak
o  Copyright
Supply Chain Mangement  dan
Sistem Informasi Terintegrasi
o  Pengertian Supply Chain Management
n  perpindahan barang, informasi, pembayaran, layanan, dari perusahaan penyedia barang mentah (supplier) melalui suatu perusahaan, kepada pelanggan
o  Komponen Supply Chain Management
n  Plan
n  Source
n  Make
n  Deliver
n  Return
o  Jenis-Jenis Supply Chain :
n  Integrated make-to-stock
n  Continuous Replenishment
n  Build-to-order
n  Channel Assembly
o  Permasalahan Supply Chain dan Solusinya
n  Permasalahan
o  Ketidakpastian
o  Kebutuhan koordinasi
n  Solusi
o  Dukungan Teknologi Informasi terhadap Supply Chain dan Integrasi Sistem     
n  Dukungan Teknologi Informasi          
o  Material Requirement Planning (MRP)        
o  Manufacturing Resource Planning (MRP II)
n  Integrasi Sistem         
n  Integrasi Supply Chain dan Value Chain        
o  Enterprise Resource Planning (ERP) 
n  ERP Generasi Kedua  
o  Manajemen E-Commerce dan Supply Chain
n  Aktivitas EC pada Supply Chain          
n  Penyusunan Ulang Supply Chain        
n  Integrasi EC dan ERP 
o  Order Fulfillment pada E-Commerce           
n  Pengertian Order Fulfillment
n  Solusi yang Inovatif Terhadap Permasalahan Order Fulfillment      
Data, Pengetahuan (Knowledge)        dan Penunjang Keputusan
o  Pengambilan Keputusan di Level Manajemen      
o  Manajemen dan Transformasi Data           
n  Proses Transformasi Data      
n  Kumpulan dan Sumber Data (Data Sources and Collection) 
n  Kualitas Data  
n  Sistem Manajemen Dokumen Elektronik (Electronic Document Management System / DMS)
Business Intelligence
o  Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System / DSS)         
n  Proses Pengambilan Keputusan (Decision Making Process)       
n  Pemodelan dalam Pengambilan Keputusan (Modeling in Decision Making)     
n  Framework Penunjang Keputusan Terkomputerisasi ( Framework for Computerized Decision Support)     
n  Karakteristik dan Kemampuan Sistem Penunjang Keputusan     
n  Komponen Sistem Penunjang Keputusan (Component of DSS)   
n  Sistem Penunjang Keputusan (DSS) dan Web      
o  Enterprise Decision Support  
n  Executive Information and Decision Support
n  Group Decision Support System (GDSS)        
o  Data and Information Analysis and Mining
n  Analytical Processing 
n  Data Mining   
o  Karakteristik Data Mining     
o  Tools Data Mining     
n  Ethical and Legal Issues         
o  Ethical Issues  
o  Legal Issues    
o  Teknologi Visualisasi Data   
n  Visualisasi Data          
n  Visual Interactive Decision Making   
n  Geographical Information System (GIS)        
o  Knowledge Management (KM)       
n  Pengertian Knowledge Management
n  Aktivitas Knowledge Management dan Dukungan Teknologi Informasi      
Intelligent Systems
o  Artificial Intelligence (AI)     
n  Perbandingan Artificial Intelligence dengan Natural Intelligence    
n  Sistem Artificial Intelligence  
o  Expert Systems          
n  Kelebihan  dan Keterbatasan Expert Systems           
n  Proses dari Expert System     
Komponen Expert System
o  Intelligent System Lainnya   
n  Natural Language Processing and Voice Technology
n  Neural Computing      
n  Case-Based Reasoning           
n  Fuzzy Logic     
o  Intelligent Agents     
o  Virtual Reality           
o  Permasalahan Etika dan Global      
n  Permasalahan Etika   
Permasalahan Legal (Legal Issues)
Strategic Systems and Reorganization    
o  Strategic Information System           
n  Competitive Intelligence        
o  Porter’s Competitive Forces Model
n  Penggunaan Forces Model    
n  Peranan Teknologi Informasi pada Competitive Forces       
o  Business Process Reengineering (BPR)
n  Prinsip-Prinsip BPR    
Pembangunan Sistem Informasi   (Information System development)
o  Perencanaan Sistem Informasi (Information Systems Planning)   
n  Perencanaan Strategis Sistem Informasi      
n  Perencanaan Operasional Sistem Informasi (The IS Operational Plan)       
o  The Traditional Systems Development Life Cycle (SDLC)    
n  System Investigation  
n  Analisis Sistem (System Analysis)      
n  Perancangan Sistem (Systems Design)          
n  Programming 
n  Testing           
n  Implementation         
n  Operation dan Maintenance 
o  Metode Lain untuk Pengembangan Sistem
n  Prototyping    
n  Joint Application Design (JAD)           
n  Rapid Application Development (RAD)         
n  Integrated Computer-Assisted Software Engineering (ICASE) Tools 
n  Object-Oriented Development          
o  Object-Oriented Analysis and Design (OOA&D)       
o  Pengembangan Sistem di Luar Departemen Sistem Informasi    
n  End-User Development          
n  External Acquisition of Software       
n  Application Service Providers (ASP)  
n  Outsourcing   
o  Membangun Aplikasi Internet dan Intranet
n  Strategi Pengembangan Intranet dan Internet
n  Java    
Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)     
o Pengertian HAKI 
n hak yang lahir dari kemampuan intelektual atau daya kreasi pikiran manusia dan dapat berupa ciptaan atau temuan maupun penyempurnaan atau perbaikan terhadap permasalahan di berbagai bidang.
o  Sejarah HAKI 
o  Landasan Hukum HAKI         
o  Manfaat HAKI           
10 Manfaat Bluetooth
1. Wireless
Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, ada banyak manfaat
dan keuntungan menggunakan perangkat nirkabel. Bersama meningkatkan keselamatan sebagai hasil dari menghilangkan kawat
Anda tidak perlu, nirkabel juga menawarkan banyak keuntungan lain. Bila bepergian dengan laptop atau perangkat nirkabel lainnya, Anda tidak lagi harus khawatir mengenai membawa sambungan kabel.
2. Bluetooth sebenarnya tidak mahal
Teknologi Bluetooth murah untuk perusahaan untuk melaksanakan, yang menghasilkan biaya yang lebih rendah untuk perusahaan. Tabungan ini kemudian berlalu dari perusahaan kepada Anda.
3. Bluetooth otomatis
Bluetooth tidak memiliki Anda membuat sambungan atau menekan tombol apa pun. Ketika dua atau lebih perangkat masukkan
kisaran hingga 30 meter dari satu sama lain, mereka akan secara otomatis mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan apa.
4. Standar protokol
Nirkabel Bluetooth adalah standar, yang berarti bahwa tingkat tinggi di kalangan kompatibilitas perangkat dijamin. Bluetooth akan menghubungkan perangkat satu sama lain, bahkan jika mereka tidak model yang sama.
5. Gangguan rendah
Perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari perangkat nirkabel lainnya. Bluetooth menggunakan teknik yang dikenal sebagai frequency hopping, dan juga daya rendah sinyal nirkabel.
6. Konsumsi energi rendah
Sebagai hasil dari Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah, teknologi memerlukan sangat sedikit energi dan akan baterai atau menggunakan lebih sedikit daya listrik sebagai akibat. Ini adalah manfaat yang sangat baik untuk perangkat selular, sebagai Bluetooth tidak akan menguras baterai.
7. Berbagi suara dan data
Standar akan memungkinkan untuk Bluetooth kompatibel perangkat untuk berbagi data dan komunikasi suara. Ini bagus untuk ponsel dan headset, sebagai Bluetooth menyederhanakan mengemudi dan berbicara pada ponsel.
8. Instant PAN (Personal Area Network)
Anda dapat menghubungkan sampai tujuh perangkat Bluetooth untuk
satu sama lain dalam jarak hingga 30 meter, membentuk sebuah piconet atau PAN. Untuk satu kamar, Anda dapat juga membuat beberapa piconets.
9. Upgradeable
Upgradeable adalah standar untuk Bluetooth. Ada versi lebih baru dari Bluetooth dalam karya-karya, yang menawarkan banyak keuntungan dan belakang baru kompatibel dengan versi lama.
10. Teknologi tetap
Teknologi Bluetooth adalah dunia luas, universal standar nirkabel. Dengan itu menjadi sepopuler itu, Anda dapat mengandalkan itu berada di dekat selama bertahun-tahun datang. Karena semakin banyak perangkat mulai menggunakan
Teknologi Bluetooth, akan lebih banyak produsen bersemangat untuk membuat produk mereka kompatibel. Sebuah rantai reaksi akan terjadi, membuat standar Bluetooth
untuk nirkabel terdepan.

Tidak ada komentar: