LK – 1.2
|
LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
SEJARAH INDONESIA
SMA Kelas XI
PETUNJUK KEGIATAN
ANALISIS SKL, KI DAN KD
Kompetensi :
Memahami keterkaitan antara SKL, KI
dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan : Menganalisis
keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja :
1.
Bacalah
substansi Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) Tahun 2013!
2.
Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006
(Permendiknas Th 2006)!
3.
Bacalah
KI mata pelajaran Sejarah SMA Kelas X dan XI
4.
BacalahKD mata pelajaran Sejarah SMA Kelas
X dan XI
5.
Analisislah
Lingkup Materi dari setiap KD
dengan mengacu silabus mata pelajaran!
6.
Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa
untuk mencapai kompetensi tersebutdengan mengacu silabus mata pelajaran!
7.
Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya
dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8.
Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja
Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Sejarah SMA Kelas X dan XI yang sudah
disiapkan!
LK –1.2
|
ANALISIS
KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
MATA PELAJARAN : SEJARAH INDONESIA
KELAS : XI
MATERI AJAR
: Strategi
Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
Domain
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Lingkup Materi
|
Aktivitas/Kegiatan
Belajar Siswa
untuk Mencapai Kompetensi
|
Teknik dan Bentuk
Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan
nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa
terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
Nilai – nilai persatuan
dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan
bangsa atas dampak
penjajahan barat diberbagai kehidupan bangsa dan negara.
|
Menghayati
Melatih sikap menghargai
perjuangan memperoleh kemerdekaan melalui mambaca buku teks/buku/ sumebr lain tentang tentang nilai-nilai persatuan
dan kesatuan Indonesia yang timbul akibat Penjajahan Barat
|
Penilaian diri :
daftar cek atau
skala penilaian (rating scale)
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.2
Meneladani perilaku kerjasama,
tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita
mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Perilaku kerjasama para pejuang
dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia
Sikap tanggung jawab para pejuang
dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia
Sikap cinta damai para pejuang dalam
mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia
|
Mengamalkan
Melatih siswa
untuk bersikap jujur, teliti tanggungjawab, peduli santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan cara membaca buku
teks/buku/sumber lain tentang pejuang pejuang untuk mewujudkan
cita-cita mendirikan negara dan bangsa.
|
Penilaian diri :
daftar cek atau
skala penilaian (rating scale)
|
||
Pengetahuan
Ketrampilan
|
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif
dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
|
3
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
3.3
Menganalisis strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20.
4.3
Mengolah informasi tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk
cerita sejarah.
|
Strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat
di Indonesia sebelum abad ke-20
Strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat
di Indonesia sebelum abad ke-20
Perbedaaan
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat
di Indonesia sebelum abad ke-20
Strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat
di Indonesia sebelum abad ke-20
Perbedaaan
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
Mengamati
Membaca buku teks tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
Menanya
Menanyakan
untuk mendapatkan
klarifikasi
tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa
Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan informasi terkait dengan tugas mengenai strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah
abad ke-20, melalui bacaan, internet
dan sumber-sumber lain
Mengasosiasikan
Menganalisis informasi
yang didapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
Mengkomunikasikan
melaporkan hasil analisis kelompok yang
telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk cerita sejarah tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
Tes Tertulis :
Menilai
kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
Portofolio:
Menilai
laporan-laporan dan karya peserta
didik berkaitan dengan materi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar