Pages

Mei 27, 2014

Resensi Buku Garis Besar Sejaarh Amerika


Nama              : Eka Ariska Putri
NIM                : 120210302005
Kelas               : B
Tugas              : Resensi Buku Garis Besar Sejaarh Amerika

Dalam buku Garis Besar Sejarah Amerika ini dipaparkan mengenai perjalann sejarah dari Benua Amerika mulai dari zaman kolonial sampai pada kemerdekaan negara-negara di benua Amerika dan Amerika di mata dunia. Dalam pokok bahasan Zaman Kolonial dijelaskan secara terperinci bagaimana awal dari terbentuknya koloni-koloni di benua Amerika yang menetap di benua itu dengan berbagai latar belakangnya yang akhirnya nanti membentuk masyarakat amerika. Pada pokok bahasan Perang Kemerdekaan dijelaskan bagaimana koloni-koloni yang ada di benua Amerika tadi berjuang untuk mencapai suatu negara yang merdeka dalam artian bebas dari pengaruh negara induk seperti Inggris, terjadi beragam peristiwa pada masa ini yang akhirnya pada 4 Juli 1776 ketiga belas koloni memproklamirkan kemerdekaan amerika. Pembentukan Pemerintahan Nasional, dalam bahasan ini dijelaskan bagaimana perjalanan Amerika setelah memprolamirkan kemerdekannya yang kemudian dibentuk pemerintahan nasional. Perluasan Ke Barat dan Perbedaan Regional, di bahasan ini dijelaskan mengenai bagaimana masyarakat di Amerika melakukan perluasan wilayah yang akhirnya memperkuat ekonomi, politik, memperkasar tatakrama, mematahkan kekolotan dan mengalang swadaya. Bentrokan Antar Wilayah,  dikarenakan kepentingan yang saling bertentangna antara utara dan selatan menjadi semakin nampak. Sejak tahun 1830 garis perbedaan antara daerah semakin nampak utamanya dlam sektor  perbudakan. Yang setelah tahun 1830 mulai muncul produksi kapas di daerah selatan bawah yang secara otomatis menumbuh suburkan perbudakan di daerah tersebut. dilain pihak orang utara berpendapat bahwa perbudakan tidak mempunyai hak hidup disuatu tempat pun. Pertikaian di Luar Negeri, dan Perubahan Sosila di Dalam Negeri, dalam bahasan ini memmaarkan bagaimana Amerika bergabung dalam perang dunia yang kemudian olelh presiden Amerika saat itu yaitu Willson mencanangkan pasal yang sangat terkenal yaitu 14 Pasal Wilson yang menjadi dasar terbentuknya LBB. Zaman Perluasan dan Reformasi, pada bahasan ini dijelaskan bagaimana peranan ilmu pengetahuan dalam tak kurang penting dari pada peranan mesin. Dimana pada tahun 1862 undang-undang kolose negara bagian Morrill memberikan tanah umum kepada  setiap negara bagian untuk memberikan kolose pertanian dan industri. Amerika di Dunia, Suatu hal yang menandai abad ini adalah penelitian ilmiahnyaa, salah satunya seperti masalah nasional yang penting yaitu mengenai zat aton pada tahun 1946.

Zaman Kolonial
Pada awal tahun 1600-an terjadi gelombang perpindahan besar dari Eropa ke Amerika Utara, mereka membuat peradaban baru di tempat tersebut yang awalnya adalah sebuah darah liar. Salah satu pendatang di benua Amerika adlah Inggris yang menyebrangi samudra atlantik lama sesudash koloni Spayol yang makmur berdiri di Meksiko,Hindia Baratdan Amerika Selatan. Sedangkan untuk pusat pemukiman Inggris adalah sebuah pos perdagangan yang didirikan oleh Jamestown tahun 1607 dalam Domini Lama Virginia.
Koloni yang ada di Benua Amerika ini membangun pusat pemukimannya rapat di sepanjang pantai. Masing-masing koloni merupakan satuan terpisah dengan sifatnya masing-masing. Koloni di Virginia dan Massachhusetts didirikan oleh perusahaan yang dikontarak, dengan dana yang disediakan oleh para investor untuk melengkapi mrngangkut dan membiayaikoloni. Pusat prmikiman lainnya seperti New Hampshire, Maine, Mary Land, Carolina, New Jersey, dan Pennsylvania awalnya adalah milik kaum hartawan atau bangsawan Inggris yang selaku tuan tanah memberikan uang kepada para perkerja yang bermukin diatas tanah yang ditunjuk oleh raja. Ketiga belas yang nantinya menjadi Amerika Serikat adalah New Hampshire, Massachhusetts, Rhode Island, Connecticut, New York, New Jersey, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Virginia, North Carolina, Sout Carolina dan Georgia. Yang maisng-masing koliniini mencerminkan asal-usul yang beragam.
Para imigran Eropa ini meninggalkan negaranya karena dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperoleh kesempatan ekonomi yang lebih luas yaitu adanya hasrat kebebasan agama, tekad untuk melepaskan diri dari penindasan politik. Selama pergolakan agama pada abad 16-17 kaum puritan dari Inggris ingin merombakk gereja resmi ingris dari dalam. Mereka menuntut protes yang lebih menyeluruh terhadap gereja nasional, dan menganjurkan bentuk kepercayaan dan ibadah yang lebih sederhana. Selain itu Willian Pen yang mendirikan koloni Pennsylvania dengan latar belakang nasib mereka di inggris sama halnya dengan Cecil Cervert yang mendirikan Maryland. Kebanyakan dari para pemukin yang datang ke Amerika pada abad ke-17 adalah raang Inggris, Belanda, Swedia dan Jerman, Prancis, Italia, Spanyol dan Portugis namun yang mendominasi adalah pemukim daari Inggris.
Pada umumnya para koloni yang bukan orang Inggris menyesuaikan diri dengan kebudayaan kaum pemukiman yang terdahulu. Hasilnya adalah suatu kebudayaan yang khas dari Inggris dan Eropa dataran yang telah dibentuk kembali dalam lingkungan dunia baru.
Orang Belanda memiki New Nederland yang kemudian diganti dengan New York selama 40 tahun. Mereka memberikan kepada New York gaya hidup yang berbeda, diwilayah ini hari besar ditandai degan berpesta dan beriang genbira. Dan kunjungan ketetanggaan pada tahun  baru dan merayakan kunjungan sinterklas pada masa nata. Hal ini bertahan hinga bertahun-tahun lamanya.
Pada tahun 1612, ditemukan cara mengelola tembakau Virginia sesuai dengan selera Eropa. Pengiriman pertamanya ke London pada tahu 1614 hal in menjadi sumber pendapatan utama di Virginia. Pada ahir abad ke17 dan awal abad 18 di Maryland dan Virginia memilliki sifat yang bertahan sampai masa perang saudara. Dikedua wilayah ini tidak ditemukan perkebunan karena mereka langsung melakukan perdagangan dengan London. Yang menjadi pusat perdagangan adalah Carolina dan Charleston sebagai pelabuhan utamanya.
Dasar-dasar pendidikan serta kebudayaan Amerika yang dibentuk selama masa kolonial seperti Harvar Colege yang didirikan tahun 1656 di Massachusetts, College of Willam and Mary didirikan di Virginia, Collegiate School of Conecticut. Tumbuhnya sistem persekolahan atas kekuasaan pemerintah yaitu melalui penyelenggaraan wajib belajar bagi pendidikan dasar. Pendidikan di selatan sangat berbeda, karena perkebunan yang salaing berjauhan maka didaerah ini tidak ditemukan sekolah pusat seperti di daerah utara, sehingga membuat beberapa pemilik perkebunan mengundang guru dan ada yang menyekolahkan anak mereka ke sekolah di Inggris. Lain halnya dengan wilayah tengah yang kurang memperhatikan masalah penidikan karena kemajuan materil. Salah satu  koloni yang paling giat dalam hal pendidikan adalah Pannsylvania, sekolah pertama yang didirikan pada tahun 1683 yang mengajarkan mengenai membaca, menulis dan tata buku. Dilanjutkan oleh kesusastraan yaitu Friends Public School.
Diatas kapal Mayflower diciptakan suatu pedoman pemrintahan yang dinamakan Mayflower Compct yang akhirnya melaksanakan, mengisi dan menyusun yurisprudensi serta peraturan, undang-undang serta konstitusi yang adil dan merata. Para koloni ini menentang dengan gigih dan pasca revolusi 1688 di Inggris berakibat pada digulingkannya James II dan mereka dapat mengusi gubernur kerajaan itu.



Perang Kemerdekaan
Adanya aturan pemerintah Inggris yang mengharuskan rakyat kolonis membeli teh dari pemerintah Inggris dengan harga tinggi. Aturan itu menurut kaum kolonis, bertentangan dengan kebebasan ekonomi yang mereka anut. Reaksi keras dipimpin Samuel Adams terhadap aturan pemerintah Inggris tersebut terjadi di pelabuhan Boston, kaum kolonis menyamar sebagai pekerja Indian untuk membongakar peti-peti yang berisi teh. Akan tetapi para pekerja itu membuang teh kelaut bagaikan sebuah pesta. Peristiwa itu dikenal sebagai "The Boston Tea Party" atau peristiwa Boston 1773.
Peristiwa The Boston Tea Party, membuat pemerintah Inggris marah, kemudian menuntut ganti rugi yang besar dan melontarkan ancaman yang keras. Pihak kolonis tidak memperhatikan tuntutan dan ancaman Inggris tersebut. Ketegangan terjadi antara kedua belah pihak. pihak Inggris mendatangkan tentaranya dengan maksud mengamankan koloninya di Amerika. Sementara pihak koloni mempersiapkan diri dengan menggerakkan kaum pria. Mereka dikumpulkan untuk membela hak-hak asasi mereka sebagai orang yang merdeka.
Karena  perlakukan tidak adil oleh Inggris, maka masyarakat amerika bersatu membuat sebuah kongres. Dari ketiga belas koloni, ada empat tokoh yang sangat gigih mempersatukan kaum koloni untuk merdeka. Mereka adalah Thomas Jefferson, John Adams, James Wilson, dan Alexander Hamilton. Berkat mereka Kongres I berhasil diadakan di kota Philadelpia tahun 1775. Dalam kongres itu dinyatakan kesepakatan kemerdekaan. Kemudian Kongres II tanggal 2 Juli 1776, secara tegas mengambil sikap tidak akan mengakui kuasa Parlemen Inggris di Amerika dalam bentuk apapun. Setelah berjalan beberapa bulan kesulitan untuk melncarkan perang menjadi bagian dari Imperium inggris yang semakin nyata, dan pada tanggal 23 Agustus 1975 raja Georoge mengeluarkan maklumat yang menyatakan bahwa koloni-koloni sedang melancarkan pemberontakan. Lima bulan kemudian disusul dengan penyebaran pamflet olelh Thomas Paine dengan judull  Common Sense. Akhirnya pada tanggal 10 Mei 1976 sebuah resolusi untuk memotoong tali belengggu dikeluarkan disusul dengan Richard Handry Lee yang mengeluarkan sebuah resolusi yang menyatakan persetujuan atas kemerdekaan, persekutuan dengan luar negeri dan perserikatan Amerika. Dilanjutkan dengan pembentukan komite yang beranggotakan lima orang oleh Thomas Jeferson untuk mempersiapkan sebuah deklarasi resmi.
Selanjutnya pada tanggal 4 Juli 1776, kaum kolonis memproklamasikan kemerdekaan. Ini berarti 13 koloni Amerika lepas dari kekuasaan Inggris. Pernyataan kemerdekaan itu diwujudkan dalam sebuah Declaration of Independence. Rumusan isi naskah proklamasi kemerdekaan tersebut disusun oleh Thomas Jefferson. Naskah deklarasi kemerdekaan ditandatangani oleh 56 orang wakil dari 13 koloni. Tanda tangan pertama dari John Hancock. Saat itu menjabat sebagai ketua Kongres.
Kemudian pada bagian akhir deklarasi, mereka dinyatakan pertama kalinya secara resmi nama negara yang disebut United States of America (USA). Penamaan negara itu pun sebagai hasil dari pemikiran Thomas Jefferson. Sebagian isi dari Declaration of Independence yang berkaitan dengan hak-hak asasi manusia tidak hanya berlaku di Amerika Serikat tetapi juga berpengaruh bagi negara lain di luar Amerika Serikat.

Pembentukan Pemerintahan Nasional
Tanggal 10 Mei 1776, kongres mengeluarkan sebuah resolusi yang meyarankan kepada koloni-koloni untuk membentuk pemerintahan baru yang akan membawakan kebahagiaan dan keamanan bagi para warganya. Dalam waktu setahu setelah deklarasi kemerdekaan semua negara bagian kecuali tiga telah menyusun kostitusi masing-masing. Tujuannya adalah utuk menjamin hak-hak yang tak tercabutkan yang pelanggarannya telah menyebabkan koloni-koloni memutuskan hubungan mereka dengan Inggris. Dengan demikian setiap kostitusi dimulai dengan undang-undang hak asasi. Seperti halnya kostitusi Virginia yang menjadi model meliputi deklarasi pedoman, kedaulatan umum, pengaliran jabatan, kebebasan pemilihan dan penjabaran kebebasan hak asasi.
Setelah berakhirnya revousi masalah yang harus dihadapai adalah imperium, sebelum perang bebrapa koloni telah mengkalaim beberapa tanah di seberang Applachia hal ini dianggap kurang adil dalam pembagiannya. Maka Maryland mengajukan resolusi bahwa tanah barat harus dianggap milik bersama yang kemudian dibagi oleh kongres untuk menjadi wilayah pemerintahan yang bebas dan merdeka. Pasal-pasal konfederasi tentang suatu sistem pemerintahan sendiri yang terbatas menentukan organisai wilayah berdaulat yang semula merupakan distrik tunggal dan sekarang diperintah oleh seoramg gubernur. Dari wilaah ini apa bila wilayah mempunyai 60.000 warga bebas akan dimasukakn kedalam Uni. Namun sebuahh kelemahan mencolok terlihat yaitu kegagalan menciptakan suatu pemerintahan  yang benar-benar bersifat nasionalbagi ketigabelas negara bagian taadi.
Alexander Hamilton mendesak agar semua negara bagian mengangkat wakil-wakil Ameriak Serikat dan menyusun ketentuan untuk menbuat Konstitusi Pemerintahan Federal. Mei 1787 George Washington dipilih sebagai ketua. Sebenarnya konferensi ini hany adiberi wewenang untuk merumuskan amandemen terhadap pasal konfederasi tapi kemudian mereka membangun sebuah bentuk pemerintahan yang baru.
Pada abad 18 para negarawan bertemu di Philadelpia hal ini menimbulkan keyakinan bahwa harus didirikan tiga cabang pemerintahahan yang sederajat yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Para wakil negara kecil seperti Jersey berkeberatan akakn hal ini yang dirasa akan memperkecil pengaruh mereka dalam pemerintah nasional. Dilain pihak para wakil negara bagian yang besar seperti Virginia memperjuangkan perwakilan yang seimbang. Yang akhirnya muncul utusan dari Conecticut yang meleburkan pertentangan ini. Konverebsi ini akhirnya menghsilkan rumusan yang mencakup organisasi pemerintahan paling rumit yang pernah disusun oleh pemerintah agung. Dalam membagikan kekuasaan konverensi memberikan kekuasaan penuh pada pemerintah vederal. Pemerintah nasional juga diberikan kekuasaan untuk membentuk dan memelihara tentara, angkatan laut dan mengatur perdagangan antar negara bagian.
Prinsip pemerintahan kekuasaan yang telah diuji ini akhirnya membuat konverensi mendirikan sistem pemerntahan dengan cabang legislatif, esekutif dan yudikatif. Guna melindungi kostitusi dari perubahan yang tergesa-gesa, pasal V menentukan amandemen terhadap konstitusi harus dianjurkan oleh dua pertiga suara dalam kedua bagian kongres. Hukum Amerika dapat diperlakukan didalam pengadilan nasionalnya sendiri lewat para hakim serta polisinya sendiri maupun dalam negara bagian lewat hakim serta petugas hukum negara bagian.
George Washington dipilih sebagai presiden pada 30 April 1789. Masala ekonomi akibat peperangan menjadi penyelesaian utamanya. Daerah seperti New Yourk, Pennlyvania dan Virginia langsung menjadi ladang gandum. Massachuessts dan Rhode Island menjadi daerah industri tekstil, New York, New Jersey dan Pennlyvania menjadi daerah penghasil kertas gelasl dan besi. Kaum federalis menghendaki sebuah pemerintahan pusat yang kuat dan pengukuhan kepentingan dunia usaha dan perdagangan. Kaun antifederalis memperjuangkan hak-hak negarabagian dan kepentingan pertanian.
Washington mengangkat Thomas Jeferson Menteri luarnegeri dan mengangkat Alexander Hamilton sebagai Menteri Keuangan. Bersamaan dengan itu kongres mendirikan lembaga yudikatif federal. Terbentuklah kabinet amerika yang terdiri dari para kepala departemen yang akan dibentu oleh kongres. Hemilton dan Jeferson in saling bertentangan. Hemilton cenderung pada Uni yang lebih ketat serta pemerintahan yang lebih kuat sedangkan Jeferson condong pada demokrasi yang lebih luas dan lebih bebas. Tujuan besar dari Hemilton adalah organisasi yang lebih efisien sedangkan tujuan dari Jeferson adalah kemerdekaan perseorangan yang lebih luas berdasarkan pendapat nahwa setiap manusia di dunia memiliki hak untuk memerintah sendiri.
Dilain pihak Washington mengumumkan sikap netral terhadap Genet dan diperlakukan dengan sikap yang resmi dan dingin. Hal ini mengakibatkan rengangnya hubngan Amerika dengan Prancis. Washington mengutus John Jay yang berhasill merundingkan sebuah perjanjian benteng-benteng dibarat dan beberap akonsesi perdagangan yang kecil.
Perjanjian ini menimbulkan kekecewaan umum, pemerintah telh teratur, kredit nasional telah diterapkan, namun menjelang ahir pemerintahan Washington terlihat begitu banyak kemajuan seperti pedagangan laut dipulihkan wilayah barat dikokohkandan perdamain dipelihara. Washington mengundurkan diri pada 1797 dan digantikan oleh John Adam. Jeferson dalam 1800 berhasil berhasil mengumpulkan kekuasaan yang besar. Sementara satu demi satu negara bagian menghapuskan persyaratan kekkayaan untuk pemungutan suara. Semntara Napoleon memaksa pemerintah Spanyol untuk meyerahan kembali sebidang tanah kepada Prancis.maka pada tahun 1803 Amerika Serikat memperoelh lebih dari 2.600.000 kilometer persgi tanah berikut pelabuhan Orelons.
Tahun 1805 Jeferson memaklumkan  sikap netral Amerika dalam melawan Prancis dan Inggrisyang memasang blokade dan memberikan pukulan keras terhadap perdgangan Amerika. Akhirnya Jeferson membujuk kongres untuk mengeluarkan undang-undang embargo yang melarang perdagangan internasional, akibatnya kepentingan perkapalan nyaris hancur dan kekecewaan timbu di New England serta di New York dalam satu tahun eksport amerika merosot. Tahun 1810 Napoleon membatasi pemutusan hubungannya dengan Inggris. Tahun 1809 James Madison menggantikan Jeferson yang mengaibatkan hubungan dengan Inggris menjadi memburuk. Didepan kongres presiden memaparkan suatu laporan terperinci yang memperlihatkan 6-057 kejadian dimana Inggris menculik warga Amerika. Disamping itu serangan yang dilakkukan oleh kaum indian menurut mereka adalah hasutan dari Inggris di Kanada yang ahiirnya pada 1812 Amerika Serikat mengumumkan perang dengan Inggris.
Permusuhan dimulai dengan penyerbuan ke Kanada namun semua gerakan tersebut gagaldan berakhir dengan didudukinya Detroit oleh Inggris. Dilain pihak angkatan laut memperolah kemenagan dan kembali meyakinkan Amerika. Tahun 1813 gerakan eterpusat di danau Erie di New York. Jendral Willain Hendry memimpin pasukan laskar milisi, suarelawan, tentara reguler dari Kentuck yang akhirnta dapat menduduki Detroit dan dapat mengalahan orang –orang Inggris. Peperangan berakhir dengan diselenggarakannya perjanjian Ghent yang menentukan dihentikannya permusuhan dikemvalikannya daerah-daerah yang terebut dan dibentuknya komisi yang menyelesaikan persengketaan perbatasan.

Perluasan Ke Barat dan Perbedaan Regional
Yang terkemuka antara penulisan mashab Ameriak adalah Washington Lrving dan James Vanimen Cooper. Karya Lrving yang jenaka History of New York by Diedrich Knickerbocker yang diterbitkan pada 1809 yang berlatarkan lembah sungai Hudson di New York dan mengungangkan Amerika sebagai tanah dongeng dan romansa. Demikian pula Cooper ang menerbitkan The Spy sebuah kisah revolusi yang mendapat popularitas menyusul The Pioners sebuah lukisan prosa yang mengambarkan kehidupan sederhana di depan Amerika. Tahun 1815 terbit The North American Riview dibawah pimpinan Jared Sparks.
Daerah depan merupakan suatu wilayah dengan kekuasaan yang lebih penting adalah kondisi sepanjang pesisisr Atlantik yang mendorong perpindahan kedaerah baru. Deri New England yang tidak menghasilkan gandum sehingga berpindah ke daerah pedalaman. Pusat pemukiman dibelalkang Carolina dan Virginiapun berpindah ke Barat. Perpindahan ini mempengaruhi keadaan Amerika yang akhirnya memperkuat ekonomi, politik, memperkasar tatakrama, mematahkan kekolotan dan mengalang swadaya. Menjelang tahun 1800 lembah Misissipi dan Ohio menjadi daerah depan yang luas. Perpindahan pada abad 19 ini mengakibatkan pembagian wiayah lama dan membentuk pembatasan yang baru. Dalam waktu eman tahun didirikan enam negara bagian yaitu Indiana tahun 1816, Missisipi 1817, Illinois 1818, Alabama 1819, Maine 1820 dan Misouri 1821.
Didaerah abru itu banyak terjadi percampuran darah yaitu Skotlandia-Irlandia, Jerman Pennsylvania, New England dan lain-lain. Didaerah barat ini orang dihargai bukan karena latar belakang keluarga maupun kekayaannya melainkan atas kemampuan mereka sendiri.bangkitnya usaha penanaman kapas di selatan yang digalakan oleh pengenalan jenis kapas baru dan penemuan Ely Withney yaitu semacam obat kapas guna menyaring kapas dari bijinya. Dan adanya pembukaan tanah baru pada tahun 1812. Penanaman ka[pas ini secara cepat menyebar ke negara bagian muara melalui dataran rendah sampai ke sungai Misisipi dan akhirnya sampai ke Texas. Penanaman tebu juga berkembang dan meluas serta penanaman tembakau yang juga berkembangg. Semua hal ini meyebabkan semakin menjamurnya perbudakan di Amerika.
Ketika orang utara bersatu guna menentang permasukan Misouri sebuah kompromi dicapai dengan pimpinan Hendry Clay Misoury dimasukan sebagai negara bagian perbudakan. Kongres juga mendekritkan agar perbudakan harus selamanya dilarang diwilyah yang diperoleh berdsarkan pemlbelian Louisiana di utara perbatasan Misouri.
Pada tahun 1817 James Monroe mengantikan Madosin sebagai presiden. Peristiwa yang menonjol selama pemerintahannya adalah diumumkannya apa yang dinamakan Dekrit Monroe. Unsur dari dekrit ini semuanya merupkan unsur Amerika yang sudah dikenal. Dan prinsip penentuan nasib sendiri telah ditentukan oleh rakyat Amerika serikat bagi penduduk koloni Amerika-Spanyol yang saat itu sedang memperjuangkan kemerdekaannya.
Sebelum tahun 1821 Argentina dan Cili memperoleh kemerdekaan mereka, 1822 dibawah pimpinan Jose de San Martin dan Simon Bolivar negara Amerika selatan juga mendapatkan kebebasannya. Pada 1822 presiden Monroe mimiliki kekuasaan untk mengaui negara-negara baru itu antara lain Kolumbia, Cili, Mexico dan Brozil. Sejumlah kekuasaan inti Eropa membentuk Persekutuan Suci yang melindungi diri sendiri terhadap revolusi.
Tanggal 2 Desember 1823, di hadapan kongres Monroe mengucapkan amanat tahunannya dimana beberapa bagian merupapkan Dokrin Monroe.yang menegaskan kebijakan politik Amerika perhatian politik dipusatkan pada kampanye pemilihan presiden. Yang berakhir denga n dipilihnya John Quincy Adams sebagai presiden Ameriak. Masa pemerontahannya terbentuk pengelompokan baru. Adam bukanlah seorang presiden yang populer tidak seperti penggantinya yaitu Jacson yang sangat populer terutama dikalangan pengikutnya yaitu partai demokrat.
Para penduduk hutan yang penuh swadaya membentuk daerah persemakmuran disebelah barat pegunungan Alleghenies telah mencantumkan dalam konstitusi gagasan demokratis dari daerah depapn semenjak perang tahun 1812 daerah barat memegang kekseimbangan kekuatan dalam Uni.
Menjelang akhir masa jabatannya, Jacson terpaksa berhadapan dengan South California mengenai masalah persoaln tarif protektif. Namun ketika kongres mengsahkan undang-unang tarif yang baru Thun 1832 Jacson kemudian menandatanganinya. Hal ini membuat South California membentuk Partai Hak Negarabagian yang juga mengancam untk memisahkan diri bila kongres mengeluarkan undang-undang untuk mengunakan kekerasan terhadapnya. Maka dari itu Nvenber 1832 Jacson mengirin 7 kapal angkatan laut dan kapal perang Charleston. Maka dinyatakan oleh presiden bahwa wilayah tersebut dalam pemberontakan dan penghianatan.
Permulaan organisasi buruh menyertai gerakan politik liberal. Kegigihan kaum buruh untuk reformasi yang berperikemausiaan merupakan unsur mutlak dalam semua gerakan progresif dan perjuangan untuk demokrasi dalam bidang pendidikan.
Pertumbuhan negara ini dari tahun 1812 sampai 1852 dapat diilihat daari kenaikan jumlah penduduk dari 7.250.000 sampai lebih dari 23.000.000 jiwa. Selama masa initanah yang tersedia untuk didiami meningkat sampai 7.800.000 kilometer persegi. Ketahanan negara dan gelora ekonomi telah terjamin. Namun masih belum juga terpecahkan masalah sengketa yang berakar dari persengketaan kedaerahan yang pada periode birikutnya akan mengobarka perang saudara.

Bentrokan Antar Wilayah
Kepentingan yang saling bertentangna antara utara dan selatan menjadi semakin nampak. Sejak tahun 1830 garis perbedaan antara daerah semakin mengeras di sekitar persoalan perbudakan. Di utra perasaan abolosianis makin kuat diperkokoholeh gerakan tanah bebas yang dengan gigih menentang perluasan perbudakan ke daerah-daerah yang belum dijadikan negar abagian bagi kaum selatah di tahun 1850 perbudakan bukanlah suatu keadaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Lembanga perbudakan menyediakan tenaga kerja selama sembilan bulan tiap tahun dan memungkinkan pengunaan tenaga wanita maupun kanak-kanak. Perbudakan justru dianggap menguntungkan bagi kaum negro. Setelah tahun 1830 dengan dimulainya produksi kapas secar abesar-besaran di daerah selatan bawah. Bersamaan dengan itu meningatnya perbudakan dan dalam politik nasional yang diperjuangkan oleh kaun selatan adalah perlindungan serta penguasaan dari kepentingan yang ada pada sistem perkapasan.
Tanggal 1 Januari 1831, Garrison menerbitkan nomor pertama dari korannya yaitu The Liberator. Hal ini menyadarkan kaum utara tentang kejahatan dalam suatu lembaga. Pendirian selatan adalah behwa perbudakan mempunyai hak hidup di semua daerah. Orang utara berpendapat bahwa perbudakan tidak mempunyai hak hidup disuatu tempat pun. Selama tiga tahun kompromi nampaknya Undang-undang yang baru sangat menyinggung perasaan orang utara yang menolak sama sekaliuntuk menolh penagkapan budak. Mereka malah terus membantu budak-budak untuk melarikan diri dan membuat jalan kereta api bawah tanah menjadi lebih efektif.
Buku Uncle Tom’s Cabin karangan Hariet Beecher Stowe mendatangkan kegemparan. Novel itu mengungkapkan betapa tidak dapat dipisahkannya kekjaman dari lembaga perbudakan dan betapa tak mungkin disesuaikannya masyarakat bebas dengan masyarakakat perbudakan. Pada tahun 1854 masalah mengenai perbudakan di daerah dibagitkan lagidan persengketaan menjadi semakin panas.
Stephen A. Douglas, Senator Senior dari Illios mengajukan undang-undang yang menimbulkan kemarahan semua penganut tanah bebas. Rencana ini mencakup dua daerah yaitu Kansas dan Nebraka dan mengizinkan para pemukin untuk membawa budak kesana. Bulan Mei undang-undang ini dululuskan di senat. Akibat dari undang-undang ini adalah partaiwhing jatuh dan organisasi baru muncul yaitu partai republik yang pada tahun 1856 mencalonkan John Fremmont sebagai Presiden. Saat itu pula muncul Abraham Lincoln. Lincoln memperoleh ketenaran sebagai rokoh nasional.
Pad atanggal 16 Oktober 1859 John Brown merebut gudang senjata federal di Herper Ferry negara bagian West Virginia. Namun ia dapat ditangkap dan pada 2 Desember 1859 ia diadili dengan hukuman gantung. Dalam pemilihan politik tahun 1860 partai republik mengajukan Abraham Lincoln sebagai calonnya. Kemudian pada tanggal 8 Februari 1861 didirikan konfederasi negara amerika. Sebulan kemudian tanggal 4 Maret 1861 Abraham Lincoln diangkat sebagai presiden.
Pada awal peperangan sebagian besar angkatan lalut berada dibawah kendali Uni. Lincoln mengadakan blokade atas pantai-pantai selatan. Semntara itu David Farragut melancarkan dua operasi yang menonjol, ia memimpin armada Uni masuk ke Muara Misissipi dimana menyerahny akota New Orleans. Selain itu ia juga berhasil melewati jalan masuk yang dijaga ketat oleh kapal konfederasi. Di lembah Misissipi pasukan Uni memperoleh sejumlah kemenganagn mulai dengan mematahkan garis konfederasi di Tenessee. Dibawah pimpinan Jendral Ultsess S. Grant Uni melakukan serangan mendadak terhadap Shiloh di sungai Tennessee.
Sebalikny adiVirginjia pasukan Un menderita kekalahan, pasukan Uni berkali-kali dipukul mundur hal in dikarenakan pihak konfederasi yang memiliki dua kelebihan yaitu posisi pertahanan yang kokoh dan dua jendral yaitu Robert E. Lee dan Thomas J. Pada tanggal 1 Januari 1863 presiden Lincoln mengeluarkan sebuah proklamasi emansipasi yang mendesak budak di negarabagian pemberontak dan mengajak mereka untuk bergabung dengan pasukan bersenjata dari utara. Tanggal 17 Februari kaum konfederasi meninggalkan ibu kota South California.
Andrew Jhonson menentukan kedudukan negara bagian yang tadinya memisahkan diri. Pada tahun 1863 Lincoln mengumumkan bahwa jika dalam setipap negara bagian ada 10 % dari para pemilih yang tercatat pada tahun 1860 mau mendirikan suatu pemerintahan yang setia terhadap Konstitusi AS.
Selama musim panas tahun 1865, Johnson terus melancarkan program rekonstruksi lincon, ia menunjuk seorang gubernur. Pada waktunya diselenggarakan konferensi dalam setiap negara bagian bekas konfederasi untuk menyambut kembali ordinasi pemisahan membatalkan hutang perang dan meyusun kostitusi negara bagian yang baru. Kongres mengejakan suatu rencana pembangunan kembali daerah selatan yang sangat berlainan dengan Lincoln.
Bulan Juli 1866 kongres mengesahkan undang-undang hak sipil dan mendirikan biro orang bebas untuk mencegah diskriminas rasial oleh orang-oran legislatif selatan. Berikutnya kongres mengesahkan amandemen keempat belas atas konstitusi yang n=menyatakan bahwa semua orang yang dilahirkan di amerika serikatt dan merupakan subyek hukum daripadanya adalah warganegara amerika serikat serta negara bagian dimana mereka berdiam. Kongres ini membagi negarabagian kedalam lima distrik dan menmpatkan mereka dibawah pemerintahan militer
Pendorong bagi semangat tak kenal lelah adalah kongres untuk mendesakkan undang-undang rekonstruksi bahwa undang-undang tersrbut berarti kekalahan serta penghinaan bagi Presiden Johnson. Kesalahan Johnson sebenarnya adalah perlawananya terhadap kebijakan kongres dan kekerasan tutur bahasa yang dipakakai dalam mengeccam mereka. Tahun 1868 dibawah undang-undang rekonstruksi kongres memasukan kembali Arkansa, North California, South California, Louisiana, Goergia, Alabama, dan Florida kedalam Uni.

Zaman Perluasan dan Reformasi
Pada tahun 1887 Presiden Cleveland menandatangani undang-undang perdagangan antara negarabagian yang melarang tarif, pooling, rabat dan diskriminasi ongkos dan membentuk komisi perdagangan antaranegara bagian untukmengatur ongkos serta masalah perkeretaapian. Produksi bahan pokok yang sangat tinggi ini dikarenakan berbagai faktor seperti ekspansi ke batar dan penggunaan mesin dalam pertanian. Petani tahun 1830 mengunakan mesin penuai yng dapat memotong gandum sebanyak delapan peprsepuluh hektar perhpari. Pada tahun 1840 Cyrus Mc Cormick menciptakan mesin yang dapat memotong gandung dua-dua setengah hektar sehai.
Peranan ilmu pengetahuan dalam tak kurang penting daripada peranan mesin. Pada tahun 1862 undang-undang kolose negarabagian Morrill memberikan tanah umum kepada  setiap negara bagian untuk memberikan kolose pertanian dan industri.
Meskipun terjadi kemajuan yang mencolok namun petani Amerika pada abad ke19 mengulangi berulangkali masa keras. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal in seperti kekeringan, ilklim yang berubah-ubah, kelebihan hasil produksi, merosotnya swasembada dan merosotnya proteksi serta bantuan perundang-unangan yang memadai. Mekanisme pertanian yang oesat si sebelah barat Misissipi membawakan keuntungan maupun kerugian. Hal ini banyak mendoroga para petani untuk memperluas wilayah mereka secara tidak bijaksana. Yang lebih rumit lagi adalah masalah harga . petani menjual hasi panennya kedalam pasar dunia yang bersaing, tetapi membeli persediannya, peralatan dan barang-barang rumah tangga di pasar yang terlindungi dari persaingan.
Kesenjangan ekonomi yang terjadi ini mendorong dibentuknya organisaisi petani untuk mempertimbangkan keluhanbersama dan mengumpulakan tindakan perbaikan. Dimuali terutama sebagai kelompok-kelompok sosial yang berusaha mengurangi keterpencilan kaum petani, organisasi ini kemudian beralih keperbincangan bisnis dan politik dan banyak diantara Grage ini mendirikan sistem pemasaran mereka sendiri dan toko-toko tempat pengolahan serta pabrik mereka sendiri. Organisasi baru yang bernama Persatuan Petani bermunculan pada tahun 1890 yang keanggotaannya mencapai 2.000.000 orang.
Pemiliahn umum tahun 1900 memberikan kesempatan kepada rakyat Amerika untuk menilai pemerintah McKney terutama politik luarnegerinya. Berkumpul di Phhiladelpia dipilihnya McKinley dan Theodore R, sebagai pasangannya. Pada September 1901 ketika menghadiri pameran di Bufalon New York ia ditembak mati oelh seorang pembunuh kemudian Theodere nmengantikan posisinya sebagai presiden Amerika.
Kongres membentuk sebuah departemen [perdaganan yang baru dan tenaga jerja yang baru yang termasuk dalam kabinet presiden. Departemen baru itu diberi wewenag untuk menyelidiki perbuatan perusahaan-perusahaan besar pada tahun 1907 menemukn bahwa America Sugar Refining Company telah mengelapkan sejumlah uang bea msuk dari pemerintah.
Pengawetan sumber-sumber alam negara, penghenitian terhadap penghisapan boros atas bahan-bahan mentah, dan pengembalian kembali bidang-bidang tanah yang terbengkalia merupakan merupakan hasil penting dari zaman Rosefelt. Ia melancarkan program ini sudah sejak tahun 1901 dalam amanat tahunnya yang pertama di depan Kongres. Tahun 1907 Rosefel menunjuk komisi perairan pedalaman untuk mempelajari hubungan antara sungai tanah dan hutan. Pergolakan tenaga iar denagn pengangkutan air.

Pertikaian di Luar Negeri, dan Perubahan Sosila di Dalam Negeri
Tanggal 2 April 1917 setelah lima buah kapal Amerika di tenggelamkan Wilson meminta kepada Kongres izn untuk mempermaklumkan perang. Pada bulan Oktober 1918 pasukan merika yang terdiri dari 1.750.000 orang lebih sudah berada di Prancis. Pada bulan Novenber satuan Amerika yang lebih dari satu juta orang itu mengambil bagian penting dalam serangan Mouse-Argonne yang melebar mematahkan Hindenburg. Wilson banyak menyumbang bagi penyelesaian yang cepat atas peperangan. Empat belas pasal Wilso yang terkenal itu diajukan keada Senat pada bulan Januari 1918 sebagai dasar pendamaian yang adil.
Empat belas pasal tersebut mrupakan batu landasan perdamain Wilson, dibentuknya suatu persatuan negara-negar yang menyediakan jaminan timbal balik atas kemerdekaan polotik serta keuntukngan teritorial baik bagi negara besar maupun negara kecil. Pada tahun 1918 pemmerintah Jerman memohon kepada Wilson utnk berunding atas dasar 14 pasal tersebut, presiden bermusyawaarah dengan para sekutu kemudian menyetujui usulan Jerman tersebut. maka atas dasar inilah dicapai genjatan senjata pada tanggal 11 Novenber.
Pada bulan Maret 1920 dalam pemunggutan suaranya yang terakhir senat menolak balik Perjanjian Versailes maupun piagam liga. Dalam pemiliham Presiden thun 1920 Partai Wilson sendiri mencalonkan seseorang yang tidak berhubungan erat dengan pemerintahannya yaitu Gubuernur James M. Cox dari Ohio
Dalam tahun 1920an hal yang paling menonjol adalah hilangnya pasar luar negeri yang membuat para petani sulit untuk menjual hasilnya di daerah-daerah dimana Amerika tidak melakukan pembelian hal ini berhubungan dengan tarif Import yang dipasang sendiri. Selanjutnya adalalh mengenai pembatasan imingran yang mulai dicanangkan pada tahun 1920 yang menandai kebijaan perubahan penting dalam kebijakan politik amerika, kemudian muncul undang-undang penjatajan imigran tahun 1924  dan 1929 yang membatasi jumlah imigran hanya sampai 150.000.
Selama tahun 1920 nampaknya kemakmuran akan berjalan dalam waktu yan lama, bahkan setelah jatuhnya pasar sahan pada tahun 1929 dari kalangan atas masih terus ada harapan yang optimis. Namn depresi semakin mendalam ketika para investor kehilangan tabungannya, tempat usaha ditutup, pabrik ditutup, bank bangkrut dan banyak pengangguran. Sebenarnya masalah intinya adalah adanya kesenjangan besar antara kekuatan produktif negara dan kemampuan rkyat Amerika untuk mengkonsumsi.
Ketika Roosevet menjabat sebagai presiden, bank-n=bank banyak yang dibuka kembali, dalam bidang pertanian diadakan revormasi yang sangat jauh. Dalam organisasii buruuh terdapat kemajuan besar, dimana organisasi ini menumbuhkan rasa kepentingan bersama politis dan ekuatan hukum buruh maningkat tidak hanya dalam industri namun juga dalam politik.
Pada tanggal 8 Desember kongres mengumandangkan perang terhadap Jepang dengan latr belakang penyerangan yang dilakukan oleh Jepang terhadap Amerika. Stelah pihak aAmerika menyatakan keterlibatannya dalam perang pihak sekutu barat berpendapat untuk memusatkan kekuatan militer meraka di Barat yang akhirnya memnbuat wilayah Pasifik sedikit di tinggalkan. Hal in merupakan keputusan yanjg salah karena pada 1942 kawasan pasifik diserang oleh pihak Amerika dan peristiwa ni merupakan kemenangan penting pertana Amerika.
Setelah perang yang berjalan dengan alotnya akhirnya pada bulan Novenber 1945 pengadilan kriminil yang telah diputuskan olehposdam dilaksanakan. Dimana Inggris Prancis, Unisoviet dan Amerika. Dalam pengadilan tersebut diungkapkan bahwa Jerman tidak hanya menjalankan oerang yang agresif namun juga dituduh telah melanggar hukum perang dan kemanusoaan. Pengadilan tersebutpun ahirnya memberikan hukumman kepad asemua tertuduh.

Amerika di Dunia
Suatu hal yang menandai abad ini adalah penelitian ilmiahnyaa, salah satunya seperti masalah nasional yang penting yaitu mengenai zat aton pada tahun 1946.
Dalam tahun-tahun 1960 negara ini memgalami kemajuan kaitannya dengan diskriminasi ras. Pemerintahan Kennedy mendorong kepada kemajuan kesederajatan rasial dengan cara mengangkat tokoh-tokoh dari laum negro untuk menduduki jabatan-jabatan pemerintahan yang tinggir. Beberapa diantaranya yang paling menonjol adalah Robert C. Weaver yang menduduki jabatan kepala Jawatan Perumahan dan Keuangan RumahtanggaFederal. Beberapa orang negro lainya pun diangkat dan menduduki jabatan dari pembantu presiden sampai pada jabatan sebagai dutabesar. Selain itu juga sudah dimudahkannya bagi masa=yarakat negro untukmengenyam pendidikan yang layak yang dapat dilihat dari 240.000 siswa Negro yang mengikuti sekolah perguruan tinggi pada tahun 1964.
Hanya selang beberapa minggu dari pemerintahan Kennedy sebagai presiden Amerika, negar aini memutuskan hubungan diplomatiknya dengan kuba. Hal ini diambil karena alasan pencacimakian yang ditujukan kepada Amerika yang dilakukan oleh pemerintah Castro, selain itu juga adanay gangguan terhadap pegawai kedutaan Amerika dan wilayah Kuba yang dijadikan sebagai pendorong kegiatan gerilia di Amerika latin.
Para peminpin Amerika Serikat menyambut dengan baik negara-negara yang baru muncul di wilayah Afrika ini yang bangkit dari masa penjajahan yang secara langsung mengingatkan terhadap penjajajhan yang dialami oleh bangsa Amerika sebelumnya. Salah satu tondakan Amerika terhadap berkaitan dengan dukungannya ini adalah mengenai usulan yang diajukan oleh Afrika kepada PBB atas kerusuhan rasial yang terjadi di Angola yang notabene adalah daerah jajahan Portugis. Amerika kemudian mendesak agar Portugis untuk menentukan nasib sendiri di wilayah Amerika. Di wilayah seperti Aljazair, Dahomey, Ethiopia, Maroko, Somalia, Sudan, Tanzania dan Tunisia bahan pangan dari pihak amerika dijadikan sebagai upah dalam usaha memerangi pengangguran yang besar di wilayah Afrika.
Dalam bulan Maret tahun 1961 Presiden Kennedy melancarkan Peace Corps atau korps perdamaian, merupakan suatu gagasan revolusioner dalam bidang lluar negeri. Diantaranya adalah untuk bekerja sebagai sukarelawan dalam berbagai hal seperti jururawat, mandor, guru, ahli kesehatan dan pembantu pertanian. Selain itu juga mengusahaan untk pembinan perdamaian internasional. Yang akhirnya pada bulan Juli Unisoviet, Inggris dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian untk melarang peledakan nullir baik di atmosfer, bawah laut maupun diluar angkasa. Yang mana pada akhir tahun tersebut akhirnya diikuti oleh 107 negara yang ikut dalam perjanjian tersebut.


Tidak ada komentar:

Resensi Buku Garis Besar Sejaarh Amerika


Nama              : Eka Ariska Putri
NIM                : 120210302005
Kelas               : B
Tugas              : Resensi Buku Garis Besar Sejaarh Amerika

Dalam buku Garis Besar Sejarah Amerika ini dipaparkan mengenai perjalann sejarah dari Benua Amerika mulai dari zaman kolonial sampai pada kemerdekaan negara-negara di benua Amerika dan Amerika di mata dunia. Dalam pokok bahasan Zaman Kolonial dijelaskan secara terperinci bagaimana awal dari terbentuknya koloni-koloni di benua Amerika yang menetap di benua itu dengan berbagai latar belakangnya yang akhirnya nanti membentuk masyarakat amerika. Pada pokok bahasan Perang Kemerdekaan dijelaskan bagaimana koloni-koloni yang ada di benua Amerika tadi berjuang untuk mencapai suatu negara yang merdeka dalam artian bebas dari pengaruh negara induk seperti Inggris, terjadi beragam peristiwa pada masa ini yang akhirnya pada 4 Juli 1776 ketiga belas koloni memproklamirkan kemerdekaan amerika. Pembentukan Pemerintahan Nasional, dalam bahasan ini dijelaskan bagaimana perjalanan Amerika setelah memprolamirkan kemerdekannya yang kemudian dibentuk pemerintahan nasional. Perluasan Ke Barat dan Perbedaan Regional, di bahasan ini dijelaskan mengenai bagaimana masyarakat di Amerika melakukan perluasan wilayah yang akhirnya memperkuat ekonomi, politik, memperkasar tatakrama, mematahkan kekolotan dan mengalang swadaya. Bentrokan Antar Wilayah,  dikarenakan kepentingan yang saling bertentangna antara utara dan selatan menjadi semakin nampak. Sejak tahun 1830 garis perbedaan antara daerah semakin nampak utamanya dlam sektor  perbudakan. Yang setelah tahun 1830 mulai muncul produksi kapas di daerah selatan bawah yang secara otomatis menumbuh suburkan perbudakan di daerah tersebut. dilain pihak orang utara berpendapat bahwa perbudakan tidak mempunyai hak hidup disuatu tempat pun. Pertikaian di Luar Negeri, dan Perubahan Sosila di Dalam Negeri, dalam bahasan ini memmaarkan bagaimana Amerika bergabung dalam perang dunia yang kemudian olelh presiden Amerika saat itu yaitu Willson mencanangkan pasal yang sangat terkenal yaitu 14 Pasal Wilson yang menjadi dasar terbentuknya LBB. Zaman Perluasan dan Reformasi, pada bahasan ini dijelaskan bagaimana peranan ilmu pengetahuan dalam tak kurang penting dari pada peranan mesin. Dimana pada tahun 1862 undang-undang kolose negara bagian Morrill memberikan tanah umum kepada  setiap negara bagian untuk memberikan kolose pertanian dan industri. Amerika di Dunia, Suatu hal yang menandai abad ini adalah penelitian ilmiahnyaa, salah satunya seperti masalah nasional yang penting yaitu mengenai zat aton pada tahun 1946.

Zaman Kolonial
Pada awal tahun 1600-an terjadi gelombang perpindahan besar dari Eropa ke Amerika Utara, mereka membuat peradaban baru di tempat tersebut yang awalnya adalah sebuah darah liar. Salah satu pendatang di benua Amerika adlah Inggris yang menyebrangi samudra atlantik lama sesudash koloni Spayol yang makmur berdiri di Meksiko,Hindia Baratdan Amerika Selatan. Sedangkan untuk pusat pemukiman Inggris adalah sebuah pos perdagangan yang didirikan oleh Jamestown tahun 1607 dalam Domini Lama Virginia.
Koloni yang ada di Benua Amerika ini membangun pusat pemukimannya rapat di sepanjang pantai. Masing-masing koloni merupakan satuan terpisah dengan sifatnya masing-masing. Koloni di Virginia dan Massachhusetts didirikan oleh perusahaan yang dikontarak, dengan dana yang disediakan oleh para investor untuk melengkapi mrngangkut dan membiayaikoloni. Pusat prmikiman lainnya seperti New Hampshire, Maine, Mary Land, Carolina, New Jersey, dan Pennsylvania awalnya adalah milik kaum hartawan atau bangsawan Inggris yang selaku tuan tanah memberikan uang kepada para perkerja yang bermukin diatas tanah yang ditunjuk oleh raja. Ketiga belas yang nantinya menjadi Amerika Serikat adalah New Hampshire, Massachhusetts, Rhode Island, Connecticut, New York, New Jersey, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Virginia, North Carolina, Sout Carolina dan Georgia. Yang maisng-masing koliniini mencerminkan asal-usul yang beragam.
Para imigran Eropa ini meninggalkan negaranya karena dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperoleh kesempatan ekonomi yang lebih luas yaitu adanya hasrat kebebasan agama, tekad untuk melepaskan diri dari penindasan politik. Selama pergolakan agama pada abad 16-17 kaum puritan dari Inggris ingin merombakk gereja resmi ingris dari dalam. Mereka menuntut protes yang lebih menyeluruh terhadap gereja nasional, dan menganjurkan bentuk kepercayaan dan ibadah yang lebih sederhana. Selain itu Willian Pen yang mendirikan koloni Pennsylvania dengan latar belakang nasib mereka di inggris sama halnya dengan Cecil Cervert yang mendirikan Maryland. Kebanyakan dari para pemukin yang datang ke Amerika pada abad ke-17 adalah raang Inggris, Belanda, Swedia dan Jerman, Prancis, Italia, Spanyol dan Portugis namun yang mendominasi adalah pemukim daari Inggris.
Pada umumnya para koloni yang bukan orang Inggris menyesuaikan diri dengan kebudayaan kaum pemukiman yang terdahulu. Hasilnya adalah suatu kebudayaan yang khas dari Inggris dan Eropa dataran yang telah dibentuk kembali dalam lingkungan dunia baru.
Orang Belanda memiki New Nederland yang kemudian diganti dengan New York selama 40 tahun. Mereka memberikan kepada New York gaya hidup yang berbeda, diwilayah ini hari besar ditandai degan berpesta dan beriang genbira. Dan kunjungan ketetanggaan pada tahun  baru dan merayakan kunjungan sinterklas pada masa nata. Hal ini bertahan hinga bertahun-tahun lamanya.
Pada tahun 1612, ditemukan cara mengelola tembakau Virginia sesuai dengan selera Eropa. Pengiriman pertamanya ke London pada tahu 1614 hal in menjadi sumber pendapatan utama di Virginia. Pada ahir abad ke17 dan awal abad 18 di Maryland dan Virginia memilliki sifat yang bertahan sampai masa perang saudara. Dikedua wilayah ini tidak ditemukan perkebunan karena mereka langsung melakukan perdagangan dengan London. Yang menjadi pusat perdagangan adalah Carolina dan Charleston sebagai pelabuhan utamanya.
Dasar-dasar pendidikan serta kebudayaan Amerika yang dibentuk selama masa kolonial seperti Harvar Colege yang didirikan tahun 1656 di Massachusetts, College of Willam and Mary didirikan di Virginia, Collegiate School of Conecticut. Tumbuhnya sistem persekolahan atas kekuasaan pemerintah yaitu melalui penyelenggaraan wajib belajar bagi pendidikan dasar. Pendidikan di selatan sangat berbeda, karena perkebunan yang salaing berjauhan maka didaerah ini tidak ditemukan sekolah pusat seperti di daerah utara, sehingga membuat beberapa pemilik perkebunan mengundang guru dan ada yang menyekolahkan anak mereka ke sekolah di Inggris. Lain halnya dengan wilayah tengah yang kurang memperhatikan masalah penidikan karena kemajuan materil. Salah satu  koloni yang paling giat dalam hal pendidikan adalah Pannsylvania, sekolah pertama yang didirikan pada tahun 1683 yang mengajarkan mengenai membaca, menulis dan tata buku. Dilanjutkan oleh kesusastraan yaitu Friends Public School.
Diatas kapal Mayflower diciptakan suatu pedoman pemrintahan yang dinamakan Mayflower Compct yang akhirnya melaksanakan, mengisi dan menyusun yurisprudensi serta peraturan, undang-undang serta konstitusi yang adil dan merata. Para koloni ini menentang dengan gigih dan pasca revolusi 1688 di Inggris berakibat pada digulingkannya James II dan mereka dapat mengusi gubernur kerajaan itu.



Perang Kemerdekaan
Adanya aturan pemerintah Inggris yang mengharuskan rakyat kolonis membeli teh dari pemerintah Inggris dengan harga tinggi. Aturan itu menurut kaum kolonis, bertentangan dengan kebebasan ekonomi yang mereka anut. Reaksi keras dipimpin Samuel Adams terhadap aturan pemerintah Inggris tersebut terjadi di pelabuhan Boston, kaum kolonis menyamar sebagai pekerja Indian untuk membongakar peti-peti yang berisi teh. Akan tetapi para pekerja itu membuang teh kelaut bagaikan sebuah pesta. Peristiwa itu dikenal sebagai "The Boston Tea Party" atau peristiwa Boston 1773.
Peristiwa The Boston Tea Party, membuat pemerintah Inggris marah, kemudian menuntut ganti rugi yang besar dan melontarkan ancaman yang keras. Pihak kolonis tidak memperhatikan tuntutan dan ancaman Inggris tersebut. Ketegangan terjadi antara kedua belah pihak. pihak Inggris mendatangkan tentaranya dengan maksud mengamankan koloninya di Amerika. Sementara pihak koloni mempersiapkan diri dengan menggerakkan kaum pria. Mereka dikumpulkan untuk membela hak-hak asasi mereka sebagai orang yang merdeka.
Karena  perlakukan tidak adil oleh Inggris, maka masyarakat amerika bersatu membuat sebuah kongres. Dari ketiga belas koloni, ada empat tokoh yang sangat gigih mempersatukan kaum koloni untuk merdeka. Mereka adalah Thomas Jefferson, John Adams, James Wilson, dan Alexander Hamilton. Berkat mereka Kongres I berhasil diadakan di kota Philadelpia tahun 1775. Dalam kongres itu dinyatakan kesepakatan kemerdekaan. Kemudian Kongres II tanggal 2 Juli 1776, secara tegas mengambil sikap tidak akan mengakui kuasa Parlemen Inggris di Amerika dalam bentuk apapun. Setelah berjalan beberapa bulan kesulitan untuk melncarkan perang menjadi bagian dari Imperium inggris yang semakin nyata, dan pada tanggal 23 Agustus 1975 raja Georoge mengeluarkan maklumat yang menyatakan bahwa koloni-koloni sedang melancarkan pemberontakan. Lima bulan kemudian disusul dengan penyebaran pamflet olelh Thomas Paine dengan judull  Common Sense. Akhirnya pada tanggal 10 Mei 1976 sebuah resolusi untuk memotoong tali belengggu dikeluarkan disusul dengan Richard Handry Lee yang mengeluarkan sebuah resolusi yang menyatakan persetujuan atas kemerdekaan, persekutuan dengan luar negeri dan perserikatan Amerika. Dilanjutkan dengan pembentukan komite yang beranggotakan lima orang oleh Thomas Jeferson untuk mempersiapkan sebuah deklarasi resmi.
Selanjutnya pada tanggal 4 Juli 1776, kaum kolonis memproklamasikan kemerdekaan. Ini berarti 13 koloni Amerika lepas dari kekuasaan Inggris. Pernyataan kemerdekaan itu diwujudkan dalam sebuah Declaration of Independence. Rumusan isi naskah proklamasi kemerdekaan tersebut disusun oleh Thomas Jefferson. Naskah deklarasi kemerdekaan ditandatangani oleh 56 orang wakil dari 13 koloni. Tanda tangan pertama dari John Hancock. Saat itu menjabat sebagai ketua Kongres.
Kemudian pada bagian akhir deklarasi, mereka dinyatakan pertama kalinya secara resmi nama negara yang disebut United States of America (USA). Penamaan negara itu pun sebagai hasil dari pemikiran Thomas Jefferson. Sebagian isi dari Declaration of Independence yang berkaitan dengan hak-hak asasi manusia tidak hanya berlaku di Amerika Serikat tetapi juga berpengaruh bagi negara lain di luar Amerika Serikat.

Pembentukan Pemerintahan Nasional
Tanggal 10 Mei 1776, kongres mengeluarkan sebuah resolusi yang meyarankan kepada koloni-koloni untuk membentuk pemerintahan baru yang akan membawakan kebahagiaan dan keamanan bagi para warganya. Dalam waktu setahu setelah deklarasi kemerdekaan semua negara bagian kecuali tiga telah menyusun kostitusi masing-masing. Tujuannya adalah utuk menjamin hak-hak yang tak tercabutkan yang pelanggarannya telah menyebabkan koloni-koloni memutuskan hubungan mereka dengan Inggris. Dengan demikian setiap kostitusi dimulai dengan undang-undang hak asasi. Seperti halnya kostitusi Virginia yang menjadi model meliputi deklarasi pedoman, kedaulatan umum, pengaliran jabatan, kebebasan pemilihan dan penjabaran kebebasan hak asasi.
Setelah berakhirnya revousi masalah yang harus dihadapai adalah imperium, sebelum perang bebrapa koloni telah mengkalaim beberapa tanah di seberang Applachia hal ini dianggap kurang adil dalam pembagiannya. Maka Maryland mengajukan resolusi bahwa tanah barat harus dianggap milik bersama yang kemudian dibagi oleh kongres untuk menjadi wilayah pemerintahan yang bebas dan merdeka. Pasal-pasal konfederasi tentang suatu sistem pemerintahan sendiri yang terbatas menentukan organisai wilayah berdaulat yang semula merupakan distrik tunggal dan sekarang diperintah oleh seoramg gubernur. Dari wilaah ini apa bila wilayah mempunyai 60.000 warga bebas akan dimasukakn kedalam Uni. Namun sebuahh kelemahan mencolok terlihat yaitu kegagalan menciptakan suatu pemerintahan  yang benar-benar bersifat nasionalbagi ketigabelas negara bagian taadi.
Alexander Hamilton mendesak agar semua negara bagian mengangkat wakil-wakil Ameriak Serikat dan menyusun ketentuan untuk menbuat Konstitusi Pemerintahan Federal. Mei 1787 George Washington dipilih sebagai ketua. Sebenarnya konferensi ini hany adiberi wewenang untuk merumuskan amandemen terhadap pasal konfederasi tapi kemudian mereka membangun sebuah bentuk pemerintahan yang baru.
Pada abad 18 para negarawan bertemu di Philadelpia hal ini menimbulkan keyakinan bahwa harus didirikan tiga cabang pemerintahahan yang sederajat yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Para wakil negara kecil seperti Jersey berkeberatan akakn hal ini yang dirasa akan memperkecil pengaruh mereka dalam pemerintah nasional. Dilain pihak para wakil negara bagian yang besar seperti Virginia memperjuangkan perwakilan yang seimbang. Yang akhirnya muncul utusan dari Conecticut yang meleburkan pertentangan ini. Konverebsi ini akhirnya menghsilkan rumusan yang mencakup organisasi pemerintahan paling rumit yang pernah disusun oleh pemerintah agung. Dalam membagikan kekuasaan konverensi memberikan kekuasaan penuh pada pemerintah vederal. Pemerintah nasional juga diberikan kekuasaan untuk membentuk dan memelihara tentara, angkatan laut dan mengatur perdagangan antar negara bagian.
Prinsip pemerintahan kekuasaan yang telah diuji ini akhirnya membuat konverensi mendirikan sistem pemerntahan dengan cabang legislatif, esekutif dan yudikatif. Guna melindungi kostitusi dari perubahan yang tergesa-gesa, pasal V menentukan amandemen terhadap konstitusi harus dianjurkan oleh dua pertiga suara dalam kedua bagian kongres. Hukum Amerika dapat diperlakukan didalam pengadilan nasionalnya sendiri lewat para hakim serta polisinya sendiri maupun dalam negara bagian lewat hakim serta petugas hukum negara bagian.
George Washington dipilih sebagai presiden pada 30 April 1789. Masala ekonomi akibat peperangan menjadi penyelesaian utamanya. Daerah seperti New Yourk, Pennlyvania dan Virginia langsung menjadi ladang gandum. Massachuessts dan Rhode Island menjadi daerah industri tekstil, New York, New Jersey dan Pennlyvania menjadi daerah penghasil kertas gelasl dan besi. Kaum federalis menghendaki sebuah pemerintahan pusat yang kuat dan pengukuhan kepentingan dunia usaha dan perdagangan. Kaun antifederalis memperjuangkan hak-hak negarabagian dan kepentingan pertanian.
Washington mengangkat Thomas Jeferson Menteri luarnegeri dan mengangkat Alexander Hamilton sebagai Menteri Keuangan. Bersamaan dengan itu kongres mendirikan lembaga yudikatif federal. Terbentuklah kabinet amerika yang terdiri dari para kepala departemen yang akan dibentu oleh kongres. Hemilton dan Jeferson in saling bertentangan. Hemilton cenderung pada Uni yang lebih ketat serta pemerintahan yang lebih kuat sedangkan Jeferson condong pada demokrasi yang lebih luas dan lebih bebas. Tujuan besar dari Hemilton adalah organisasi yang lebih efisien sedangkan tujuan dari Jeferson adalah kemerdekaan perseorangan yang lebih luas berdasarkan pendapat nahwa setiap manusia di dunia memiliki hak untuk memerintah sendiri.
Dilain pihak Washington mengumumkan sikap netral terhadap Genet dan diperlakukan dengan sikap yang resmi dan dingin. Hal ini mengakibatkan rengangnya hubngan Amerika dengan Prancis. Washington mengutus John Jay yang berhasill merundingkan sebuah perjanjian benteng-benteng dibarat dan beberap akonsesi perdagangan yang kecil.
Perjanjian ini menimbulkan kekecewaan umum, pemerintah telh teratur, kredit nasional telah diterapkan, namun menjelang ahir pemerintahan Washington terlihat begitu banyak kemajuan seperti pedagangan laut dipulihkan wilayah barat dikokohkandan perdamain dipelihara. Washington mengundurkan diri pada 1797 dan digantikan oleh John Adam. Jeferson dalam 1800 berhasil berhasil mengumpulkan kekuasaan yang besar. Sementara satu demi satu negara bagian menghapuskan persyaratan kekkayaan untuk pemungutan suara. Semntara Napoleon memaksa pemerintah Spanyol untuk meyerahan kembali sebidang tanah kepada Prancis.maka pada tahun 1803 Amerika Serikat memperoelh lebih dari 2.600.000 kilometer persgi tanah berikut pelabuhan Orelons.
Tahun 1805 Jeferson memaklumkan  sikap netral Amerika dalam melawan Prancis dan Inggrisyang memasang blokade dan memberikan pukulan keras terhadap perdgangan Amerika. Akhirnya Jeferson membujuk kongres untuk mengeluarkan undang-undang embargo yang melarang perdagangan internasional, akibatnya kepentingan perkapalan nyaris hancur dan kekecewaan timbu di New England serta di New York dalam satu tahun eksport amerika merosot. Tahun 1810 Napoleon membatasi pemutusan hubungannya dengan Inggris. Tahun 1809 James Madison menggantikan Jeferson yang mengaibatkan hubungan dengan Inggris menjadi memburuk. Didepan kongres presiden memaparkan suatu laporan terperinci yang memperlihatkan 6-057 kejadian dimana Inggris menculik warga Amerika. Disamping itu serangan yang dilakkukan oleh kaum indian menurut mereka adalah hasutan dari Inggris di Kanada yang ahiirnya pada 1812 Amerika Serikat mengumumkan perang dengan Inggris.
Permusuhan dimulai dengan penyerbuan ke Kanada namun semua gerakan tersebut gagaldan berakhir dengan didudukinya Detroit oleh Inggris. Dilain pihak angkatan laut memperolah kemenagan dan kembali meyakinkan Amerika. Tahun 1813 gerakan eterpusat di danau Erie di New York. Jendral Willain Hendry memimpin pasukan laskar milisi, suarelawan, tentara reguler dari Kentuck yang akhirnta dapat menduduki Detroit dan dapat mengalahan orang –orang Inggris. Peperangan berakhir dengan diselenggarakannya perjanjian Ghent yang menentukan dihentikannya permusuhan dikemvalikannya daerah-daerah yang terebut dan dibentuknya komisi yang menyelesaikan persengketaan perbatasan.

Perluasan Ke Barat dan Perbedaan Regional
Yang terkemuka antara penulisan mashab Ameriak adalah Washington Lrving dan James Vanimen Cooper. Karya Lrving yang jenaka History of New York by Diedrich Knickerbocker yang diterbitkan pada 1809 yang berlatarkan lembah sungai Hudson di New York dan mengungangkan Amerika sebagai tanah dongeng dan romansa. Demikian pula Cooper ang menerbitkan The Spy sebuah kisah revolusi yang mendapat popularitas menyusul The Pioners sebuah lukisan prosa yang mengambarkan kehidupan sederhana di depan Amerika. Tahun 1815 terbit The North American Riview dibawah pimpinan Jared Sparks.
Daerah depan merupakan suatu wilayah dengan kekuasaan yang lebih penting adalah kondisi sepanjang pesisisr Atlantik yang mendorong perpindahan kedaerah baru. Deri New England yang tidak menghasilkan gandum sehingga berpindah ke daerah pedalaman. Pusat pemukiman dibelalkang Carolina dan Virginiapun berpindah ke Barat. Perpindahan ini mempengaruhi keadaan Amerika yang akhirnya memperkuat ekonomi, politik, memperkasar tatakrama, mematahkan kekolotan dan mengalang swadaya. Menjelang tahun 1800 lembah Misissipi dan Ohio menjadi daerah depan yang luas. Perpindahan pada abad 19 ini mengakibatkan pembagian wiayah lama dan membentuk pembatasan yang baru. Dalam waktu eman tahun didirikan enam negara bagian yaitu Indiana tahun 1816, Missisipi 1817, Illinois 1818, Alabama 1819, Maine 1820 dan Misouri 1821.
Didaerah abru itu banyak terjadi percampuran darah yaitu Skotlandia-Irlandia, Jerman Pennsylvania, New England dan lain-lain. Didaerah barat ini orang dihargai bukan karena latar belakang keluarga maupun kekayaannya melainkan atas kemampuan mereka sendiri.bangkitnya usaha penanaman kapas di selatan yang digalakan oleh pengenalan jenis kapas baru dan penemuan Ely Withney yaitu semacam obat kapas guna menyaring kapas dari bijinya. Dan adanya pembukaan tanah baru pada tahun 1812. Penanaman ka[pas ini secara cepat menyebar ke negara bagian muara melalui dataran rendah sampai ke sungai Misisipi dan akhirnya sampai ke Texas. Penanaman tebu juga berkembang dan meluas serta penanaman tembakau yang juga berkembangg. Semua hal ini meyebabkan semakin menjamurnya perbudakan di Amerika.
Ketika orang utara bersatu guna menentang permasukan Misouri sebuah kompromi dicapai dengan pimpinan Hendry Clay Misoury dimasukan sebagai negara bagian perbudakan. Kongres juga mendekritkan agar perbudakan harus selamanya dilarang diwilyah yang diperoleh berdsarkan pemlbelian Louisiana di utara perbatasan Misouri.
Pada tahun 1817 James Monroe mengantikan Madosin sebagai presiden. Peristiwa yang menonjol selama pemerintahannya adalah diumumkannya apa yang dinamakan Dekrit Monroe. Unsur dari dekrit ini semuanya merupkan unsur Amerika yang sudah dikenal. Dan prinsip penentuan nasib sendiri telah ditentukan oleh rakyat Amerika serikat bagi penduduk koloni Amerika-Spanyol yang saat itu sedang memperjuangkan kemerdekaannya.
Sebelum tahun 1821 Argentina dan Cili memperoleh kemerdekaan mereka, 1822 dibawah pimpinan Jose de San Martin dan Simon Bolivar negara Amerika selatan juga mendapatkan kebebasannya. Pada 1822 presiden Monroe mimiliki kekuasaan untk mengaui negara-negara baru itu antara lain Kolumbia, Cili, Mexico dan Brozil. Sejumlah kekuasaan inti Eropa membentuk Persekutuan Suci yang melindungi diri sendiri terhadap revolusi.
Tanggal 2 Desember 1823, di hadapan kongres Monroe mengucapkan amanat tahunannya dimana beberapa bagian merupapkan Dokrin Monroe.yang menegaskan kebijakan politik Amerika perhatian politik dipusatkan pada kampanye pemilihan presiden. Yang berakhir denga n dipilihnya John Quincy Adams sebagai presiden Ameriak. Masa pemerontahannya terbentuk pengelompokan baru. Adam bukanlah seorang presiden yang populer tidak seperti penggantinya yaitu Jacson yang sangat populer terutama dikalangan pengikutnya yaitu partai demokrat.
Para penduduk hutan yang penuh swadaya membentuk daerah persemakmuran disebelah barat pegunungan Alleghenies telah mencantumkan dalam konstitusi gagasan demokratis dari daerah depapn semenjak perang tahun 1812 daerah barat memegang kekseimbangan kekuatan dalam Uni.
Menjelang akhir masa jabatannya, Jacson terpaksa berhadapan dengan South California mengenai masalah persoaln tarif protektif. Namun ketika kongres mengsahkan undang-unang tarif yang baru Thun 1832 Jacson kemudian menandatanganinya. Hal ini membuat South California membentuk Partai Hak Negarabagian yang juga mengancam untk memisahkan diri bila kongres mengeluarkan undang-undang untuk mengunakan kekerasan terhadapnya. Maka dari itu Nvenber 1832 Jacson mengirin 7 kapal angkatan laut dan kapal perang Charleston. Maka dinyatakan oleh presiden bahwa wilayah tersebut dalam pemberontakan dan penghianatan.
Permulaan organisasi buruh menyertai gerakan politik liberal. Kegigihan kaum buruh untuk reformasi yang berperikemausiaan merupakan unsur mutlak dalam semua gerakan progresif dan perjuangan untuk demokrasi dalam bidang pendidikan.
Pertumbuhan negara ini dari tahun 1812 sampai 1852 dapat diilihat daari kenaikan jumlah penduduk dari 7.250.000 sampai lebih dari 23.000.000 jiwa. Selama masa initanah yang tersedia untuk didiami meningkat sampai 7.800.000 kilometer persegi. Ketahanan negara dan gelora ekonomi telah terjamin. Namun masih belum juga terpecahkan masalah sengketa yang berakar dari persengketaan kedaerahan yang pada periode birikutnya akan mengobarka perang saudara.

Bentrokan Antar Wilayah
Kepentingan yang saling bertentangna antara utara dan selatan menjadi semakin nampak. Sejak tahun 1830 garis perbedaan antara daerah semakin mengeras di sekitar persoalan perbudakan. Di utra perasaan abolosianis makin kuat diperkokoholeh gerakan tanah bebas yang dengan gigih menentang perluasan perbudakan ke daerah-daerah yang belum dijadikan negar abagian bagi kaum selatah di tahun 1850 perbudakan bukanlah suatu keadaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Lembanga perbudakan menyediakan tenaga kerja selama sembilan bulan tiap tahun dan memungkinkan pengunaan tenaga wanita maupun kanak-kanak. Perbudakan justru dianggap menguntungkan bagi kaum negro. Setelah tahun 1830 dengan dimulainya produksi kapas secar abesar-besaran di daerah selatan bawah. Bersamaan dengan itu meningatnya perbudakan dan dalam politik nasional yang diperjuangkan oleh kaun selatan adalah perlindungan serta penguasaan dari kepentingan yang ada pada sistem perkapasan.
Tanggal 1 Januari 1831, Garrison menerbitkan nomor pertama dari korannya yaitu The Liberator. Hal ini menyadarkan kaum utara tentang kejahatan dalam suatu lembaga. Pendirian selatan adalah behwa perbudakan mempunyai hak hidup di semua daerah. Orang utara berpendapat bahwa perbudakan tidak mempunyai hak hidup disuatu tempat pun. Selama tiga tahun kompromi nampaknya Undang-undang yang baru sangat menyinggung perasaan orang utara yang menolak sama sekaliuntuk menolh penagkapan budak. Mereka malah terus membantu budak-budak untuk melarikan diri dan membuat jalan kereta api bawah tanah menjadi lebih efektif.
Buku Uncle Tom’s Cabin karangan Hariet Beecher Stowe mendatangkan kegemparan. Novel itu mengungkapkan betapa tidak dapat dipisahkannya kekjaman dari lembaga perbudakan dan betapa tak mungkin disesuaikannya masyarakat bebas dengan masyarakakat perbudakan. Pada tahun 1854 masalah mengenai perbudakan di daerah dibagitkan lagidan persengketaan menjadi semakin panas.
Stephen A. Douglas, Senator Senior dari Illios mengajukan undang-undang yang menimbulkan kemarahan semua penganut tanah bebas. Rencana ini mencakup dua daerah yaitu Kansas dan Nebraka dan mengizinkan para pemukin untuk membawa budak kesana. Bulan Mei undang-undang ini dululuskan di senat. Akibat dari undang-undang ini adalah partaiwhing jatuh dan organisasi baru muncul yaitu partai republik yang pada tahun 1856 mencalonkan John Fremmont sebagai Presiden. Saat itu pula muncul Abraham Lincoln. Lincoln memperoleh ketenaran sebagai rokoh nasional.
Pad atanggal 16 Oktober 1859 John Brown merebut gudang senjata federal di Herper Ferry negara bagian West Virginia. Namun ia dapat ditangkap dan pada 2 Desember 1859 ia diadili dengan hukuman gantung. Dalam pemilihan politik tahun 1860 partai republik mengajukan Abraham Lincoln sebagai calonnya. Kemudian pada tanggal 8 Februari 1861 didirikan konfederasi negara amerika. Sebulan kemudian tanggal 4 Maret 1861 Abraham Lincoln diangkat sebagai presiden.
Pada awal peperangan sebagian besar angkatan lalut berada dibawah kendali Uni. Lincoln mengadakan blokade atas pantai-pantai selatan. Semntara itu David Farragut melancarkan dua operasi yang menonjol, ia memimpin armada Uni masuk ke Muara Misissipi dimana menyerahny akota New Orleans. Selain itu ia juga berhasil melewati jalan masuk yang dijaga ketat oleh kapal konfederasi. Di lembah Misissipi pasukan Uni memperoleh sejumlah kemenganagn mulai dengan mematahkan garis konfederasi di Tenessee. Dibawah pimpinan Jendral Ultsess S. Grant Uni melakukan serangan mendadak terhadap Shiloh di sungai Tennessee.
Sebalikny adiVirginjia pasukan Un menderita kekalahan, pasukan Uni berkali-kali dipukul mundur hal in dikarenakan pihak konfederasi yang memiliki dua kelebihan yaitu posisi pertahanan yang kokoh dan dua jendral yaitu Robert E. Lee dan Thomas J. Pada tanggal 1 Januari 1863 presiden Lincoln mengeluarkan sebuah proklamasi emansipasi yang mendesak budak di negarabagian pemberontak dan mengajak mereka untuk bergabung dengan pasukan bersenjata dari utara. Tanggal 17 Februari kaum konfederasi meninggalkan ibu kota South California.
Andrew Jhonson menentukan kedudukan negara bagian yang tadinya memisahkan diri. Pada tahun 1863 Lincoln mengumumkan bahwa jika dalam setipap negara bagian ada 10 % dari para pemilih yang tercatat pada tahun 1860 mau mendirikan suatu pemerintahan yang setia terhadap Konstitusi AS.
Selama musim panas tahun 1865, Johnson terus melancarkan program rekonstruksi lincon, ia menunjuk seorang gubernur. Pada waktunya diselenggarakan konferensi dalam setiap negara bagian bekas konfederasi untuk menyambut kembali ordinasi pemisahan membatalkan hutang perang dan meyusun kostitusi negara bagian yang baru. Kongres mengejakan suatu rencana pembangunan kembali daerah selatan yang sangat berlainan dengan Lincoln.
Bulan Juli 1866 kongres mengesahkan undang-undang hak sipil dan mendirikan biro orang bebas untuk mencegah diskriminas rasial oleh orang-oran legislatif selatan. Berikutnya kongres mengesahkan amandemen keempat belas atas konstitusi yang n=menyatakan bahwa semua orang yang dilahirkan di amerika serikatt dan merupakan subyek hukum daripadanya adalah warganegara amerika serikat serta negara bagian dimana mereka berdiam. Kongres ini membagi negarabagian kedalam lima distrik dan menmpatkan mereka dibawah pemerintahan militer
Pendorong bagi semangat tak kenal lelah adalah kongres untuk mendesakkan undang-undang rekonstruksi bahwa undang-undang tersrbut berarti kekalahan serta penghinaan bagi Presiden Johnson. Kesalahan Johnson sebenarnya adalah perlawananya terhadap kebijakan kongres dan kekerasan tutur bahasa yang dipakakai dalam mengeccam mereka. Tahun 1868 dibawah undang-undang rekonstruksi kongres memasukan kembali Arkansa, North California, South California, Louisiana, Goergia, Alabama, dan Florida kedalam Uni.

Zaman Perluasan dan Reformasi
Pada tahun 1887 Presiden Cleveland menandatangani undang-undang perdagangan antara negarabagian yang melarang tarif, pooling, rabat dan diskriminasi ongkos dan membentuk komisi perdagangan antaranegara bagian untukmengatur ongkos serta masalah perkeretaapian. Produksi bahan pokok yang sangat tinggi ini dikarenakan berbagai faktor seperti ekspansi ke batar dan penggunaan mesin dalam pertanian. Petani tahun 1830 mengunakan mesin penuai yng dapat memotong gandum sebanyak delapan peprsepuluh hektar perhpari. Pada tahun 1840 Cyrus Mc Cormick menciptakan mesin yang dapat memotong gandung dua-dua setengah hektar sehai.
Peranan ilmu pengetahuan dalam tak kurang penting daripada peranan mesin. Pada tahun 1862 undang-undang kolose negarabagian Morrill memberikan tanah umum kepada  setiap negara bagian untuk memberikan kolose pertanian dan industri.
Meskipun terjadi kemajuan yang mencolok namun petani Amerika pada abad ke19 mengulangi berulangkali masa keras. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal in seperti kekeringan, ilklim yang berubah-ubah, kelebihan hasil produksi, merosotnya swasembada dan merosotnya proteksi serta bantuan perundang-unangan yang memadai. Mekanisme pertanian yang oesat si sebelah barat Misissipi membawakan keuntungan maupun kerugian. Hal ini banyak mendoroga para petani untuk memperluas wilayah mereka secara tidak bijaksana. Yang lebih rumit lagi adalah masalah harga . petani menjual hasi panennya kedalam pasar dunia yang bersaing, tetapi membeli persediannya, peralatan dan barang-barang rumah tangga di pasar yang terlindungi dari persaingan.
Kesenjangan ekonomi yang terjadi ini mendorong dibentuknya organisaisi petani untuk mempertimbangkan keluhanbersama dan mengumpulakan tindakan perbaikan. Dimuali terutama sebagai kelompok-kelompok sosial yang berusaha mengurangi keterpencilan kaum petani, organisasi ini kemudian beralih keperbincangan bisnis dan politik dan banyak diantara Grage ini mendirikan sistem pemasaran mereka sendiri dan toko-toko tempat pengolahan serta pabrik mereka sendiri. Organisasi baru yang bernama Persatuan Petani bermunculan pada tahun 1890 yang keanggotaannya mencapai 2.000.000 orang.
Pemiliahn umum tahun 1900 memberikan kesempatan kepada rakyat Amerika untuk menilai pemerintah McKney terutama politik luarnegerinya. Berkumpul di Phhiladelpia dipilihnya McKinley dan Theodore R, sebagai pasangannya. Pada September 1901 ketika menghadiri pameran di Bufalon New York ia ditembak mati oelh seorang pembunuh kemudian Theodere nmengantikan posisinya sebagai presiden Amerika.
Kongres membentuk sebuah departemen [perdaganan yang baru dan tenaga jerja yang baru yang termasuk dalam kabinet presiden. Departemen baru itu diberi wewenag untuk menyelidiki perbuatan perusahaan-perusahaan besar pada tahun 1907 menemukn bahwa America Sugar Refining Company telah mengelapkan sejumlah uang bea msuk dari pemerintah.
Pengawetan sumber-sumber alam negara, penghenitian terhadap penghisapan boros atas bahan-bahan mentah, dan pengembalian kembali bidang-bidang tanah yang terbengkalia merupakan merupakan hasil penting dari zaman Rosefelt. Ia melancarkan program ini sudah sejak tahun 1901 dalam amanat tahunnya yang pertama di depan Kongres. Tahun 1907 Rosefel menunjuk komisi perairan pedalaman untuk mempelajari hubungan antara sungai tanah dan hutan. Pergolakan tenaga iar denagn pengangkutan air.

Pertikaian di Luar Negeri, dan Perubahan Sosila di Dalam Negeri
Tanggal 2 April 1917 setelah lima buah kapal Amerika di tenggelamkan Wilson meminta kepada Kongres izn untuk mempermaklumkan perang. Pada bulan Oktober 1918 pasukan merika yang terdiri dari 1.750.000 orang lebih sudah berada di Prancis. Pada bulan Novenber satuan Amerika yang lebih dari satu juta orang itu mengambil bagian penting dalam serangan Mouse-Argonne yang melebar mematahkan Hindenburg. Wilson banyak menyumbang bagi penyelesaian yang cepat atas peperangan. Empat belas pasal Wilso yang terkenal itu diajukan keada Senat pada bulan Januari 1918 sebagai dasar pendamaian yang adil.
Empat belas pasal tersebut mrupakan batu landasan perdamain Wilson, dibentuknya suatu persatuan negara-negar yang menyediakan jaminan timbal balik atas kemerdekaan polotik serta keuntukngan teritorial baik bagi negara besar maupun negara kecil. Pada tahun 1918 pemmerintah Jerman memohon kepada Wilson utnk berunding atas dasar 14 pasal tersebut, presiden bermusyawaarah dengan para sekutu kemudian menyetujui usulan Jerman tersebut. maka atas dasar inilah dicapai genjatan senjata pada tanggal 11 Novenber.
Pada bulan Maret 1920 dalam pemunggutan suaranya yang terakhir senat menolak balik Perjanjian Versailes maupun piagam liga. Dalam pemiliham Presiden thun 1920 Partai Wilson sendiri mencalonkan seseorang yang tidak berhubungan erat dengan pemerintahannya yaitu Gubuernur James M. Cox dari Ohio
Dalam tahun 1920an hal yang paling menonjol adalah hilangnya pasar luar negeri yang membuat para petani sulit untuk menjual hasilnya di daerah-daerah dimana Amerika tidak melakukan pembelian hal ini berhubungan dengan tarif Import yang dipasang sendiri. Selanjutnya adalalh mengenai pembatasan imingran yang mulai dicanangkan pada tahun 1920 yang menandai kebijaan perubahan penting dalam kebijakan politik amerika, kemudian muncul undang-undang penjatajan imigran tahun 1924  dan 1929 yang membatasi jumlah imigran hanya sampai 150.000.
Selama tahun 1920 nampaknya kemakmuran akan berjalan dalam waktu yan lama, bahkan setelah jatuhnya pasar sahan pada tahun 1929 dari kalangan atas masih terus ada harapan yang optimis. Namn depresi semakin mendalam ketika para investor kehilangan tabungannya, tempat usaha ditutup, pabrik ditutup, bank bangkrut dan banyak pengangguran. Sebenarnya masalah intinya adalah adanya kesenjangan besar antara kekuatan produktif negara dan kemampuan rkyat Amerika untuk mengkonsumsi.
Ketika Roosevet menjabat sebagai presiden, bank-n=bank banyak yang dibuka kembali, dalam bidang pertanian diadakan revormasi yang sangat jauh. Dalam organisasii buruuh terdapat kemajuan besar, dimana organisasi ini menumbuhkan rasa kepentingan bersama politis dan ekuatan hukum buruh maningkat tidak hanya dalam industri namun juga dalam politik.
Pada tanggal 8 Desember kongres mengumandangkan perang terhadap Jepang dengan latr belakang penyerangan yang dilakukan oleh Jepang terhadap Amerika. Stelah pihak aAmerika menyatakan keterlibatannya dalam perang pihak sekutu barat berpendapat untuk memusatkan kekuatan militer meraka di Barat yang akhirnya memnbuat wilayah Pasifik sedikit di tinggalkan. Hal in merupakan keputusan yanjg salah karena pada 1942 kawasan pasifik diserang oleh pihak Amerika dan peristiwa ni merupakan kemenangan penting pertana Amerika.
Setelah perang yang berjalan dengan alotnya akhirnya pada bulan Novenber 1945 pengadilan kriminil yang telah diputuskan olehposdam dilaksanakan. Dimana Inggris Prancis, Unisoviet dan Amerika. Dalam pengadilan tersebut diungkapkan bahwa Jerman tidak hanya menjalankan oerang yang agresif namun juga dituduh telah melanggar hukum perang dan kemanusoaan. Pengadilan tersebutpun ahirnya memberikan hukumman kepad asemua tertuduh.

Amerika di Dunia
Suatu hal yang menandai abad ini adalah penelitian ilmiahnyaa, salah satunya seperti masalah nasional yang penting yaitu mengenai zat aton pada tahun 1946.
Dalam tahun-tahun 1960 negara ini memgalami kemajuan kaitannya dengan diskriminasi ras. Pemerintahan Kennedy mendorong kepada kemajuan kesederajatan rasial dengan cara mengangkat tokoh-tokoh dari laum negro untuk menduduki jabatan-jabatan pemerintahan yang tinggir. Beberapa diantaranya yang paling menonjol adalah Robert C. Weaver yang menduduki jabatan kepala Jawatan Perumahan dan Keuangan RumahtanggaFederal. Beberapa orang negro lainya pun diangkat dan menduduki jabatan dari pembantu presiden sampai pada jabatan sebagai dutabesar. Selain itu juga sudah dimudahkannya bagi masa=yarakat negro untukmengenyam pendidikan yang layak yang dapat dilihat dari 240.000 siswa Negro yang mengikuti sekolah perguruan tinggi pada tahun 1964.
Hanya selang beberapa minggu dari pemerintahan Kennedy sebagai presiden Amerika, negar aini memutuskan hubungan diplomatiknya dengan kuba. Hal ini diambil karena alasan pencacimakian yang ditujukan kepada Amerika yang dilakukan oleh pemerintah Castro, selain itu juga adanay gangguan terhadap pegawai kedutaan Amerika dan wilayah Kuba yang dijadikan sebagai pendorong kegiatan gerilia di Amerika latin.
Para peminpin Amerika Serikat menyambut dengan baik negara-negara yang baru muncul di wilayah Afrika ini yang bangkit dari masa penjajahan yang secara langsung mengingatkan terhadap penjajajhan yang dialami oleh bangsa Amerika sebelumnya. Salah satu tondakan Amerika terhadap berkaitan dengan dukungannya ini adalah mengenai usulan yang diajukan oleh Afrika kepada PBB atas kerusuhan rasial yang terjadi di Angola yang notabene adalah daerah jajahan Portugis. Amerika kemudian mendesak agar Portugis untuk menentukan nasib sendiri di wilayah Amerika. Di wilayah seperti Aljazair, Dahomey, Ethiopia, Maroko, Somalia, Sudan, Tanzania dan Tunisia bahan pangan dari pihak amerika dijadikan sebagai upah dalam usaha memerangi pengangguran yang besar di wilayah Afrika.
Dalam bulan Maret tahun 1961 Presiden Kennedy melancarkan Peace Corps atau korps perdamaian, merupakan suatu gagasan revolusioner dalam bidang lluar negeri. Diantaranya adalah untuk bekerja sebagai sukarelawan dalam berbagai hal seperti jururawat, mandor, guru, ahli kesehatan dan pembantu pertanian. Selain itu juga mengusahaan untk pembinan perdamaian internasional. Yang akhirnya pada bulan Juli Unisoviet, Inggris dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian untk melarang peledakan nullir baik di atmosfer, bawah laut maupun diluar angkasa. Yang mana pada akhir tahun tersebut akhirnya diikuti oleh 107 negara yang ikut dalam perjanjian tersebut.


Tidak ada komentar: