Pages

Oktober 29, 2014

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD SEJARAH INDONESIA KLS XI (KD 3.3)



LK – 1.2
 
LEMBAR KERJA
                                      ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
                                                            SEJARAH INDONESIA 
                                                                    SMA Kelas XI

PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD

Kompetensi                       :     Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan               :     Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja               :

1.       Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan  (SKL) Tahun 2013!
2.       Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006)!
3.       Bacalah KI mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
4.       BacalahKD mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
5.       Analisislah  Lingkup Materi  dari setiap KD dengan mengacu silabus mata pelajaran!
6.       Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebutdengan mengacu silabus mata pelajaran!
7.       Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8.       Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Sejarah SMA Kelas X dan XI yang sudah disiapkan!

LK –1.2
LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

MATA PELAJARAN     : SEJARAH INDONESIA
KELAS                           : XI
MATERI  AJAR             : Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai  Kompetensi 
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Nilai – nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa  atas dampak penjajahan barat diberbagai kehidupan bangsa dan negara.





Menghayati
Melatih sikap menghargai perjuangan memperoleh kemerdekaan melalui  mambaca buku teks/buku/ sumebr lain tentang  tentang nilai-nilai persatuan dan kesatuan Indonesia yang timbul akibat Penjajahan Barat






Penilaian diri :
daftar cek atau skala penilaian (rating scale)















2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.2   Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku kerjasama para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Sikap tanggung jawab para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Sikap cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Mengamalkan
Melatih siswa untuk bersikap jujur, teliti  tanggungjawab, peduli santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan cara  membaca buku teks/buku/sumber lain tentang pejuang pejuang untuk  mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa.

Penilaian diri :
daftar cek atau skala penilaian (rating scale)

Pengetahuan





























































Ketrampilan
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata



















































Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah

3         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata



















































4         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

3.3   Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.












































4.3   Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Perbedaaan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.





























Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Perbedaaan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengamati
Membaca buku teks tentang  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Menanya
Menanyakan untuk mendapatkan klarifikasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan informasi terkait dengan  tugas  mengenai strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20, melalui bacaan, internet  dan sumber-sumber lain

Mengasosiasikan
Menganalisis  informasi   yang didapat  dari sumber tertulis  dan atau  internet serta sumber lainya untuk mendapatkan  kesimpulan tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Mengkomunikasikan
melaporkan hasil analisis kelompok yang telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk cerita sejarah tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Tes Tertulis :
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

































Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.


Tidak ada komentar:

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD SEJARAH INDONESIA KLS XI (KD 3.3)



LK – 1.2
 
LEMBAR KERJA
                                      ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
                                                            SEJARAH INDONESIA 
                                                                    SMA Kelas XI

PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD

Kompetensi                       :     Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan               :     Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja               :

1.       Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan  (SKL) Tahun 2013!
2.       Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006)!
3.       Bacalah KI mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
4.       BacalahKD mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
5.       Analisislah  Lingkup Materi  dari setiap KD dengan mengacu silabus mata pelajaran!
6.       Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebutdengan mengacu silabus mata pelajaran!
7.       Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8.       Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Sejarah SMA Kelas X dan XI yang sudah disiapkan!

LK –1.2
LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

MATA PELAJARAN     : SEJARAH INDONESIA
KELAS                           : XI
MATERI  AJAR             : Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai  Kompetensi 
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Nilai – nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa  atas dampak penjajahan barat diberbagai kehidupan bangsa dan negara.





Menghayati
Melatih sikap menghargai perjuangan memperoleh kemerdekaan melalui  mambaca buku teks/buku/ sumebr lain tentang  tentang nilai-nilai persatuan dan kesatuan Indonesia yang timbul akibat Penjajahan Barat






Penilaian diri :
daftar cek atau skala penilaian (rating scale)















2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.2   Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku kerjasama para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Sikap tanggung jawab para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Sikap cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia

Mengamalkan
Melatih siswa untuk bersikap jujur, teliti  tanggungjawab, peduli santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan cara  membaca buku teks/buku/sumber lain tentang pejuang pejuang untuk  mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa.

Penilaian diri :
daftar cek atau skala penilaian (rating scale)

Pengetahuan





























































Ketrampilan
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata



















































Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah

3         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata



















































4         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

3.3   Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.












































4.3   Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Perbedaaan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.





























Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum abad ke-20

Perbedaaan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengamati
Membaca buku teks tentang  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Menanya
Menanyakan untuk mendapatkan klarifikasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan informasi terkait dengan  tugas  mengenai strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20, melalui bacaan, internet  dan sumber-sumber lain

Mengasosiasikan
Menganalisis  informasi   yang didapat  dari sumber tertulis  dan atau  internet serta sumber lainya untuk mendapatkan  kesimpulan tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

Mengkomunikasikan
melaporkan hasil analisis kelompok yang telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk cerita sejarah tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Tes Tertulis :
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang  strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

































Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya  peserta didik berkaitan dengan materi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.


Tidak ada komentar: