SISTEM
KOMPUTER
Komputer
merupakan alat elektronik yang pada awalnya dirancang untuk aktivitas komputasi.
Namun pada saat ini penggunaan komputer telah berkembang tidak hanya untuk
proses komputasi tetapi sudah mencakup pada manipulasi, simulasi, animasi, dan
komunikasi-informasi. Sebagaimana layaknya sebuah perangkat elektronik,
komputer merupakan sistem IPO (Input Proccess and Output), sehingga memerlukan
masukan untuk diolah yaitu berupa data dan akan menghasilkan suatu keluaran
yaitu informasi. Secara teknis, kriteria yand dijadikan dasar untuk
mengklasifikasikan, antara lain:
(1)
arsitektur;
(2)
kecepatan pemrosesan;
(3)
besarnya memori;
(4)
kemampuan penyimpanan;
(5)
jumlah pengguna;
(6)
biaya; dan
(7)
ukuran.
Arsitektur
komputer mengacu pada rancangan internal dari rangkaian komputer.Termasuk di
dalamnya jumlah dan tipe komponen yang menampilkan kemampuan komputasi.Arsitektur
komputer sangat tergantung pada kegunaan komputer itu sendiri.Kecepatan
pemrosesan diukur dari jumlah instruksi yang dapat diproses oleh computer setiap
detiknya, biasanya dalam satuan million instruksi per detik (MIPS). Untuk mempermudah
pengenalan kecepatan pemrosesan sering dicantumkan berupa angka frekuensi,
misalnya 233 MHz, 400 MHz, 533B MHz dan yang terbaru yang beredar di pasaran dikeluarkan
Intel adalah 3,2 GHz. Memori utama mengacu pada penyimpan internal komputer
sehingga bisa digunakan untuk mengakses dan menjalankan program. Memori utama
bisa mengakses dengan lebih baik jika ditopang dengan media penyimpanan yang
besar.Hal tersebut berkaitan dengan adanya virtual memory pada media penyimpanan
yang biasanya digunakan untuk pengaksesan suatu program (swap).Untuk komputer
yang terangkai dalam suatu jaringan (network) maka semakin banyak jumlah pengguna
dalam sistem jaringan akan semakin menurun kinerja dari system jaringan
komputer tersebut. Kriteria biaya berkaitan dengan perbandingan antara biaya (cost)
dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem komputer. Berdasarkan
kriteria tersebut diatas, maka komputer bisa dikelompokkan dalam beberapa
klasifikasi, yaitu: komputer super, mainframe, komputer mini, server,
-
2 - Pengenalan Komputer
workstation
dan komputer mikro. Saat ini jenis komputer mikro berkembang pesat dengan
beragam bentuk antaralain: komputer desktop
atau biasa disebut personal komputer (PC), laptop, notebook, palmtop, pocket PC
dan tablet PC.
PERANGKAT
KERAS (HARD-WARE)
Komputer
sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili alur
input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar
terdiri dari:
(1)
piranti masukan (input device),
(2)
piranti pemrosesan,
(3)
piranti penyimpanan (storage device), dan
(4)
piranti keluaran (input device).
Piranti
Masukan
Piranti
masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses.
Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus
(mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam,
voice recognition device, layar sentuh (touch screen).
Piranti
Pemrosesan
Piranti
pemrosesan merupakan otak dari komputer, oleh karena itu sering diberi istilah
sistem unit.Piranti ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem
komputer.Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah central
processing unit (CPU). CPU terdiri dari dua bagian yaitu:
(1)
Arithmetic Logic Unit (ALU), yang berfungsi untuk menampilkan seluruhfungsi
aritmatika dan logika;
(2)
Control Unit, yang berfungsi untuk mengatur urutan aktivitas yang mesti
dilakukan untuk mengeksekusi instruksi, termasuk di dalamnya berupa antrian
dari instruksi (queue).
Kinerja
dari CPU sangat tergantung pada micro-processor yang terpasang pada suatu komputer.Piranti
micro-processor lebih umum disebut processor saja. Terdapat beberapa perusahaan
yang mengeluarkan prosessor antara lain Intel Corp. (INTEL), Advanced Microprocessor
Device, Inc. (AMD), Cyrix dan Giga Pro. Varian dari micro-processor sangat
beragam, yang merupakan keluaran INTEL antara lain Pentium I, Pentium II, Pentium
III, Pentium IV, dan yang terakhir menggunakan teknologi INTEL Pentium Dual
Core.Sedangkan processor keluaran AMD antara lain K5, K6, Duron, Athlon,Anthlon
XP, Barthron dan generasi terakhir adalah Opteron dan Sempron dengan teknologi 64-Bit.Kedua
perusahaan yaitu Intel dan AMD bersaing merebutkan pasar, terutama untuk
keperluan Personal Computer (PC).Processor di dalam CPU tertanam dalam sebuah
papan kerja bernama main-board yang terdiri dari socket, slot dan chipset pendukung.Mainboard
sangat menentukan keawetan komputer.Kinerja processor didukung oleh memori
utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer. Ada dua
tipe memori utama yaitu random access memory (RAM) dan read only memory (ROM).
ROM sudah terpasang pada main board berupa chipset utama.Sedangkan RAM terpasang
pada DIMM yang juga terdapat pada mainboard.Satu mainboard bisa jadi terdapat
lebih dari satu DIMM, tergantung jenis dan kemampuan upgrade-nya.Ada beberapa
jenis RAM yaitu EDORAM, SDRAM, DDRAM dan RDRAM. Selain memori utama di dalam
CPU biasanya terdapat pula memori lain yaitu register, buffer dan cache memory.
Kom
puter dan Pemrograman - 3 –
Slot–slot
pada mainboard digunakan untuk menancapkan beberapa piranti keluaran
antara
lain VGA/AGP card, sound card, IO card, ethernet card dan modem internal serta masih
banyak lagi.
Piranti
Penyimpanan
Piranti
penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer.Seperti
pada penjelasan sebelumnya, terdapat penyimpanan utama dalam CPU.Namun kapasitas
yang mungkin tersimpan dalam penyimpan utama sangat terbatas, sehingga diperlukan
piranti penyimpanan pendukung. Sistem penyimpanan pendukung sangat beragam
yaitu:
(1)
magnetic disk antara lain floppy disk dan hard disk,
(2)
optical disk antara lain CD, DVD dan Blue-Ray
(3)
pen drive, yaitu USB flash drive dan ZIP drive,
(4)
card, misalnya ATM, dan chip-card, serta
(5)
pita misalnya cassette dan reel to reel tape.
Piranti
Keluaran
Proses
out-put merupakan proses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca
mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia atau terbaca oleh mesin lain. Sedangkan
piranti keluaran yaitu piranti yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan
informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain
sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Piranti keluaran antara lain: monitor;
printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer
output microfilm device.
PERANGKAT
LUNAK (SOFT-WARE)
Perangkat
keras tidak dapat bekerja secara mandiri.Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan
serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk perangkat lunak (software).
Perangkat lunak antara lain sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.
Sistem
Operasi (Operating System) mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
(1)
manajemen sumber daya,
(2)
manajemen data,
(3)
manajemen gugus tugas, dan
(4)
penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.
Sistem
Operasi yang dikenal antara lain DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD dan Linux.
Masing-masing sistem operasi mempunyai beberapa varian yang merupakan pengembangan
maupun perbedaan distro.Khusus untuk Linux merupakan system operasi yang
bersifat Open Source, yang bias dikembangkan, dimodifikasi dan didistribusian
oleh siapapun baik sifatnya berbayar atau tidak berbayar.Perangkat lunak yang
berhubungan lansung dengan bahasa pemrograman antara lain:
interpreter,
compiler, assembler, loader dan linker. Pada perangkat lunak ini memuat juga
program generators (pembangkit kode program), debugging, pengujian program (kompilasi),
sebagaimana program yang diperlukan untuk pemrosesan pemrograman. Perangkat
lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk memabntu
suatu tugas secara cepat. Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus
tugas tertentu misalnya berupa:
-
4 - Pengenalan Komputer
(1)
Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office
Word dan sebagainya;
(2)
Spreadsheet, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123;
(3)
Database management system (DBMS), misalnya MS-Access, Oracle, MySQL;
(4)
Graphics, misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand; dan
(5)
Communication, misalnya mIRC, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox dan Opera.
1. Pengenalan Perangkat Keras (Hardware)Pada Sistem Unit Komputer
Spesifikasi
Standar Sistem Unit Komputer
n Prosesor Intel atau AMD
n Memori (RAM)
n Mainboard / Motherboard
n VGA On board, NVIDIA atau ATI Radeon
n Harddisk
n Floppy Disk 1.44
n Optical Drive
n Case dan Power Supply
n Monitor
n Keyboard, Mouse
Perangkat Keras
Utama
n
Prosesor : berfungsi memproses
semua data dan perintah
n
Memori : media penyimpanan data
sementara yang paling dekat dengan prosesor
n
Harddisk : media penyimpanan data
(instalasi software dan driver)
n
Mainboard : media yang berfungsi
menyatukan/menghubungkan seluruh perangkat keras pada sistem unit komputer
n
VGA : berfungsi untuk menampilkan
hasil pengolahan/proses data atau perintah ke monitor / LCD
Perangkat Keras
Pendukung
n Optical Drive : CD Rom, DVD Rom, CD RW, DVD RW
n Floppy Drive : Berfungsi untuk membaca data pada disket
n LAN Card : berfungsi sebagai port koneksi ke jaringan lokal
n Sound Card : berfungsi memproses suara
n Power Supply : sumber daya listrik bagi seluruh komponen dan
perangkat keras komputer
Prosesor
(Processor)
n Intel
- Pentium 1 – 4
- Celeron
- Core Duo
- Core 2 Duo
- Quad Core
n AMD
- Duron
- Atlhon XP
- Barton
- Sempron
- AM2
Memori
n EDO RAM (extended data output random access memory )
n SDRAM (synchronous dynamic random access memory )
n DDR SDRAM (Double data rate synchronous dynamic random access
memory)
n DDR SDRAM 2
Mainboard
Komponen didalam mainboard :
n Slot PCI (Peripheral Component Interconnect),
n AGP (Accelerated Graphics Port ), PCIex,
n Slot memori,
n IDE (Integrated development environment) / Parallel ATA or PATA,
n SATA (Serial Advanced
Technology Attachment),
n BIOS
n Perlengkapan standar mainboard : LAN Card, Sound Card, USB
(Universal Serial Bus)
VGA (Video
Graphics Adapter)
n Nvidia
n Ati Radeon
n Banyak jenis chipset dan kecepatannya
n Memori semakin besar dan cepat (nano second kecil) akan lebih
bagus
n Tujuan pemakaian untuk graphis atau game
n Penghitungan besar kapasitas Harddisk :
Misalkan HDD dengan
kapasitas 320 Gb, yg dimaksud dengan 320G itu adalah 320.000.000.000 bytes PAS!
sedangkan
hitungan sebenarnya 1Gigabyte itu bukan 1000 Megabyte,
tapi
:
1G
= 1024Mb dan
1Mb
<> 1000Kb tapi 1Mb = 1024Kb dan
1Kb
bukan 1bytes tapi 1Kb = 1024bytes
sehingga
:
320.000.000.000
bytes = 298 Gb
dengan
perhitungan :
320.000.000.000
/ 1024 / 1024 / 1024 = 312.500.000Kb = 305.175Mb = 298Gb
sedangkan
kalo yg 80Gb juga sama
80Gb
= 80.000.000.000 bytes PAS
80.000.000.000
/ 1024 / 1024 / 1024 = 78.125.000Kb = 76.294Mb = 74.5 Gb
Floppy Disk: Floppy 525&Floppy 124
Optical Drive
n CD Rom
n CD RW
n DVD Rom
n DVD Combo
n DVD RW
Case dan Power
Supply
n
Case standart
n
Case Modifikasi
n
Power Supply Standart
n
Power Supply Pure Power
n
Power Supply High End
Monitor::Monitor
CRT &LCD
Aksesories Dan
Pendukung
n Keyboard, Mouse
n Printer
n Scanner
n Flash Disk
n Infra Red
n Bluetooth
n Wifi
n USB Card
Perangkat Lunak
(Software)
n Operating System (OS)
n Driver-driver pendukung hardware
n Software-software aplikasi
n Software Open Source
Sekilas tentang
Laptop
n Kelebihan Laptop dibanding PC
-
Mobilitas tinggi
-
Hemat energi (low power consumption)
-
Quality Control standart pabrikan
-
Fitur yang lebih lengkap
-
Biasanya disertai OS yang asli
n Kekurangan
-
Spesifikasi hardware tidak dapat dirubah-rubah
-
Sedikit komponen yang dapat di upgrade
-
Biaya perawatan lebih mahal
-
Harga yang jauh diatas PC
Koneksi Internet menggunakan HP CDMA
Sedikit tulisan
tentang pengalaman pribadi ketika mencoba koneksi internet via hp cdma, maklum
pihak sekolah waktu itu masih keberatan kalau harus pasang telpon dari
telkom.Tulisan ini hanya sharing pengalaman dari penulis kira-kira 1 tahun yang
lalu, jadi harga yang tercantum adalah harga lama, harap maklum ya. Semoga
bermanfaat bagi yang ingin mencoba internetan di [...]
Delay Tolerant Network
Delay tolerant
network adalah sebuah jaringan yang dirancang untuk dapat beroperasi secara
lancar pada jarak yang sangat jauh seperti pada ruang komunikasi ataupun skala
antarplanet. Dalam kondisi seperti itu, latensi yang sangat panjang (latensi
adalah penundaan, ukuran waktu tunda yang dialami suatu sistem ataupun berapa
banyak waktu tunggu yang diperlukan oleh paket data untuk menerima [...]
DLNA (Digital
Living Network Alliance)
DLNA (Digital
Living Network Alliance) merupakan sebuah organisasi asosiasi bisnis non-profit
yang berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan home network, dengan
menggunakan standard teknologi yang dapat menyatukan beragam perangkat
elektronik dengan lebih mudah dibandingkan yang ada pada sekarang ini. Dua
perangkat (atau bahkan lebih) yang berbeda jenis, merk, dan pabrikannya apabila
telah memiliki sertifikat DLNA, maka akan [...]
Pervasive Computing
Pervasive
Computing adalah sistem komputer yang dimana manusia tidak menyadari bahwa
manusia telah tergantung terhadap teknologi pada kehidupan
sehari-hari.pervasive computing
IMS (IP
Multimedia Subsytem)
Trend teknologi
IMS (IP Multimedia Subsystem) saat ini membawa perubahan pemikiran akan trend
jaringan masa depan. Teknologi IMS diarahkan pada konvergensi jaringan wireless
dan wireline dengan kemampuan layanan multimedia yang akan dideliver diatas
keduanya Teknologi IMS lahir sebagai satu teknologi yang mengakomodasi
teknologi wireless dan wireline dengan tawaran layanan yang tidak hanya voice
namun juga [...]
Wireless Advanced
Wireless adalah
teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi
dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini
teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat
dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula
teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.Sehingga untuk sekarang
inipun banyak berkembang wireless advanced
How to make VoIP Network
Komunikasi
merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu
pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Di
masa sekarang media telekomunikasi sudah berkembang pesat, seiring pesatnya
kemajuan teknologi. Hal ini telah membawa bisnis telepon memasuki era baru yang
menawarkan penyatuan seluruh komunikasi yang bersifat multimedia dan disalurkan
melalui perkembangan [...]
Mengenal Jaringan Komputer
Sebelumnya
penulis meminta maaf jika artikel ini masih kurang lengkap, karena penulis baru
mencoba membuatan tulisan ini. Menurut Dede Sopandi (2008 : 2) jaringan
komputer adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi
telekomunikasi. Gabungan teknologi ini menghasilkan pengolahan data yang dapat
didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan
hardware secara bersamaan. Download Tulisan Lengkap:
Membuat Repo
Lokal Ubuntu Via Rsync
Aplikasi Server, Jaringan Komputer,
Linux Administrasi dan Server, Linux Dasar dan Opensource, Sistem Operasi
Dunia GNU/Linux
memudahkan user dalam hal ketersediaan perangkat lunak dan library serta paket
yang diperlukan melalui repository.Ada ribuan perangkat lunak powerfull yang
legal untuk dipakai dan diperbanyak sesuai keperluan. Anda bisa menggunakan
langsung dari server repository di internet maupun offline dari kepingan DVD,
harddisk, maupun install satu per satu. Dalam tulisan ini akan penulis [...]
Mengenal Teknologi Wireless “WIMAX”
Era Baru
Teknologi Wireless Prospek internet broadband, anytime, anywhere, anyone masih
kelihatan jauh dari impian, masih jauh dari kenyataan untuk penggunaan luas
bagi PC, laptop, mobile user. Namun dengan WiMAX hal tersebut akan segera
menjadi kenyataan, sesuatu hal yang membuat penggunanya tidak dapat hidup tanpa
teknologi ini. WiMAX adalah salah satu teknologi wireless yang paling [...]
Membangun
Jaringan Komputer Berbasis Multipoint Dengan Memanfaatkan Switch
Dalam
perkembangan teknologi saat ini, sering ditemukan masalah dalam menghubungkan
komputer stand alone (autonom) dengan komputer-komputer lainnya untuk
berkoneksi dan berbagi data. Komputer-komputer dihubungkan atas dasar beberapa
pemikiran-pemikiran yang sifatnya mengarah kepada beberapa hal penting seperti efektivitas, perfomance,
efisiensi, dan komunikasi. Atas dasar
diatas, dibuatlah koneksi diantara komputer. Dalam mengimplementasikan jaringan
komputer ini, diperlukan beberapa [...]
Kelebihan dan Kekurangan Peer To Peer
dan Client Server
Bukan hal yang
baru untuk mengetahui mengetahui suatu jaringan.Apalagi banyak berbagai macam
jenis jaringan tersebut.Tetapi perlu kita mengetahui tentang kelebihan dan
kekurangannya.Mungkin Artikel ini bisa sedikit memberikan informasi kelebihan
dan kekurangan tentang Peer To Peer dan Client Server. Download Tulisan
Lengkap: roelangga-peer to peer dan client server.zip
Belajar jaringan
Komputer
Sebelumya mari
kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer . Jaringan computer adalah
sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang
bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari
jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian
printer, CPU, memory, harddisk. Komunikasi: contohnya e-mail/ surat
elektronik,instans messaging,chatting. Akses informasi: contohnya [...]
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
Pengenalan
Teknologi Informasi
o Pengertian Teknologi Informasi (TI)
TI
adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam
pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran
informasi.
o Perlunya Teknologi Informasi, karena:
n
Kompleksitas tugas manajemen
n
Pengaruh gLobalisasi
n
Perlunya response time cepat
n
Tekanan persaingan bisnis
o Sistem Informasi
Pengertian : sistem yang menggunakan teknologi
komputer untuk mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis danmenyebarkan
informasi.
o Sistem
Informasi
n Data : fakta mentah.
n Informasi : data yang telah
diorganisir sehingga memberi arti.
n Pengetahuan :informasi yang diproses sehingga memberikan
pembelajaran, pemahaman untuk dapat diaplikasikan.
o Sistem
Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)
Sistem Informasi yang menggunakan komputer danteknologi komunikasi
untuk melakukan tugas-tugasyang diinginkan.
o Infrastruktur
Informasi
n
Perangkat Keras (Hardware)
n
Perangkat Lunak (Software)
n
Jaringan dan Komunikasi
n
Basis Data (Database)
n
Information Management Personnel
o Arsitektur Informasi
n
Perencanaan terhadap kebutuhan informasi
o Kemampuan Sistem Informasi
n
Proses transaksi cepat dan akurat
n
Kapasitas penyimpanan besar dan
akses cepat
n
Komunikasi cepat, dll.
o Tujuan Teknologi Informasi
n
Memecahkan masalah, membuka
kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
o Prinsip Teknologi Informasi
n
High-Tech-High-Touch
o Fungsi Teknologi Informasi
n
Menangkap (Capture),
Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage),
Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
o Keuntungan Teknologi Informasi
n
Speed, Consistency, Precision,
Reliability
o Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
n Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau
Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
Perangkat
Lunak Komputer (Software)
o Sistem Perangkat Lunak
n
System Control Programs
n
System Support Program
o
System Utility Program
o
System Performance Monitor
o
System Security Monitor
o Jenis Aplikasi Perangkat Lunak
n
Proprietary
Application Software
n
Off the shelf
Application Software
o Permasalahan Software
n
Pemilihan dan
Penilaian Software
n
Software Licensing
n
Software Upgrades
n
Open Systems
n
Open Source Software
o Bahasa Pemrograman
n
Bahasa Mesin (Machine
Language)
n Bahasa Rakitan (Assembly Language)
n Bahasa Prosedural (Procedural Language)
n Bahasa tidak Prosedural / terprosedure
(Nonprocedural Language)
n Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language)
n
Bahasa Pemrograman
Virtual
n
HTML (Hypertext Markup
Language)
n Extensible Markup Language (XML)
n Componentware
n Virtual Reality Modeling Object
n Bahasa Pemrograman Object Oriented
o
Data adalah fakta-fakta mentah atau
deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang
ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan
untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo
bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.
o
Informasi adalah sekumpulan fakta (data)
yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si
penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai
rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengna jumlah jam
bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain,
informasi datang dari data yang akan diproses.
o
Pengetahuan terdiri dari informasi yang
sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman,
pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau
proses bisnis tertentu.
o
Pengetahuan
dapat juga diartikan sebagai informasi yang diproses untuk mengekstrak
implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan penerima
dengan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.
Pengorganisasian
Data dan Informasi
o Hirarki Data
n
Bits
n
Fields
n Record
o Metode Akses Record
:
n Index Sequential Access Method(ISAM)
n Direct File Access Method
o File
n Permasalahan Pendekatan File
o Data redundancy (Duplikasi)
o Data inconsistency (Data tidak Konsisten)
o Data Isolasion (Pemisahan)
o Data Integrity
o Aplikasi/data berdiri sendiri (independence)
o Pendekatan Modern : Basis Data
n Data Terpusat (Centralized
Database)
n Data Terdistribusi (Distributed
Database)
o Replicated Database
o Partitioned Database
o Pembuatan Basis Data
n Entity Relationship (ER) Modeling
o Entity Classes
o Instance
o Identifier
o Relationship
n Normalization
o Database
Manajemen System (DBMS)
n Model
Data
n Data
Definition Language (DDL)
n Data
Manipulation Language (DML)
n Data
Dictionary (Kamus Data)
o Logical
Data Model
n Model
Basis Data Hirarki (Hierarchical Database Model)
n Model
Basis Data Jaringan (Network Database Model)
Model Basis Data Relasi (Relational Database Model)
o Gudang Data (Data Warehouse)
n Multidimensinal Data Model
n Data Mart
n Data Mining
n
Text Mining
Telekomunikasi
dan Jaringan
o Sistem Telekomunikasi
n
Perangkat Keras
n
Media Komunikasi
n
Jaringan Komunikasi
n
Perangkat Lunak
Komunikasi
n
Penyedia Komunikasi
Data
n
Protokol Komunikasi
n
Aplikasi Komunikasi
o Dua Sisi Sistem Telekomunikasi
n
Pengirim Informasi (Tansmitter
of Information)
n
Penerima Informasi (Receiver
of Information)
o Fungsi Sistem Telekomunikasi
o Media Telekomunikasi
n
Sinyal Analog
n
Sinyal Digital
o Prosesor Komunikasi (Communication Processor)
n
Modem
n
Multiplexer
n
Front-end Processor
o Channel dan Media Komunikasi
n
Media Kabel (Cable Media)
o
Twisted Pair Wire
o
Kabel
Koaksial
o
Kabel
Fiber optic
o
Radio
Selular
o
Infra
Red
n
Media Penyaringan (Broadcast
Media)
o
Microwave
Transmission
o
Satellite
Transmission
o
Radio
o Karakter Media Komunikasi
n
Kecepatan
Pengiriman
n
Cara
Pengiriman (Transmission Mode)
o
Asynchronous
o
Synchronous
n Ketepatan Pengiriman (Transmission
Accuracy)
n Pengangkut dan Pelayanan
Telekomunikasi (Tellecomunication Carriers and Services)
o Switched and Dedicated Lines
o Wide-Area Telecomunication (WATS)
o Telepon dan Layanan Hubungan
Telepon (Telephone and Dialing Services)
o Layanan Yang Terintegrasi
Jaringan Digital (Integrated Services Digital Network / ISDN)
o Jalur Langganan Digital (Digital
Subscriber Line)
o Jaringan
n Jaringan Area Lokal (Local
Area Network / LAN)
o Wireless Local Area Networks (WLANs)
o Teknologi Bluetooth
o Private Branch Excanges (PBX)
n Wide Area Networks
o Value Added Networks
o Virtual Private Networks (VPNs)
o Sistem Operasi Jaringan
n Perangkat Lunak Manajemen
Jaringan
n Protokol
o Ethernet
o TCP/IP
o Komunikasi diantara Protocol
n Tipe Transmisi Data
o Packet Switching
o Frame Relay
o FDDI
o ATM
o dan lain-lain
o Proses Terdistribusi
n
Terminal
to Host processing
n File Server Processing
n
Server
Architecture and Processing
o
Distributed
Presentation
o
Remote
Presentation
o
Remote
Data Management
o
Distributed
Data Management
n
Pengolahan
Peer-to-peer
o Aplikasi Telekomunikasi
n Pesan Elektronik
n Videoconferencing
n Pertukaran Data Elektronik (Electronic
Data Interchange / EDI)
n Transfer Dana Elektronik (Electronic
Fund Transfer/ EFT)
n Facsimiles
n Telecommuting
n Distance Learning
Internet,
Intranet, Ekstranet
o Pengertian Internet
n
Jaringan komputer
terbesar di dunia, kumpulan jaringan-jaringan
o Evolusi Internet
o Infrastuktur dari Internet
o Penggunaan Internet
n Alamat di Internet
n Akses Internet
o Dial-up
o Landline Broadband
n DSL
n Cable Modem
o Wi-Fi
o Satellite
o Cell Phones
o Layanan yang Disediakan oleh
Internet
:
n
Layanan
Komunikasi
o
e-mail
o USENET Newsgroup(Forums)
o LISTSERV
o Chatting
o Instant Messaging
o Telnet
o Internet Telephony
o Internet Fax
o Streaming Audio dan Video
o Real-time Audio dan Video
n Layanan Perolehan Informasi (Information Retrieval Services)
o File Transfer Protocol (FTP)
n Archie
n Gophers
n Veronica (Very Easy Rodent Oriental
Netwide Index to Computer)
n Wide Area Information Server (WAIS)
o Web Services
o World Wide Web
n Browser
n Offline Browser
n Mesin Pencari (Search Engine)
n Push Technology
n Penyaring Informasi
n Clipping Services
n Personalized Web Service
n Web Authoring
o Tantangan-tantangan Internet
n Teknologi-Teknologi Baru
n Peraturan Internet
n Ekspansi Internet
n Internet Privacy
o Pengertian Intranet
n Private Network
o KeamananIntranet
n Public Key Security
o Encryption
o Digital Certificates
n Firewall
n Assured Pipeline
o Pengertian Ekstranet
o Tipe-tipe dari Ekstranet
n Satu perusahaan
n Ekstranet Industri
n Joint Venture atau Mitra Bisnis
o Portal Informasi Perusahaan (Enterprise
Information Portals)
o Mobile Internet
Sistem Fungsional,
Perusahaan dan Interorganisasi
o Karakteristik Sistem Informasi
Fungsional (Characteristics of Functional Information Systems)
n
terdiri
dari beberapa subsistem
n
sistem
informasi dependen
n
sistem
informasi fungsional berhubungan satu sama lain
n
sistem
informasi fungsional berhubungan dengan lingkungan
o Sistem Informasi Manajemen (SIM)
n
Pengertian
n
Hasil SIM :
o
Routine,
Scheduled Reports
o
Ad-hoc/
Demand Reports
o
Exception
Reports
o Transaction Processing
Information System
n
Proses:
o
Batch
Processing
o
Online
Processing
o Beberapa Modul TPS:
n
Order
Processing
n
The
Ledger (Buku Besar)
n
Accounts
Payable and Receivable
n
Inventory
Management, Receiving and Shipping of Goods
n
Payroll
n
Periodic
Reports and Statements
o Sistem Akuntansi dan Keuangan
n Anggaran dan Perencanaan Keuangan
(Financial Planning and Budgeting)
o Prediksi atau Ramalan Keuangan
dan Ekonomi (Economic dan Financial Forecasting)
o Anggaran (Budgeting)
n Manajemen Investasi (Investment
Management)
n Kontrol terhadap Keuangan (Financial
Controls)
o Budgetary Control
o Auditing
o Analisis Kesehatan Keuangan
o Analisis Keuangan dan Pengawasan
Biaya
o Sistem Penjualan dan Pemasaran (Marketing
and Sales System)
n
Customer
Service
(Layanan Terhadap Pelanggan)
o
Analisis
profil dan kegemaran pelanggan
o
Mass
Cutomization
o
Targeted
Advertising on the Web
o
Customer
Inquiry Systems and Automated Help Desk
n
Telemarketing
o
Advertising
and Reaching Customer
o
Proses
Pemesanan
o
Layanan
tehadap Pelanggan
o
Dukungan
Penjalan
o
Manajemen
Account
o Sistem Manajemen Operasi dan Produksi
n Manajemen Logistik dan Material
n
Perencanaan Produksi/Operasi(Planning
Production / Operations)
n Rancangan Kerja dan Manufaktur yang otomatis (Automated
Design Work and Manufacturing)
o Computer-aided Design (CAD)
o Computer-aided Manufacturing
o Computer-integrated Manufacturing (CIM)
o Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia
n Perekrutan (Recruitment)
n Pemeliharaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
n Perencanaan dan Manajemen Sumber Daya Manusia
o Integrated Information Systems
and Enterprise Resource Planning
n
Menghubungkan
sistem yang ada
n
Menggunakan
perangkat lunak Supply Chain Management
n
Menggunakan
Enterprise Resource Planning (ERP) dan Aplikasi SAP
o Sistem Informasi Global /
Interorganisasi
n
Sistem
Global (Global Systems)
n
Electronic
Data Intechange (EDI)
n
Electronic
Funds Transfer (EFT)
n
Ekstranet
n
Shared
Database
n
Integrated
Messaging
E-Commerce
o Pengertian E-Commerce
n
Pembelian,
penjualan, pertukaran barang atau layanan secara elektronik
o Jenis-Jenis E-Commerce
n
Collaborative
Commerce (C-Commerce)
n
Business-to-Consumers
(B2C)
n
Consumer-to-Business
(C2B)
n
Consumer-to-Business
(C2B)
n
Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
n
Government-to-Citizens
(G2C) and to others
n
Mobile
Commerce (m-Commerce)
o Sejarah dan Ruang Lingkup (Scope)
E-Commerce
o Keuntungan E-Commerce
n Untuk Organisasi
n Untuk Pelanggan
n Untuk Masyarakat
o Batasan dan Kegagalan E-Commerce
n Batasan Teknis
n Batasan Non Teknis
o Aplikasi Business-to-Consumer
n Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall
n Industri Layanan Online
n Lelang (Auctions)
o Forward Auction
n English Auctions
n Yankee Auctions
n Dutch Auctions
o Reverse Auction
o Penelitian Pasar, Periklanan dan
Layanan terhadap Pelanggan
n Konsumen dan Prilakunya
n Penelitian Pasar
n E-Commerce Intelligent Agents
n Pengiklanan Online
o Banners
n Keyword Banners
n Random Banners
o Pengiklanan melalui e-mail
o Permasalahan Periklanan dan
Pendekatan-pendekatan :
n Permission Marketing
n Viral Marketing
n Customizing ads
n Periklanan dan Pemasaran
Interaktif
n Customized Catalog
n Kupon Online
o Layanan terhadap Pelanggan
n Kebutuhan
n Mendapatkan barang
n Ownership
n Retirement
o B2Bdan Aplikasi Kerjasama
Perdagangan
n Sell-Side Marketplace
n
Buy-Side
Marketplace
n Pertukaran Elektronik (Electronic
Exchanges)
o
Vertical
Distributors
o
Vertical
Exchanges
o
Horizontal
Distributors
o
Pertukaran
fungsional (Functional Exchanges)
n Perdagangan Kerjasama
o Retailer-Suppliers
o Vendor-managed Inventory
o Product design
o Collaborative Manufacturing
o Aplikasi Inovatif dari E-Commerce
n E-Government
n
M-Commerce
n Consumer-to-Consumer E-commerce
n
Intrabisnis
dan Business-to-Employees
E-Commerce
o
Business
to its Employess (B2E) Commerce
o E-Commerce Diantara Unit Bisnis dalam suatu
Organisasi
o E-Learning
o Layanan Dukungan E-Commerce
n Infrastruktur E-Commerce
n Pembayaran Elektronik
o Check Elektronik
o
Kartu
Kredit Elektronik
o Pembayaran Tunai Elektronik
o
Smart
Cards
o Pembayaran Person-to-Person (P2P)
o Transfer Dana Secara Elektronik
o Electronic Wallets
o Kartu Pembelian (Purchasing
Card)
o Permasalahan Legal dan Etis pada E-Commerce
:
n
Permasalahan
Etis
o
Privasi
(Privacy)
o
Web
Tracking
o
Disintermediation
n Permasalahan Legal di
E-Commerce
o Perebutan nama domain
o Penentuan biaya pajak
o Copyright
Supply
Chain Mangement dan
Sistem Informasi Terintegrasi
Sistem Informasi Terintegrasi
o Pengertian Supply Chain Management
n
perpindahan barang,
informasi, pembayaran, layanan, dari perusahaan penyedia barang mentah (supplier)
melalui suatu perusahaan, kepada pelanggan
o Komponen Supply Chain Management
n
Plan
n
Source
n
Make
n
Deliver
n
Return
o Jenis-Jenis Supply Chain :
n Integrated make-to-stock
n Continuous Replenishment
n Build-to-order
n Channel Assembly
o Permasalahan Supply Chain dan Solusinya
n Permasalahan
o Ketidakpastian
o Kebutuhan koordinasi
n Solusi
o Dukungan Teknologi Informasi
terhadap Supply Chain dan Integrasi Sistem
n
Dukungan
Teknologi Informasi
o
Material
Requirement Planning
(MRP)
o
Manufacturing
Resource Planning
(MRP II)
n
Integrasi
Sistem
n
Integrasi
Supply Chain dan Value Chain
o Enterprise Resource Planning (ERP)
n
ERP
Generasi Kedua
o Manajemen E-Commerce dan Supply
Chain
n
Aktivitas
EC pada Supply Chain
n
Penyusunan
Ulang Supply Chain
n
Integrasi
EC dan ERP
o Order Fulfillment pada E-Commerce
n
Pengertian
Order Fulfillment
n
Solusi
yang Inovatif Terhadap Permasalahan Order Fulfillment
Data, Pengetahuan (Knowledge) dan Penunjang Keputusan
o Pengambilan Keputusan di Level Manajemen
o Manajemen dan Transformasi Data
n Proses Transformasi Data
n Kumpulan dan Sumber Data (Data Sources and Collection)
n Kualitas Data
n Sistem Manajemen Dokumen Elektronik (Electronic
Document Management System / DMS)
Business Intelligence
o
Sistem Penunjang
Keputusan (Decision Support System / DSS)
n
Proses Pengambilan
Keputusan (Decision Making Process)
n
Pemodelan dalam
Pengambilan Keputusan (Modeling in Decision Making)
n
Framework Penunjang
Keputusan Terkomputerisasi ( Framework for Computerized Decision Support)
n
Karakteristik dan
Kemampuan Sistem Penunjang Keputusan
n
Komponen Sistem
Penunjang Keputusan (Component of DSS)
n
Sistem Penunjang
Keputusan (DSS) dan Web
o Enterprise Decision Support
n
Executive
Information and Decision Support
n
Group
Decision Support System
(GDSS)
o Data and Information Analysis and
Mining
n
Analytical
Processing
n
Data
Mining
o
Karakteristik
Data Mining
o
Tools
Data Mining
n
Ethical
and Legal Issues
o
Ethical
Issues
o
Legal
Issues
o Teknologi Visualisasi Data
n
Visualisasi
Data
n
Visual
Interactive Decision Making
n
Geographical
Information System
(GIS)
o Knowledge Management (KM)
n
Pengertian
Knowledge Management
n
Aktivitas
Knowledge Management dan Dukungan Teknologi Informasi
Intelligent Systems
o Artificial
Intelligence (AI)
n Perbandingan
Artificial Intelligence dengan Natural Intelligence
n Sistem
Artificial Intelligence
o Expert
Systems
n Kelebihan dan Keterbatasan Expert Systems
n Proses
dari Expert System
Komponen Expert System
o Intelligent
System Lainnya
n Natural
Language Processing and Voice Technology
n Neural
Computing
n Case-Based
Reasoning
n Fuzzy
Logic
o Intelligent
Agents
o Virtual
Reality
o Permasalahan
Etika dan Global
n Permasalahan
Etika
Permasalahan
Legal (Legal Issues)
Strategic
Systems and Reorganization
o Strategic Information System
n
Competitive Intelligence
o Porter’s Competitive Forces Model
n
Penggunaan Forces Model
n
Peranan Teknologi Informasi pada Competitive Forces
o Business Process Reengineering (BPR)
n Prinsip-Prinsip
BPR
Pembangunan
Sistem Informasi (Information System
development)
o Perencanaan Sistem Informasi (Information Systems
Planning)
n
Perencanaan Strategis Sistem Informasi
n
Perencanaan Operasional Sistem Informasi (The IS
Operational Plan)
o The Traditional Systems Development Life Cycle (SDLC)
n
System Investigation
n
Analisis Sistem (System Analysis)
n
Perancangan Sistem (Systems Design)
n
Programming
n
Testing
n
Implementation
n
Operation dan Maintenance
o Metode Lain untuk Pengembangan Sistem
n
Prototyping
n
Joint Application Design (JAD)
n
Rapid Application Development (RAD)
n
Integrated Computer-Assisted
Software Engineering (ICASE) Tools
n
Object-Oriented Development
o
Object-Oriented Analysis and
Design (OOA&D)
o Pengembangan Sistem di Luar Departemen Sistem Informasi
n
End-User Development
n
External Acquisition of Software
n
Application Service Providers (ASP)
n
Outsourcing
o Membangun Aplikasi Internet dan Intranet
n
Strategi Pengembangan Intranet
dan Internet
n
Java
Hak
Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
o Pengertian HAKI
n
hak yang lahir dari
kemampuan intelektual atau daya kreasi pikiran manusia dan dapat berupa ciptaan
atau temuan maupun penyempurnaan atau perbaikan terhadap permasalahan di
berbagai bidang.
o Sejarah HAKI
o Landasan Hukum HAKI
o Manfaat HAKI
10
Manfaat Bluetooth
1.
Wireless
Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, ada banyak manfaat
dan keuntungan menggunakan perangkat nirkabel. Bersama meningkatkan keselamatan sebagai hasil dari menghilangkan kawat
Anda tidak perlu, nirkabel juga menawarkan banyak keuntungan lain. Bila bepergian dengan laptop atau perangkat nirkabel lainnya, Anda tidak lagi harus khawatir mengenai membawa sambungan kabel.
Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, ada banyak manfaat
dan keuntungan menggunakan perangkat nirkabel. Bersama meningkatkan keselamatan sebagai hasil dari menghilangkan kawat
Anda tidak perlu, nirkabel juga menawarkan banyak keuntungan lain. Bila bepergian dengan laptop atau perangkat nirkabel lainnya, Anda tidak lagi harus khawatir mengenai membawa sambungan kabel.
2.
Bluetooth sebenarnya tidak mahal
Teknologi Bluetooth murah untuk perusahaan untuk melaksanakan, yang menghasilkan biaya yang lebih rendah untuk perusahaan. Tabungan ini kemudian berlalu dari perusahaan kepada Anda.
Teknologi Bluetooth murah untuk perusahaan untuk melaksanakan, yang menghasilkan biaya yang lebih rendah untuk perusahaan. Tabungan ini kemudian berlalu dari perusahaan kepada Anda.
3.
Bluetooth otomatis
Bluetooth tidak memiliki Anda membuat sambungan atau menekan tombol apa pun. Ketika dua atau lebih perangkat masukkan
kisaran hingga 30 meter dari satu sama lain, mereka akan secara otomatis mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan apa.
Bluetooth tidak memiliki Anda membuat sambungan atau menekan tombol apa pun. Ketika dua atau lebih perangkat masukkan
kisaran hingga 30 meter dari satu sama lain, mereka akan secara otomatis mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan apa.
4.
Standar protokol
Nirkabel Bluetooth adalah standar, yang berarti bahwa tingkat tinggi di kalangan kompatibilitas perangkat dijamin. Bluetooth akan menghubungkan perangkat satu sama lain, bahkan jika mereka tidak model yang sama.
Nirkabel Bluetooth adalah standar, yang berarti bahwa tingkat tinggi di kalangan kompatibilitas perangkat dijamin. Bluetooth akan menghubungkan perangkat satu sama lain, bahkan jika mereka tidak model yang sama.
5.
Gangguan rendah
Perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari perangkat nirkabel lainnya. Bluetooth menggunakan teknik yang dikenal sebagai frequency hopping, dan juga daya rendah sinyal nirkabel.
Perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari perangkat nirkabel lainnya. Bluetooth menggunakan teknik yang dikenal sebagai frequency hopping, dan juga daya rendah sinyal nirkabel.
6.
Konsumsi energi rendah
Sebagai hasil dari Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah, teknologi memerlukan sangat sedikit energi dan akan baterai atau menggunakan lebih sedikit daya listrik sebagai akibat. Ini adalah manfaat yang sangat baik untuk perangkat selular, sebagai Bluetooth tidak akan menguras baterai.
Sebagai hasil dari Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah, teknologi memerlukan sangat sedikit energi dan akan baterai atau menggunakan lebih sedikit daya listrik sebagai akibat. Ini adalah manfaat yang sangat baik untuk perangkat selular, sebagai Bluetooth tidak akan menguras baterai.
7.
Berbagi suara dan data
Standar akan memungkinkan untuk Bluetooth kompatibel perangkat untuk berbagi data dan komunikasi suara. Ini bagus untuk ponsel dan headset, sebagai Bluetooth menyederhanakan mengemudi dan berbicara pada ponsel.
Standar akan memungkinkan untuk Bluetooth kompatibel perangkat untuk berbagi data dan komunikasi suara. Ini bagus untuk ponsel dan headset, sebagai Bluetooth menyederhanakan mengemudi dan berbicara pada ponsel.
8.
Instant PAN (Personal Area Network)
Anda dapat menghubungkan sampai tujuh perangkat Bluetooth untuk
satu sama lain dalam jarak hingga 30 meter, membentuk sebuah piconet atau PAN. Untuk satu kamar, Anda dapat juga membuat beberapa piconets.
Anda dapat menghubungkan sampai tujuh perangkat Bluetooth untuk
satu sama lain dalam jarak hingga 30 meter, membentuk sebuah piconet atau PAN. Untuk satu kamar, Anda dapat juga membuat beberapa piconets.
9.
Upgradeable
Upgradeable adalah standar untuk Bluetooth. Ada versi lebih baru dari Bluetooth dalam karya-karya, yang menawarkan banyak keuntungan dan belakang baru kompatibel dengan versi lama.
Upgradeable adalah standar untuk Bluetooth. Ada versi lebih baru dari Bluetooth dalam karya-karya, yang menawarkan banyak keuntungan dan belakang baru kompatibel dengan versi lama.
10.
Teknologi tetap
Teknologi Bluetooth adalah dunia luas, universal standar nirkabel. Dengan itu menjadi sepopuler itu, Anda dapat mengandalkan itu berada di dekat selama bertahun-tahun datang. Karena semakin banyak perangkat mulai menggunakan
Teknologi Bluetooth adalah dunia luas, universal standar nirkabel. Dengan itu menjadi sepopuler itu, Anda dapat mengandalkan itu berada di dekat selama bertahun-tahun datang. Karena semakin banyak perangkat mulai menggunakan
Teknologi
Bluetooth, akan lebih banyak produsen bersemangat untuk membuat produk mereka
kompatibel. Sebuah rantai reaksi akan terjadi, membuat standar Bluetooth
untuk nirkabel terdepan.
untuk nirkabel terdepan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar